Ciri-ciri Anakan Lovebird Yang Bagus Untuk Lomba

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ November 30, 2021 ∙ 6 menit membaca

Ciri-ciri anakan Lovebird yang bagus untuk lomba – Dalam peternakan, lovebird yang rajin ngekek juga bisa dihasilkan dari indukan yang ngekeknya standar atau biasa-biasa saja.

Hal ini bergantung pada perawatan harian Lovebird dari pemiliknya dan bisa juga memang Lovebird tersebut memiliki genetik ngekek panjang.

Oleh karena itu kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang ciri anakan Lovebird prospek lomba burung kicau yang bisa ngekek panjang.

Cara yang paling mudah untuk menemukan anakan Lovebird yang bisa ngekek panjang setelah umur 3 bulan. Orang biasa menyebut Lovebird umur 2 bulan sampai 4 bulan dengan istilah Lovebird PAUD atau ada yang menyebutnya Lovebird Balibu.

Dalam cara memilih anakan Lovebird yang bagus untuk lomba bukanlah hal yang mudah. Banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan saat mengamati prospek burung Lovebird di bawah lima bulan.

Dengan kejelian kita mengamati ciri fisiknya maka kita punya start yang bagus dalam meniti karir di kelas Lovebird baby / kelas Lovebird paud.

Cara Mengenal Anakan Lovebird Prospek Ngekek Panjang

ciri anakan lovebird yang bagus
(Shutterstock)

Untuk mengenali ciri anakan Lovebird prospek untuk lomba ini paling mudah pada pagi hari. Caranya ketika digantang satu kandang satu Lovebird. usahakan Lovebird yang kita cari bakalannya usia 2 bulan sampai 4 bulan.

Misalnya, ada 4 atau 6 Lovebird yang masih muda digantang. Kemudian ditunggu beberapa saat, biasanya Lovebird akan mulai ngekek saling bersahutan dengan Lovebird lainnya.

Selain itu, kamu bisa memutar suara MP3 Lovebird ngekek panjang. Kemudian, perhatikan respon dari Lovebird muda tersebut. Kalau terlihat mulai aktif ngekek walaupun ngekeknya itu sebentar-sebentar saja berarti Lovebird itu sudah bisa dikatakan bagus untuk lomba.

Akan tetapi, jika Lovebird tersebut tidak ngekek atau tidak memberikan respon ngekek sama sekali, berarti Lovebird tersebut kurang bagus.

Bukan hanya itu, ada beberapa poin di bawah ini yang harus kamu perhatikan mulai dari karakter Lovebird sampai ciri-ciri anakan Lovebird yang bagus untuk lomba

Karakteristik Anakan Lovebird yang Bagus Untuk Lomba

  • Ketika digantang dengan Lovebird paud lain, Lovebird yang bagus mau ngekek walaupun ngekenya masih 3 detik, 4 detik saja. tapi ngekkenya itu sering alias rajin bunyi. Misalnya habis ngekek 3 detik berhenti, kemudian ngekek lagi 2 detik berhenti dan seterusnya.
  • Kalau anakan Lovebird di ombyokan dia memiliki aktifitas yang lincah. Kalau sudah terlihat lincah tidak seperti Lovebird yang lain, maka bisa dibilang dia prospek dan bisa ngekek panjang. Kan kalau diombyokan ada yang terlihat diam saja atau bahkan ada yang terlihat ngantuk.
  • Anakan Lovebird yang setelah dimandikan kemudian dijemur dan digantang depan rumah biasanya akan bunyi ngekek atau bunyi biasa. Maka bisa dikatan prospek kedepannya. Apalagi setelah dijemur dikerodong dan didengarkan bunyi Lovebird lain dengan memutar MP3 ngekek lovebird. Kalau anakan lovebird yang bagus mau bunyi maka akan bagus untuk lomba. Tapi kalau tidak ada respon alias tidak bunyi sama sekali berarti tidak prospek.

Baca juga : Rahasia agar Lovebird rajin bunyi dan panjang

Ciri Fisik Anakan Lovebird Agar Ngekek Panjang

ciri anakan lovebird yang bagus
(Shutterstock)

Ada beberapa ciri fisik yang biasanya akan menjadi bakalan yang prospek untuk lomba. Kita harus benar-benar mengamati secara teliti untuk memilih dan memilah burung yang akan kita beli untuk di master. Pilihlah burung dengan ciri fisik Lovebird ngekek panjang berikut:

Bulu Bersih dan Mengkilap

Cari Lovebird yang memiliki bulu yang bersih dan mengkilap. Bulu yang bersih dan mengkilap menandakan bahwa burung tersebut sehat dan terawat sehingga dia akan punya pergerakan yang lincah dibandingkan burung lain.

Sebaiknya hindari untuk membeli burung yang kusam dan terlihat kurang fit saat berada di sangkarnya. Sebaiknya pilih Lovebird yang memiliki sayap dan ekor yang rapat dan tidak mekar berantakan.

Baca juga : Cara Mengatasi dan Penyebab Lovebird Cabut Bulu

Mata yang Melotot

Ciri fisik Lovebird yang bagus ngekek panjang bisa dikenali dari sorot matanya yang tajam dan kelihatan melotot. Amati bagian mata, jika terlihat seperti berair atau belekan sebaiknya lewati terlebih dahulu dan cari burung lain yang kondisi matanya tajam dan melotot.

Hindari pula Lovebird dengan tatapan mata yang sayu karena itu bisa menandakan Lovebird sedang tidak fit ataupun stres.

Suara Lovebird Enak di Dengar

Meskipun kelas paud belum bisa ngekek dengan sempurna, namun Lovebird yang bagus dan prospek biasanya menunjukkan kemampuan mengeluarkan suara yang enak didengar.

Istilah kerennya suaranya tidak fals. Lovebird ngekek panjang juga punya irama dan tempo yang jelas dengan cengkok khasnya masing-masing.

Jangan memilih Lovebird yang pasif dan jarang mengeluarkan bunyi. Lebih baik mengutamakan Lovebird yang mau belajar ngekek panjang dibandingkan dengan Lovebird pasif yang macet bunyi.

Leher yang Prospek

Disarankan untuk memilih Lovebird dengan leher yang panjang dan lebar. Leher adalah bagian yang sangat berpengaruh saat burung mengeluarkan suara ngekek panjangnya. Ciri fisik Lovebird yang bagus ngekek panjang biasanya terletak pada bagian leher yang memberikan kemampuan untuk mengeluarkan cengkok ngekeknya yang khas.

Baca juga : Lovebird Konslet dan Lovebird Fighter, Mana Paling Bagus?

Bagian Kaki

Ciri fisik lovebird yang bagus untuk lomba dan ngekek panjang biasanya bisa diamati pada kondisi kaki dan cakarnya. Kaki dan cakar adalah pondasi yang kuat saat burung bertengger untuk mengeluarkan suara ngekek panjang.

Pilihlah Lovebird yang memiliki batang kaki yang mulus dan tidak memiliki kecacatan. Sedangkan untuk bagian cakar, usahakan memilih Lovebird yang memiliki cengkeraman cakar yang kokoh pada saat bertengger.

Menentukan Waktu Tepat Untuk Lomba

Setelah mengamati ciri-ciri anakan Lovebird yang bagus untuk lomba, kini saatnya mengamati kapan waktu yang tepat untuk mengorbitkan Lovebird dalam suatu perlombaan.

Adapun Lovebird yang siap lomba memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Punya birahi yang stabil, tidak OB
  • Rajin berbunyi saat bertengger di sangkarnya
  • Sering latah ketika mendengar burung lain ngoceh, dia lalu terpancing untuk mengikuti
  • Lovebird sering mengepakkan sayap dengan bagian ujung saling menyilang
  • Sering membusungkan dada ketika didekati

Baca juga : Cara Mengatur Birahi Lovebird Untuk Lomba

Dengan mengamati perubahan sikap dan perilaku diatas, kita bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk mengorbitkan Lovebird kita dalam suatu perlombaan.

Sebenarnya umr 3 – 4 bulan sudah bisa ngekek panjang, namun belum stabil seperti Lovebird yang umurnya sudah 6 bulan, sehingga karakter dari Lovebird yang bagus untuk lomba belum begitu kelihatan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Finansial
Finansial Pahami Yuk! Contoh Pasar Monopolistik dan Pengertiannya

Pasar monopolistik adalah kebalikan dari pasar persaingan yang sempurna. Pada ilmu ekonomi, arti pa

Gadget
Gadget 8 Cara Mengatasi Lupa Sandi HP Vivo Untuk Pengguna Baru Android

Bagi para pengguna baru android pasti pernah mengalami banyak kendala yang sering dijumpai ketika s

Finansial
Finansial Mudah! Ini 7 Cara Menggunakan Tradingview

Supaya aktivitas jual beli saham yang kamu lakukan berjalan lancar, kamu dapat menggunakan berbagai

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia