Pinhome

Lifestyle

Coban Nirwana, Wisata Air Terjun Malang

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 22 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Jika kamu sedang mencari wisata air terjun di Malang, ada banyak sekali coban-coban indah yang dimiliki Malang. Coban Nirwana menjadi salah satu wisata air terjun yang cantik dan unik.

Sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Apalagi setelah foto pemandangannya diunggah dimedia sosial. Karenanya, tak sedikit wisatawan yang ingin untuk berkunjung ke sana.

Baca juga:

Coban Nirwana

Pada mulanya, nama wisata air terjun ini adalah Coban Mbok Karimah, nama tersbeut diambil dari sesepuh yang rumahnya berada di dekat lokasi coban.

Kini coban itu sudah berganti nama menjadi Coban Nirwana, karena disesuaikan dengan panorama alam yang disuguhkan begitu mempesona bak nirwana.

Tetapi, tak jarang juga orang-orang menyebut Coban Gedangan, karena memang lokasinya berada di Kecamatan Gedangan.

Coban Nirwana menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, air terjun yang bertingkat nampak begitu menawan, tebing yang tinggi menjadi dinding bebatuan yang sangat kokoh terlihat begitu elegan, serta dihiasi dengan semak belukar yang berada di sekitar menjadi satu pemandangan yang sangat cantik.

Selain itu, sejuknya suhu udara menjadi suasana khas Malang yang sangat cocok untuk ngadem dan merileksasikan diri. Tentunya wisata ini menjadi tempat yang pas untuk melepas penat saat liburan.

Air terjun yang deras menjadikan genangan air di bawahnya. Dengan kedalaman sekitar 3 meter, tentu sangat asyik bila dipakai untuk berendam dan bermain air.

Apalagi bila siang hari cuaca cukup panas, maka berdingin-dingin di bawah guyuran air terjun menjadi moment yang sangat istimewa. Pengunjung juga bisa membawa ban pelampung sebagai spot bersantai di genangan air sambil menikmati pemandangan alam.

Wisata Coban Nirwana ini belum begitu populer, meski demikian, justru menjadikannya lebih bersih dan alami. Belum banyak sampah-sampah anorganik yang berada di sana, ini menjadi kesan alam dan membuat nyaman para pengunjungnya.

Sebagai pengunjung yang baik, tentunya harus turut serta menjaga kebersihan lingkungan, jangan sampai membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Tempat Wisata Air Terjun Coban Bidadari Malang

Lokasi dan Rute

Lokasi Coban Nirwana ini terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya berada di sekitar perbatasan antara kecamatan Gedangan dengan kecamatan Sumber Manjing Wetan.

Jarak dari kota Malang sekitar 50 Km, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam.

Rute menuju ke lokasi dimulai dari kota Malang, ambil arah ke Gadang, kemudian menuju ke Turen, dilanjutkan ke Gedangan. Akses jalan ketika di desa Gedangan cukup terjal, jadi wisatawan harus lebih berhati-hati.

Jangan malu bertanya pada warga sekitar mengenai jalan menuju ke lokasi. Karena akses jalan yang kurang bagus, maka sebaiknya pengunjung berpetualang ke sana menggunakan kendaraan roda dua.

Baca juga: Coban Baung Malang

Harga Tiket Masuk

Wisata air terjun ini dikelola oleh warga sekitar, jadi belum ada biaya retribusi yang dikenakan pada para pengunjung. Pengunjung hanya ditarik biaya parkir untuk kendaraan pribadinya. 

Adapun fasilitas yang tersedia di sana tak begitu banyak, terdapat warung makan dan juga kamar mandi sebagai fasilitas yang paling penting.

Sekian ulasan kami tentang Coban Nirwana Malang. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel