Ciri-Ciri Burung Trucukan Anakan Jantan Yang Bagus

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ November 30, 2021 ∙ 3 menit membaca

Seiring dengan semakin populernya burung trucukan, banyak dari para pecinta burung penasaran dengan ciri-ciri burung trucukan anakan jantan yang bagus. Burung trucukan memang banyak disukai para pecinta burung baik yang tergabung dalam komunitas maupun tidak. Burung ini diklaim memiliki banyak keistimewaan seperti suaranya yang terdengar sangat indah, serta kebiasaannya untuk membuka sayapnya keatas. Dengan keistimewaan ini, tentu banyak yang jatuh hati dengan trucukan. Terlebih, penyebarannya cukup luas sehingga tidak begitu sulit untuk diperoleh dan dipelihara.

Ciri-ciri burung trucukan anakan jantan yang bagus memang banyak dicari. Pasalnya, anakan jantan yang bagus memiliki suara yang benar-benar mengalun indah. Trucukan merupakan burung peliharaan yang terbilang cukup mudah dalam hal perawatan. Selama burung trucukan merasa nyaman dengan tempat tinggal dan lingkungannya, maka trucukan akan rajin bersenandung. Suara ropel khas trucukan akan bisa didengar sang pemiliki kapanpun karena trucukan memang sangat bersemangat untuk berkicau.

Ciri-Ciri Burung Trucukan Anakan Jantan Yang Bagus

Memelihara dan mengembangbiakan trucukan sejak kecil memang banyak dilakukan namun masih banyak yang belum tahu ciri-ciri burung trucukan anakan jantan yang bagus. Maka, berikut diantaranya ciri-ciri tersebut:

Mengamati kebiasaan trucukan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa trucukan harus merasa nyaman untuk bisa berkicai dengan riang. Maka, saat memilih anakan trucukan sebaiknya perhatikan gerak geriknya. Apakah dia dengan nyamannya menyantap pakan seperti sudah terbiasa atau terlihat kaku. Jika dia terlihat nyaman, maka berarti dia memang sudah nyaman didalam kandang tersebut. Lain halnya jika ia terlihat kaku dan waspada. Maka ia belum lama ditangkap dan masih dalam proses beradaptasi.

Pilih anakan yang ‘cerewet’

Trucukan memang disukai karena suara ropel yang khas dengan ciri khas yang merdu dan keras. Jika sejak masih dalam bentuk anakan trucukan sudah sangat cerewet dan rajin berkicau, maka itu pertanda bahwa anakan tersebut akan menjadi burung trucukan dewasa yang periang dan rajin bersenandung. Jadi, pilihkana anakan jantan yang paling cerewet diantara teman-temannya.

Amati ciri fisiknya

Selain dari segi perilaku, kita juga bisa mengenali ciri-ciri burung trucukan anakan jantan yang bagus dari bentuk fisiknya. Trucukan yang bagus biasanya memiliki badan yang padat berisi namun ramping, paruh yang besar lurus dan panjang, mata besar, serta tidak cacat. Disamping itu, anakan yang bagus juga ditandai dengan bulunya yang rapi. Dari ciri-ciri fisik ini, maka kita akan mudah membedakan mana anakan yang bagus dan tidak.

Cara makan

Ciri-ciri burung trucukan anakan jantan yang bagus lainnya adalah saat kita memilih-milih anakan, maka pilihlah yang lahap makannya. Trucukan yang makan dengan lahap maka biasanya ia juga rajin berkicau. Selain itu, anakan trucukan yang lahap menyantap pakannya berarti ia sehat dan tidak memiliki kelainan seperti penyakit atau kecacatan.

Burung trucukan selain rajin berkicau atau ngropel, ia seringkali berkicau sambil menunjukkan jambulnya. Inilah yang semakin trucukan terlihat menarik. Ia juga dikenal sebagai burung yang bawel karena bisa sangat riang berkicau dari pagi hingga sore.

Alasan lain banyak para kicau mania di Indonesia menyenangi burung trucukan adalah karena harganya yang terjangkau dan ketersediannya yang tidak langka. Maka, trucukan cukup mudah didapat. Itulah ciri-ciri burung trucukan anakan jantan yang bagus yang bisa dicoba saat akan membeli trucukan anakan jantan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia