BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPA5 Cara Cicil Rumah Tanpa Riba yang Perlu Kamu Tahu
0
0

5 Cara Cicil Rumah Tanpa Riba yang Perlu Kamu Tahu

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Nov 12, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi kredit rumah secara syariah.top-right-banner

Dalam era di mana kepemilikan rumah menjadi impian banyak orang, pertanyaan tentang bagaimana cara cicil rumah tanpa riba semakin menjadi sorotan. Riba, atau bunga yang dikenakan dalam transaksi keuangan, seringkali menjadi hambatan bagi mereka yang ingin memiliki rumah secara finansial. Namun, saat ini, ada berbagai cara yang bisa diambil untuk mencapai impian memiliki rumah tanpa harus terjerat dalam sistem riba.

Dalam artikel ini, membahas berbagai cara praktis yang dapat membantu Kamu mencicil rumah tanpa riba. Langkah-langkah ini tidak hanya memberikan solusi finansial, tetapi juga memberikan pandangan baru tentang bagaimana memandang kepemilikan rumah dengan pendekatan yang lebih berkelanjutan dan sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan yang lebih islami.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, Kamu juga perlu mengetahui bahwa salah satu Rumah Ekslusif terbaik adalah Avoria Estate. Jika Kamu mau mencari informasi lebih lanjut, Kamu dapat mengunjungi PinValue.

Sementara jika Kamu mencari lokasi lain, Kamu dapat mencari tahu rumah second di Kab Tangerang. Atau alternatifnya adalah rumah dijual di Depok.

Baca juga: Keuntungan Mencicil Rumah Sejak Dini

Risiko Cicil Rumah dengan Riba

Risiko cicil rumah tanpa riba.
Source : freepik

Membeli rumah dengan cara mencicil dan melibatkan sistem bunga atau riba memiliki beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan secara serius. Berikut adalah risiko-risiko tersebut:

1. Beban Hutang yang Berlebihan

Salah satu risiko utama dari pembelian rumah dengan sistem riba adalah potensi beban hutang yang berlebihan. Pembayaran bunga dapat meningkatkan total jumlah yang harus dibayarkan secara signifikan, yang mungkin sulit diatasi oleh sebagian besar pembeli rumah.

2. Variabilitas Suku Bunga

Suku bunga dapat berfluktuasi sepanjang waktu, dan ini dapat memberikan dampak besar pada pembayaran bulanan. Jika suku bunga KPR terbaru naik, pembayaran cicilan juga akan naik, dan ini dapat menjadi beban finansial yang tidak terduga.

3. Resiko Inflasi

Inflasi dapat mengurangi daya beli uang. Sementara cicilan tetap dalam nominalnya, nilai sebenarnya dari uang yang dibayar setiap bulan dapat berkurang seiring waktu, meningkatkan beban pembayaran dalam jangka panjang.

4. Pemaksaan Penalti

Sebagian besar kontrak hipotek dengan sistem riba memiliki klausul pemaksaan penalti jika pembeli tidak dapat memenuhi kewajibannya. Ini bisa berarti kehilangan rumah atau membayar denda yang substansial, meningkatkan risiko finansial yang serius.

5. Risiko Kehilangan Pekerjaan atau Penghasilan

Ketidakstabilan ekonomi atau kehilangan pekerjaan dapat berdampak signifikan pada kemampuan seseorang untuk membayar cicilan. Dalam sistem riba, ketidakmampuan membayar dapat menyebabkan penumpukan hutang yang sulit diatasi.

6. Terdampak Oleh Krisis Ekonomi

Selama krisis ekonomi, nilai properti dan daya beli dapat mengalami penurunan. Ini dapat berdampak negatif pada nilai rumah, dan jika terpaksa menjual rumah, pembeli mungkin mengalami kerugian finansial.

7. Tingginya Biaya Keseluruhan

Meskipun pembelian rumah dengan sistem riba memberikan kemungkinan pembayaran cicilan secara fleksibel, biaya keseluruhan yang harus dibayarkan oleh pembeli. Hal itu termasuk bunga yang dapat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pembelian rumah tanpa melibatkan riba.

Baca juga: Cicil Rumah vs Ngontrak: Mana yang Dipilih Pasangan?

Berbagai Cara Cicil Rumah Tanpa Riba

Cara cicil rumah tanpa riba.
Source : Freepik

Membeli rumah merupakan impian banyak orang, namun terkadang pembayaran tunai secara penuh tidaklah mungkin. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, banyak orang mencari cara kredit rumah tanpa riba yang menguntungkan, diantaranya adalah:

1. Mengajukan KPR Syariah

Mengajukan KPR Syariah menjadi salah satu pilihan. Dimana terdapat dua jenis akad yaitu:

  • Akad Murabahah: Merupakan akad jual beli dengan keuntungan yang dinyatakan secara terbuka. Bank akan membeli rumah dan menjualnya kembali kepada pembeli dengan harga yang ditentukan. Pembeli kemudian mencicil pembayaran sepanjang jangka waktu tertentu.
  • Akad Musyarakah Mutanaqishah: Melibatkan kerjasama antara bank dan pembeli untuk memiliki rumah secara bersama-sama. Pembeli akan secara bertahap membeli kepemilikan bank, sehingga pada akhirnya, pembeli akan menjadi pemilik penuh.

2. Mengajukan Cicilan Langsung ke Developer Syariah

Beberapa pengembang properti menawarkan skema pembayaran langsung kepada mereka tanpa melibatkan pihak ketiga seperti bank. Hal ini dapat menghilangkan unsur riba dari transaksi, karena pengembang menggunakan prinsip KPR syariah dalam skema pembayaran.

3. Kredit Rumah Langsung ke Pemilik

Pembelian rumah secara langsung dari pemilik dapat menjadi opsi yang lebih syariah. Pemilik bisa menawarkan skema cicilan tanpa melibatkan bank, dan perjanjian dapat dibuat dengan prinsip-prinsip keadilan dan kesepakatan bersama. Namun perlu diketahui juga tentang macam-macam akad.

4. Meminjam Uang kepada Kolega

Jika memiliki teman atau keluarga yang bersedia membantu, meminjam uang kepada mereka bisa menjadi solusi. Penting untuk membuat perjanjian yang jelas dan melibatkan kesepakatan tanpa bunga atau riba, agar tetap sesuai dengan prinsip syariah.

5. Bangun Rumah secara Bertahap

Membangun rumah bertahan sebagai cicil rumah tanpa riba.
Source : Freepik

Mengonsep pembangunan rumah secara bertahap dapat menjadi opsi tanpa riba. Proses ini melibatkan pembangunan rumah seiring waktu sesuai dengan kemampuan finansial. Ini memungkinkan pembeli untuk membangun rumah tanpa harus terbebani oleh hutang yang melibatkan bunga.

Itulah berbagai cara cicil rumah tanpa riba yang dapat menjadi solusi. Langkah bijak dalam proses pembelian rumah dapat membantu mencapai tujuan kepemilikan tanpa menyalahi prinsip syariah. Semoga menambah wawasanmu.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download