Pinhome

Uncategorized

Ciri-ciri Burung Cucak Ijo Banyuwangi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Satu lagi burung yang sulit dibedakan yang ada di Indonesia yaitu burung cucak ijo Banyuwangi. Jika sudah mengetahui trik untuk membedakannya, cara ini cukup mudah. Satu lagi yang mudah untuk dikenali dari burung cucak ijo yaitu berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Burung cucak ijo Banyuwangi mempunyai postur tubuh yang besar, namun tak jarang juga ukurannya hampir sama dengan burung cucak ijo dari Kalimantan atau Sumatra. Karena sebab inilah burung cucak ijo sulit untuk dibedakan.

Suara burung cucak ijo Banyuwangi juga terdengar indah. Perawatan dan pelatihan yang tepat akan membuat burung cucak ijo Banyuwangi semaikin istimewa. Di bawah ini ada beberapa informasi tentang burung cucak ijo Banyuwangi yang dapat kita ketahui.

Ciri-ciri Burung Cucak Ijo Banyuwangi

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa ciri dari burung cucak ijo Banyuwangi.

1. Postur tubuh

Ciri yang pertama yaitu tentang postur tubuh. Postur tubuh burung cucak ijo Banyuwangi yaitu besar, panjang, serta lebih melengkung. Namun yang perlu diperhatikan yaitu tidak seluruh burung cucak ijo memiliki postur tubuh yang besar. Ada juga burung cucak ijo yang memiliki postur tubuh kecil. Satu hal yang pasti yaitu burung cucak ijo Banyuwangi memiliki postur yang lebih panjang daripada burung cucak ijo dari daerah lain.

2. Warna

Warna bulu dari burung cucak ijo Banyuwangi lebih hijau. Warnanya juga lebih jelas dan juga tegas. Namun walaupun warnanya lebih tegas dan tegas tetapi hijaunya tidak terlalu mencolok.

3. Ekor

Ciri-ciri selanjutnya yaitu pada ekornya. Ekor dari burung cucak ijo Banyuwangi lebih melengkung serta berukuran lebih panjang.

4. Kicauan

Kicauan dari burung cucak ijo Banyuwangi memang kurang merdu dibanding dengan jenis dari daerah lain. Namun secara keseluruhan, burung cucak ijo Banyuwangi bagus dan memiliki suara kicauan yang merdu.

5. Sisik

Cucak ijo Banyuwangi yang memiliki usia semakin tua maka sisik di kakinya semakin lebar dan juga besar.

Perawatan Burung Cucak Ijo Banyuwangi

Setelah mengetahui ciri-ciri burung cucak ijo Banyuwangi, berikut perawatan burung cucak ijo yang perlu diperhatikan.

1. Penjemuran

Tidak jauh beda dengan burung yang lain, burung cucak ijo Banyuwangi juga membutuhkan perawatan seperti pemandian dan juga penjemuran. Ketika pagi maupun sore hari sebaiknya biarkan burung terkena angin sekitar 30 menit.

Setelah dijemur kita apat memandikan burung dengan menggunakan sprei maupun dengan menggunakan keramba mandi. Baik penjemuran atau mpemandian burung sebaiknya juga disesuaikan dengan daerah pemeliharaan burung. Selain itu jika kita membeli burung dari pemilik lain kita juga perlu menyesuaikan kebiasaan burung tersebut dijemur atau dimandikan.

2. Pemberian pakan dan sangkar burung

Yang kedua yaitu tentang sangkar burung. Sangkar sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan burung. Sebaiknya di dalam sangkar tersebut disediakan air untuk minum serta tempat bertengger untuk burung. Namun yang paling penting yaitu pemberian pakan pada burung. Berilah pakan kesukaan burung seperti buah pisang maupun pepaya dan juga pemberian pakan extra food.

Dengan memahami beberapa ciri burung cucak ijo Banyuwangi serta perawatan burung tentu tidak akan membuat kita merasa kesulitan untuk membedakan jenis burung cucak ijo Banyuwangi serta perawatannya agar tetap sehat dan memiliki kicauan yang indah. Demikian beberapa informasi tentang burung cucak ijo Banyuwangi semoga bermanfaat bagi kita.

Tags :

Bagikan Artikel