Mengenal Burung Cendet Macan, Tiger shrike (Lanius tigrinus)

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ November 30, 2021 ∙ 5 menit membaca

Pinhome – Burung Cendet macan merupakan salah satu jenis burung kicau atau salah satu dari beberapa jenis burung cendet dari keluarga Laniidae dan Genus Lanius. Burung cendet yang juga dikenal dengan sebutan cendet loreng ini memiliki nama ilmiah Lanius Tigrinus atau Tiger Shrike (Thick-Billed Shrike) merupakan salah satu burung kicau bukan burung penetap alias burung migrasi dari siberia dan asia timur.

Meski berasal dari genus yang sama, Burung Cendet Macan memiliki motif bulu yang berbeda dari jenis cendet lainnya. Motif bulunya belang-belang seperti macan, kendati terlihat agak samar, sehingga dijuluki sebagai Tiger Shrike. Wilayah persebarannya mulai dari kawasan Siberia (wilayah timur laut Rusia hingga wilayah timur dan tengah China), Korea, dan Jepang.

Baca Juga : Membedakan Cendet Jantan dan Betina

Ciri-ciri Cendet Macan, Tiger shrike (Lanius tigrinus)

Ciri-ciri Burung Cendet Macan memiliki panjang tubuh sekitar 17 sampai 18,5 cm dengan berat tubuh jantan sekitar 27 sampai 29 gram dan betina sekitar 29 sampai 37 gram. Pada bagian mahkota kepala dan tengkuk sampai batas punggung depan terlihat berwarna keabu-abuan yang bergaris coklat.

Dibagian punggung, kedua sayap, dan ekornya tampak ditutupi dengan warna coklat gelap yang bergaris hitam tipis. Di sisi bawah tubuh mulai dari tenggorokan, dada, perut, dan batas dekat ekornya terlihat berwarna putih terang yang diselingi dengan garis berwarna hitam halus.

Begitu pula pada bagian luar mata, pipi, dan depan wajah tampak ditutupi oleh warna hitam pekat yang terlihat seperti topeng. Garis-garis halus yang terdapat di bagian sisi atas dan bawah tubuhnya sehingga membentuk tampilannya seperti loreng

Burung Cendet Macan
(eBird)

Persebaran Burung Cendet Macan

Seperti yang sudah disinggung di atas, cendet macan bukan burung penetap Indonesia melainkan burung migrasi dari beberapa negara seperti Rusia (Ussuriland), Cina (dari Shaanxi, Sichuan, dan Guizhou), Korea, Jepang (Honshu, Sado, Kyushu).

Myanmar yang tidak berkembang biak dan Cina Tenggara ke Semenanjung Malaysia, Singapura, Laos, Vietnam, dan Sunda Besar (termasuk Bali).

Habitat Dan Kebiasaan Burung Cendet Macan

Mereka sering terlihat di hutan-hutan dengan pepohonan rindang, pinggiran hutan, dan areal pertanian di dataran rendah. Di musim dingin, sebagian besar burung (kecuali penguin) tampaknya tidak mampu bertahan dengan kondisi cuaca, sehingga mereka bermigrasi.

Migrasi dilakukan bukan pada saat musim dingin, tetapi menjelang musim dingin, sekitar Agustus – September. Dengan kata lain, mereka sudah memiliki “sinyal alami” untuk memutuskan kapan harus migrasi. Beberapa burung dari kawasan Siberia dan Asia Timur melakukan migrasi pada Oktober – November.

Cendet macan bermigrasi mengikuti arah tiupan angin dan biasanya ke selatan, tepatnya Asia Tenggara, mulai dari Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Di negeri kita, cendet ini sering menyambangi Pulau Jawa, Bali, dan beberapa wilayah di Sulawesi.

Bahkan ada juga yang kebablasan sampai Australia. Sekitar Mei dan Juni, ketika habitat aslinya memasuki musim panas, cendet macan akan kembali ke kampung halamannya.

Burung Cendet Macan
(eBird)

Suara Burung Cendet Macan

Suara kicauannya cendet macan berbunyi: “Ceh…ceh…ceh” biasanya dikeluarkan secara berulang-ulang dalam tempo yang agak lama. Bunyi kicauannya dikeluarkan dengan nada tinggi dan terdengar agak parau.

Burung Cendet macan memiliki beberapa nada panggilan yang cukup keras, termasuk suara teritorial yang dilagukan dengan keras dan berulang, suara alarm atau peringatan waspada, dan suara panggilan yang lembut. Suaranya bahkan bisa tedengar hingga jarak 10 – 20 meter.

Dapatkan : Suara Cendet Betina Untuk Pikat Atau Masteran Burung

Karena suaranya yang cukup keras dan berulang-ulang, cendet macan di beberapa negara di Asia Timur disebut juga dengan burung bersuara senapan, seperti halnya burung paruh sabit coklat dari Tanah Papua.

Makanan Burung Cendet Macan

Seperti diketahui, pentet atau cendet adalah burung pengicau. Tetapi ketika berburu mangsa, mereka memiliki perilaku seperti raptor kecil. Meski posturnya mungil, cendet dikenal memiliki perilaku sangat agresif, termasuk terhadap mangsanya.

Untuk menunjukkan kemampuannya dalam menjaga wilayah teritorialnya, cendet di alam bebas kerap menancapkan mangsanya pada duri-duri di batang pohon atau tanaman.

Selain digunakan sebagai menandai wilayahnya, kebiasaan unik tersebut juga dimaksudkan untuk memudahkan dalam merobek tubuh mangsanya, yang umumnya berupa serangga. Ritual ini juga untuk menetralisir racun yang ada dalam tubuh serangga seperti belalang beracun (Romalea guttata). Setelah ditancapkan selama 1-2 hari, barulah si cendet menyantapnya.

Baca Juga : Memilih Anakan Cendet yang Berkualitas

Burung Cendet Macan
(eBird)

Musim Kawin Cendet Macan

Cendet macan juga termasuk burung monogami, meski beberapa spesies cendet lainnya ada juga yang melakukan poligami. Di musim kawin, burung jantan akan menarik perhatian betina dengan menunjukan beberapa mangsanya yang sudah di sate di duri-duri pepohonan, dan akan diberikan kepada calon pasangannya sebagai “mas kawin”.

Agar lamaran cepat diterima, burung jantan akan melakukan ritual tarian. Kalau betina kepincut, mereka langsung kawin dan membuat sarang yang bentuknya sederhana. Sarang ini berbentuk cangkir yang disusun dari ranting-ranting kering dan rerumputan, terletak di antara semak-semak dan batang-batang pohon yang rendah sekitar bulan mei sampai juli.

Baca juga : Cendet Cokelat, Brown Shrike (Lanius cristatus)

Induk betina akan bertelur sebanyak 3-6 butir, dan dierami selama 14 – 16 hari hingga menetas. Anakan cendet macan sudah bisa makan sendiri pada umur 2 minggu. Tetapi mereka baru meninggalkan sarang pada umur 1 bulan, dan terbang ke alam liar.

Cara Membedakan Cendet Macan Jantan Dan Betina

Cara membedakan cendet macan jantan dan betina bisa dilihat dari warna bulu di tubuhnya. Burung jantan dewasa memiliki bagian dada hingga perut dan daerah kloaka yang berwarna putih.

Kepala abu-abu dengan topeng hitam. Sedangkan burung betina dan burung muda memiliki penampilan hampir sama, yaitu warna bulu kusam dan coklat tua, dengan sedikit abu-abu dan hitam di kepalanya.

Itulah kira-kira hal menarik dari burung Cendet macan.

Baca Juga : Mengatasi Cendet Stress Agar Gacor

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Finansial
Finansial Pahami Yuk! Contoh Pasar Monopolistik dan Pengertiannya

Pasar monopolistik adalah kebalikan dari pasar persaingan yang sempurna. Pada ilmu ekonomi, arti pa

Gadget
Gadget 8 Cara Mengatasi Lupa Sandi HP Vivo Untuk Pengguna Baru Android

Bagi para pengguna baru android pasti pernah mengalami banyak kendala yang sering dijumpai ketika s

Finansial
Finansial Mudah! Ini 7 Cara Menggunakan Tradingview

Supaya aktivitas jual beli saham yang kamu lakukan berjalan lancar, kamu dapat menggunakan berbagai

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia