BlogLifestyleFinansialApa Saja Jenis Coin yang Bagus untuk Investasi?
0
0

Apa Saja Jenis Coin yang Bagus untuk Investasi?

Dipublikasikan oleh Maria Talitakumi dan Diperbarui oleh Maria Talitakumi

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
coin yang bagus untuk investasitop-right-banner

Sejak tahun 2021, investor sudah mengenal istilah cryptocurrency. Dan di tahun 2022, investasi yang menggunakan mata uang digital tersebut semakin marak. Sehingga kini banyak orang yang mendiskusikan mengenai coin apa yang bagus untuk investasi crypto.

Salah satu coin yang terkenal adalah bitcoin. Bitcoin, sejak tahun 2021 telah diprediksi akan terus berjaya. Namun pertanyaannya, apakah prediksi tersebut benar adanya? 

Baca juga: Take Over KPR Bebas Biaya? Apa Bisa?

Pengertian Crypto

Source : Pixabay

Crypto adalah mata uang digital yang telah terenkripsi dengan logaritma canggih. Logaritma tersebut berfungsi untuk mengatur dan memantau pengumpulan dana dan transaksi lainnya secara daring. Inovasi ini yang membuat transaksi crypto tidak membutuhkan perantara.

Karena kelebihannya yang tidak memerlukan perantara itulah, crypto pun dianggap sebagai coin yang bagus untuk investasi. Terlebih lagi, sistem pembayaran mata uang crypto untuk investasi juga dilakukan secara peer-to-peer atau langsung dari pengirim ke penerima.

Mata uang yang canggih ini juga mengadopsi jaringan yang telah terdesentralisasi sesuai dengan teknologi blockchain. Dan terlepas dari itu semua, crypto juga bukan diterbitkan oleh otoritas keuangan pemerintah. Sehingga, crypto tidak dapat diganggu oleh pemerintah.

Karakteristik Crypto

Source : Pixabay

Sebelum mengenal jenis coin yang bagus untuk investasi, ada baiknya apabila Pins mengetahui karakteristik dari crypto itu sendiri. Berikut sejumlah karakteristik crypto yang perlu kamu kenali lebih dalam.

Digital

Source : Pixabay

Crypto merupakan jenis uang digital. Sehingga dapat kamu simpulkan bahwa jenis mata uang ini tidak memiliki wujud nyata layaknya uang koin maupun uang kertas.

Peer-to-Peer

Source : Pixabay

Sifat ini berarti bahwa uang crypto tidak memiliki campur tangan dari perantara. Uang digital ini dapat pengirim teruskan kepada penerima secara daring.

Global

Source : Pixabay

Uang crypto bersifat global, yang mana artinya adalah mata uang ini berlaku pada semua negara. Namun dengan syarat, negara tersebut juga mengakui uang crypto sebagai alat pembayaran sah.

Terenkripsi

coin yang bagus untuk investasi
Source : Pixabay

Akun crypto tidak akan menggunakan nama dan identitas asli. Identitas pengguna akan tersembunyi, namun semua orang dapat melihat semua transaksi yang berjalan di blockchain. Transaksi crypto ini juga tidak memiliki aturan tertentu.

Terdesentralisasi

coin yang bagus untuk investasi
Source : Pixabay

Karakteristik ini merujuk pada pengelolaan uang crypto. Dalam konteks cryptocurrency, tidak ada pengelola yang menjalankan crypto itu sendiri. Crypto sama sekali tidak terikat dengan server maupun bank sebagai tempat penyimpanannya.

Truthless

coin yang bagus untuk investasi
Source : Pixabay

Kelebihan terakhir dari cryptocurrency adalah pengguna dapat mengirim uang secara daring. Ini berarti pengguna tidak perlu repot memberitahukan data atau informasi penting kepada pihak ketiga seperti bank.

Baca juga: 10 Daftar Aplikasi Investasi Modal Kecil

Fungsi Crypto

Source : Pixabay

Seiring mata uang crypto telah menjadi salah satu inovasi besar dalam investasi serta pembayaran, terdapat beberapa fungsi penting menyertainya. Berikut fungsi cryptocurrency yang mungkin Pins sudah mengetahui beberapa diantaranya.

Guna Bertransaksi Barang atau Jasa

coin yang bagus untuk investasi
Source : Pixabay

Mata uang crypto ini dapat kamu pakai untuk transaksi. Seperti yang telah masyarakat ketahui, kini telah hadir beberapa negara yang resmi mengizinkan mata uang crypto untuk beredar dan digunakan sebagai alat pembayaran sah. 

Dua negara yang diketahui mengizinkan crypto untuk beredar dan berfungsi sebagai alat pembayaran adalah El Savador dan Paraguay. Dan saat ini, terdapat pula berbagai merchant dan ritel yang juga mengizinkan cryptocurrency sebagai alat tukar pembayaran.

Investasi

Source : Pixabay

Tentu masyarakat tahu betul mengenai crypto yang berfungsi sebagai instrumen investasi. Apalagi kepopuleran investasi crypto melejit di tahun 2022, sebab instrumen ini terbukti mampu mengalahkan inflasi.

Memang, di Indonesia, crypto belum dapat Pins gunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Namun, pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk memiliki uang crypto. Uang crypto yang masyarakat miliki pun dapat berfungsi sebagai aset investasi yang berharga.

Saat ini, telah hadir 229 jenis mata uang crypto yang Bappebti akui, dan mata uang tersebut dapat secara sah diperdagangkan di Indonesia.

Mining

Source : Pixabay

Fungsi berikutnya dari cryptocurrency adalah berkaitan erat dengan mining atau penambangan. Penambangan dalam konteks ini memiliki arti proses pencarian mata uang digital melalui perangkat komputer dengan cara memecahkan teka-teki matematika rumit.

Secara umum, proses mining ini masyarakat lakukan secara serentak dengan perangkat komputer yang canggih lengkap dengan sambungan internetnya.

Jenis Coin yang Bagus untuk Investasi

Source : Pixabay

Dari pengertian serta fungsi cryptocurrency yang telah dijabarkan, apakah sekarang Pins penasaran dengan jenis coin-nya? 

Seperti yang telah Pins ketahui sebelumnya, terdapat 229 jenis mata uang crypto yang telah terdaftar di Bappebti. Namun, hanya ada beberapa yang cukup terkenal di kalangan investor. Apa sajakah jenis coin tersebut? 

Bitcoin

coin yang bagus untuk investasi
Source : Pixabay

Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency yang paling populer di dunia. Perlu Pins ketahui pula bahwa Bitcoin merupakan pioneer, dalam artian mata uang ini merupakan jenis cryptocurrency pertama di dunia.

Untuk pertama kalinya, pada tahun 2009, Satoshi Nakamoto memperkenalkan bitcoin. Sedangkan untuk saat ini, dapat kamu lihat kapitalisasi pasar Bitcoin yang menduduki posisi teratas, yaitu US$ 752 miliar.

Dan hingga per Oktober 2021, bitcoin masih menduduki peringkat pertama sebagai mata uang crypto.

Ethereum

Source : Pixabay

Jenis mata uang satu ini juga memiliki kapitalisasi pasar yang besar, namun masih menduduki tingkat yang lebih rendah dari Bitcoin. Ethereum atau biasa masyarakat singkat sebagai ETH ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 520 miliar.

Dengan nilai kapitalisasi yang cukup besar tersebut, Pins juga dapat mengatakan bahwa ethereum juga termasuk dalam jajaran pilihan coin crypto yang bagus untuk investasi.

Binance Coin (BNB)

Source : Pixabay

Binance coin, atau yang sering kamu kenal sebagai BNB ini merupakan jenis cryptocurrency  dengan kapitalisasi pasar lebih dari US$ 88 miliar.

Bentuk cryptocurrency ini dapat kamu gunakan untuk bertransaksi di Binance. Investor juga mengenal Binance coin sebagai fasilitator perdagangan di platform pertukaran Binance.

Saat ini pun, kamu dapat menggunakan Binance coin untuk kepentingan perdagangan, pemrosesan pembayaran, atau bahkan pemesanan pengaturan perjalanan. Bahkan kamu dapat menukarnya dengan bentuk mata uang lain seperti Bitcoin dan Ethereum.

Tether (USDT)

Source : Pixabay

Tether adalah salah satu jenis mata uang crypto dengan kapitalisasi terbesar keempat di dunia. Untuk saat ini, tether memiliki besar kapitalisasi pasar senilai lebih dari 70 miliar. Mata uang ini juga didukung oleh mata uang fiat seperti dolar AS dan juga Euro.

Nilai tether juga terkenal lebih konsisten daripada mata uang crypto lainnya. Hal inilah yang membuat tether lebih banyak digemari oleh investor.

Solana (SOL)

coin yang bagus untuk investasi
Source : Pixabay

Jenis mata uang crypto satu ini berhasil menduduki posisi kelima sebagai kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Sebab, Solana memiliki kapitalisasi pasar senilai lebih dari US$ 60 miliar.

Mata uang ini pertama kali muncul pada tahun 2020 dengan harga pada kisaran US$ 0,77. Namun sekarang, harga coin Solana meningkat menjadi US$ 201,91.

Lima jenis koin ini hanyalah segelintir dari ratusan mata uang yang beredar di dunia. Dengan pemilihan koin crypto yang tepat, kamu dapat berkesempatan untuk menjadi jutawan, atau bahkan milyarder, lho.

Bagaimana? Apakah Pins tertarik untuk menggunakan crypto sebagai instrumen investasi di tahun ini?

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Capital Gain dan Dividen? Simak Yuk!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Samesta Bumi Cikal Kasih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download