Ciri-Ciri Kacer Fighter dan Cara Melatihnya - Pinhome

Pinhome

Ciri-Ciri Kacer Fighter dan Cara Melatihnya

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 22 August 2021 ∙ 7 menit membaca

Ciri-ciri kacer fighter dan suara keras – Dari beberapa jenis burung kicau yang banyak dipasaran, salah satu jenis burung yang masih banyak digandrungi para kicau mania adalah jenis burung kacer.

Burung Kacer merupakan salah satu dari beberapa jenis burung kicau dengan tipikal petarung alias fighter dengan ciri khas suaranya yang keras dari warna bulunya yang hanya hitam dan putih. Kacer bisa diperuntukkan untuk burung peliharaan di rumah maupun untuk lomba burung kicau.

Jika kamu ingin merawat Kacer untuk lomba, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dengan memilih burung Kacer yang memang berkualitas. Karena tidak menutup kemungkinan karakter Kacer fighter hanya dominan di rumah saja. Saat dibawa ke lomba, Kacer fighter lebih suka ngeriwik.

Tak heran, Kacer petarung lebih digemari karena begitu bertemu lawan, dia langsung galak, gacor, dan bongkar isian. Untuk mengetahuinya, kamu dapat mengenali ciri Kacer petarung dari bagian fisiknya mulai dari bagian kepala, hingga kaki.

Cara ini terbilang rumit karena ciri-ciri Kacer terlihat sama. Namun, bagi kicau mania senior, hal seperti mengamati katuranggan Kacer sudah menjadi makanan sehari-hari. Sehingga cukup dilihat sekilas, mereka sudah mengetahui ciri fisik Kacer petarung terbaik.

Ciri Fisik Kacer Fighter dan Suara Keras

ciri Kacer Fighter
(Shutterstock)

Bagi kamu yang ingin mengetahui ciri-ciri kacer fighter dan suara keras, maka tidak ada salahnya jika mengetahui ciri fisik kacer fihter dan bersuara keras di bawah ini :

Shutterstock

1. Kepala Kacer Mirip Kepala Ular

Pasti kamu sudah bisa membayangkan seperti apa bentuk kepala ular. Ya, kepala Kacer petarung juga mirip dengan ular, yakni gepeng, papak, dan cepak. Kacer yang mempunyai bentuk kepala seperti ini biasanya mempunyai mental yang fighter, bandel, dan tahan gempuran dari luar.

2. Lubang Hidung Kacer Besar

Setelah memperhatikan bentuk kepala kacer, maka untuk mengetahui ciri-ciri kacer fighter selanjutnya adalah memeperthatikan lubang hidung Kacer. Lubang hidung besar menandakan burung Kacer tersebut mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

3. Mata Kacer Melotot

Sesuai namanya, Kacer fighter tentu tatapan matanya harus menakutkan. Salah satunya, mata Kacer harus terlihat melotot dengan sorot mata tajam. Kacer seperti ini termasuk ciri-ciri Kacer fighter yang bagus.

4. Dada Kacer Membusung

Sama halnya dengan manusia, bagian dada Kacer yang membusung menandakan burung dalam keadaan fit dan sehat. Selain itu, Kacer tersebut memiliki mental fighter.

5. Postur Tubuh Kacer Membungkuk

Bila dada harus terlihat bidang, berbeda dengan postur tubuh. Justru ciri-ciri Kacer tipe petarung memiliki ciri fisik membungkuk seperti bongkok udang. Kemudian bagian ekor melengkung ke bawah mendekati tangkringan.

6. Sayap Kacer Tebal dan Lebar

Carilah ciri-ciri kacer dengan sayap tebal dan lebar. Kondisi sayap seperti ini didapat saat burung dalam keadaan normal, bukan saat bertarung. Kacer seperti ini mudah beradaptasi di segala tempat.

7. Bagian Kaki Kacer Pendek Tapi Kuat

Untuk bagian kaki, ciri-ciri Kacer petarung biasanya mempunyai kaki yang pendek, tapi cakarnya besar, kokoh, dan cengkeramannya sangat kuat. Kekuatan cengkeraman ini membuat Kacer tipe petarung mempunyai gaya bertarung di satu titik.

8. Paruh Hitam dan Pangkal Paruh Lebar

Walau sekilas bentuk paruhnya sama, tapi untuk ciri-ciri Kacer petarung jantan yang bagus selalu memiliki pangkal paruh lebih lebar dan tebal. Tak hanya itu, ukuran paruhnya juga besar dan panjang.

Baca juga: Suara Kacer Betina Untuk Masteran atau Pikat Kacer Jantan

9. Leher Kacer Panjang

Tak hanya paruh yang panjang, ciri-ciri Kacer petarung juga memiliki leher yang lebih panjang. Selain itu, leher Kacer ini juga padat berisi. Sehingga, saat berkicau bisa mengeluarkan suara yang keras dan gacor.

10. Kacer Jantan

Mayoritas ciri-ciri Kacer petarung yang bagus selalu berkelamin jantan. Pasalnya, suara Kacer jantan lebih keras dan gacor. Kalau di alam, suaranya digunakan untuk memikat Kacer betina.

Cara Melatih Kacer Agar Lebih Fighter

ciri Kacer Fighter
(Shutterstock)

Jika kamu sudah memahami tentang ciri-ciri kacer fighter dan suara keras, maka selanjutnya adalah perawatan harian kacer agar lebih fighter.

Kacer merupakan burung teritorial, artinya dia tidak ingin wilayahnya dikuasai oleh burung lain. Makanya burung Kacer akan menyerang burung lain agar wilayahnya tidak diambil alih. Nah, latihan Kacer petarung harus disesuaikan dengan karakternya yakni sebagai pemimpin di alam liar.

Shutterstock

Berikut ini cara mmelatih Kacer agar lebih fighter.

1. Pelihara Satu Burung Kacer

Untuk menjaga karakter Kacer petarung agar tetap fighter, sebaiknya kamu memelihara satu ekor burung Kacer saja di rumah. Tujuannya, agar Kacer seperti penguasa di rumah, tanpa ada pengganggu atau pesaing.

Baca juga : Cara Efektif Mengatur Birahi Kacer Paling Ampuh

Namun, sesekali perdengarkan masteran Kacer lain untuk membuat tetap agresif terhadap lawan. Hal ini juga bertujuan agar Kacer tidak kaget ketika bertemu lawan di lapangan atau lomba.

2. Melatih Stamina Kacer

Stamina burung Kacer bisa dilatih dengan cara diumbar di kandang umbaran atau dilatih berenang. Hal ini untuk menjaga stamina Kacer agar tetap sehat dan terhindar dari obesitas atau kegemukan.

Jangan lupa, burung Kacer juga harus rutin dimandikan dan dijemur. Perawatan seperti ini memang bukan untuk meningkatkan fisiknya. Namun, mandi dan jemur dapat menjaga tubuh Kacer agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Burung Kacer Dilatih di Keramaian

Burung Kacer yang sudah fighter dan mempunyai gaya bertarung yang bagus, sebaiknya terus dilatih di keramaian. Ini bertujuan agar Kacer tidak takut atau macet bunyi begitu di dekatkan dengan lawan.

Latihan Kacer bisa dilakukan di pinggir jalan yang ramai atau tempat-tempat yang bising dan sering dilalui banyak orang. Intinya, buat burung Kacer terbiasa dengan manusia dan tidak takut dengan manusia.

Jika dengan manusia tidak takut, otomatis dengan burung Kacer lainnya pun juga tidak akan takut. Oleh karena itu, ajak burung Kacer berkomunikasi atau bercengkrama agar Kacer terbiasa dengan kehadiran manusia.

4. Melatih Kacer dengan Kacer Lain

Apabila mental Kacer sudah bagus, latihlah burung tersebut dengan burung Kacer lain yang kemampuannya di bawah burung mu. Tujuannya agar mental petarung Kacer lebih berani melawan Kacer di sekitarnya.

Kalau dilatih dengan Kacer fighter, ada kemungkinan mental Kacer akan turun karena merasa kalah bersaing. Jadi, lebih baik pilih lawan tanding yang performanya di bawah Kacer milikmu.

Jika kamu ingin menjajal kemampuannya, kamu dapat melatih Kacer petarung dengan lawan yang sepadan. Latihannya bisa di lokasi latberan atau sesama pemilik burung Kacer. Apabila tetangga mempunyai peliharaan burung Kacer, ajak latihan mental bersama.

Baca juga: 30 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Stres Agar Kembali Gacor

5. Kacer Diajak ke Gantangan

Setiap seminggu sekali, ajak burung Kacer belajar bertarung di arena gantangan. Tidak perlu langsung ikut gantangan, cukup di dekatkan di sekitar area lapangan saja. Biar burung Kacer mengetahui dan beradaptasi dengan lingkungan pertarungan.

Jika burung Kacer terlihat berani dan mulai menyahut kicauan burung lain, berarti minggu depan burung Kacer siap turun ke lomba untuk pertama kalinya.

6. Dilatih dengan Kacer Senior

Apabila minggu depan burung Kacer mau bertarung, sebaiknya mulai latih burung Kacer mu dengan Kacer lain yang lebih fighter. Lihat gaya bertarungnya apakah sudah mapan atau masih naik turun mentalnya.

Jika mental sudah bagus, tentu lawan yang lebih tua atau lebih gacor akan dilibas habis oleh burung Kacer mu. Di sini intinya cuma mental siapa yang lebih berani dan suara lebih keras.

7. Sebelum Lomba Istirahat

Mendekati hari lomba, burung Kacer sebaiknya diistirahatkan agar staminanya pulih kembali setelah seminggu latihan keras. Burung Kacer tidak perlu dimaster atau dilatih dengan burung lain.

Biarkan Kacer sendirian di dalam ruangan yang sejuk sambil menikmati makanan yang lezat. Berikan pakan dan vitamin agar saat hari H lomba, Kacer sudah dalam keadaan fit.

8. Beri Pakan dan Vitamin Kacer

Pemberian pakan dan vitamin untuk Kacer memang sangat penting. Ada beberapa pakan yang bagus buat Kacer, seperti jangkrik, kroto, cacing, ulat kandang, ulat bambu, dan ulat Hong Kong. Anda juga bisa memberikan pakan lain yang mempunyai kandungan protein tinggi.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatsi Kacer Nyilet Dengan Cepat

Setelah mengetahui ciri-ciri Kacer fighter dan suara keras, anda tinggal memberikan latihan yang tepat. Cara melatih Kacer petarung bisa disesuaikan seperti burung Kacer berada di alam bebas. Kamu juga bisa melatih Kacer tipe petarung di arena lomba untuk mempermudah Kacer mengenali lawan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel