Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Ciri-Ciri Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Ciri-Ciri Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Ciri-ciri perbedaan cucak Ijo jantan dan betina memang tidak mudah untuk kita membedakannya. Sekiranya perlu semua itu ilmu dalam bidangnya. Saat ini seperti yang kita ketahui memang banyak sekali orang yang menyukai burung. Terlebih untuk burung cucak ijo ini.

Untuk membedakan Ciri-ciri Cucak Ijo jantan dan betina ini tentunya Anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada Anda semuanya mengenai cara membedakan dan juga dengan cirri-ciri yang dimilikinya. Setelah Anda nanti membeca artikel tersebut tentu akan mengetahui mengenai jenis kelamin dari cucak ijo tersebut.

Baca Juga:

Mengenal Karakteristik Burung Cucak Ijo

Seperti yang kita ketahui bahwa cucak ijo ini memiliki nama ilmiah Chloropsis soonerati. Pastinya jika Anda sebagai penggemar burung kicauan tidak akan asing lagi dengan cucak ijo tersebut. Selain nama cucak ijo burung ini juga dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan Cucak daun.

Nama cucak daun tersebut muncul dikarenakan bulu tubuhnya yang memiliki motif hijau menyerupai dedauanan. Cucak ijo ini memang menjadi burung yang banyak diminati oleh para penggiat burung. Cucak ijo ini bisa Anda jadikan sebagai peliharaan di rumah dan juga bisa sebagai peserta lomba. Harga burung cucak ijo ini sendiri juga lumayan mahal. Sebelum kita masuk ke Ciri-ciri perbedaan Cucak Ijo jantan dan betina maka bisa kita lihat terlebih dahulu mengenai cara untuk membedakan cucak ijo jantan dan betina.

Baca Juga: Cara Merawat Cucak Ijo Trotol

Ciri Fisik Cucak Ijo

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Perlu untuk Anda ketahui bahwa cucak ijo ini di dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama Greater green leafbird. Burung ini memang termasuk dalam suku chloropseidae. Ternyata burung tersebut bukan hanya sebutannya cica daun, masih banyak sebutan yang lainnya diantaranya yaitu burung murai daun dan burung daun.

Burung cucak ijo ini memiliki ukuran untuk tubuhnya yaitu panjang antara 22 cm. Anda bisa menemukannya di jawa, Bali, Sumatra, kemudian semenanjung Malaya, Kalimantan yang ada pada pulau natuna. Untuk cucak ijo sendiri biasanya lebih suka untuk tinggal di daerah perbukitan yang ketinggiannya tidak lebih dari 100 meter. Dan cucak ijo ini di alam bebas biasanya memakan serangga-serangga kecil dan buah-buahan.

Baca Juga: 

Kemudian untuk ciri-ciri dari burung jenis ini pada umumnya mempunyai bulu tubuh, ekor dan sayap yang memiliki warna dominan hijau terang yang menyerupai daun muda. Untuk tanda-tanda burung yang memiliki jenis kelamin jantan, dapat Anda lihat dari bagian tenggorokan dan kemudian untuk pipinya yang memiliki warna hitam mengkilap.

Lalu untuk burung yang memiliki kelamimn betina, ini ditandai dengan warna kuning muda yang terdapat pada bulu di bagian lingkaran mata dan juga pada tenggorokan. Kemudian untuk bulu kuning yang ada pada cucak ijo betina tersebut juga akan lebih terlihat kusam jika di bandingkan dengan unggas pejantan yang memiliki warna kuning yang lebih tegas. Nah untuk lebih lengkapnya lagi mengenai perbedaan tersebut yang lebih spesifik maka Anda bisa melihat di bawah ini.

Perbedaan Cucak Ijo jantan dan betina

perbedaan cucak ijo jantan dan betina

Perbedaan Cucak Ijo Jantan

  • Mempunyai lingkar mata yang kuning dan lebih tegas atau terlihat lebih pekat.
  • Jika memiliki anak paruh, maka akan memiliki warna cokelat gelap
  • Tulang supitnya lebih keras dengan jarak sisinya yang rapat
  • Jikalau kulit kaki tersebut sudah menyisik maka akan terdapat bintik hitam.
  • Jika diamati pupil mata akan lebih terlihat hitam dan juga lebih jernih.
  • leher cucak ijo jantan dewasa berwarna hitam, atau istilahnya nopeng.

Perbedaan Cucak Ijo Betina

  • Memiliki lingkar mata yang lebih kusam serta warna kuningnya yang juga agak memutih.
  • Pada saat masih dalam fase anakan maka paruh lebih terlihat berwarna putih.
  • Supit urang juga lebih lembek dengan jarak antara kedua sisi yang renggang.
  • Kalau kulit kaki sudah menyisik maka tidak terlihat trotol hitam
  • Untuk Pupil mata cenderung memiliki warna coklat.
  • leher cucak ijo betina dewasa berwana kuning keputihan

Untuk Anda yang ingin membedakan jenis kelamin cucak ijo tersebut maka Anda bisa melihat beberapa cirri-ciri yang ada di atas. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Ciri ciri perbedaan Cucak Ijo jantan dan betina Semoga bermanfaat Untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Baca Juga: Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti rumah dijual di Cirebon di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel