Cek Harga Logam Mulia di Pegadaian dan Cara Membelinya - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Cek Harga Logam Mulia di Pegadaian dan Cara Membelinya

Cek Harga Logam Mulia di Pegadaian dan Cara Membelinya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 30 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Investasi emas merupakan salah satu pilihan yang masih populer hingga saat ini. Harga instrumen investasi ini cenderung lebih stabil sehingga banyak dipilih oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri, ada berbagai pilihan untuk investasi emas seperti salah satunya yaitu investasi logam mulia di Pegadaian.

Pinhome – Pegadaian adalah lembaga milik pemerintah yang menawarkan berbagai layanan, salah satunya yaitu  investasi emas. Investasi di PT Pegadaian cukup diminati karena dinilai lebih aman. Selain itu, lembaga ini juga menyediakan berbagai pilihan emas seperti Antam Batangan, Antam Batik, dan emas UBS.

Buat Pins yang baru mulai investasi emas, mungkin masih asing dengan jenis-jenis emas yang dijual oleh Pegadaian. Emas Antam Batangan dan Antam Batik merupakan logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk. Sedangkan emas UBS dibuat oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Ke dua perusahaan tersebut memproduksi emas murni dalam berbagai ukuran seperti 0,5 gram, 10 gram, dan lain-lain.

Baca Juga: Intip Grafik Harga Emas Hari Ini Agar Investasi Tetap Untung

Supaya Pins lebih paham tentang gambaran investasi emas, yuk, simak harga logam mulia di Pegadaian dan juga cara membelinya di bawah ini!

Harga Logam Mulia di Pegadaian

(Detik)

Sama seperti jenis investasi lainnya, emas memiliki harga yang terus berubah setiap hari.  Meskipun begitu, harga instrumen investasi ini cenderung lebih stabil karena perubahan harganya tidak terlalu ekstrim. Kenaikan dan penurunan nilai emas biasanya hanya berada pada angka ribuan rupiah saja.

Perubahan harga emas biasanya akan diperbarui setiap harinya. Jumlahnya sendiri berbeda-beda tergantung pada ukurannya. Harga lengkap emas di Pegadaian pada tanggal 1 Juli 2021 yaitu sebagai berikut.

Ukuran (gr)Emas Antam (Rp)Emas UBS (Rp)
0,5540.000498.000
1,0973.000931.000
2,01.883.0001.848.000
3,02.799.000
5,04.629.0004.564.000
10,09.200.0009.079.000
25,022.867.00022.651.000
50,045.650.00045.208.000
100,091.218.00090.380.000
250,0227.768.000225.882.000
500,0910.588.000901.485.000

Berbagai Cara Beli Emas di PT Pegadaian

(Tribun Jateng)

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini, Prediksi, Dan Untung Rugi Investasinya

Ada beberapa cara yang disediakan oleh Pegadaian bagi siapa pun yang ingin mulai investasi emas. Pins yang ingin membeli emas bisa memilih salah satu berikut ini.

  • Beli Emas dengan Sistem Menabung

Sistem tabungan emas ditujukan bagi calon investor yang ingin membeli emas namun dengan nominal yang lebih kecil dan fleksibel. Jumlah titipannya sendiri mulai dari Rp5.000 atau 0,01 gram. Selain itu, harganya juga mengikuti nilai emas pada periode penitipan.

Berikut ini langkah-langkah untuk bisa menabung emas di Pegadaian:

  • Menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti fotokopi identitas (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku.
  • Datang ke kantor cabang Pegadaian terdekat.
  • Memberitahukan maksud kedatangan yaitu untuk membuka rekening Tabungan Emas.
  • Mengisi formulir rekening tabungan secara lengkap.
  • Melakukan pembayaran administrasi sebesar Rp10.000 dan penitipan yaitu Rp2.500 per bulan. Pins juga langsung bisa membayar biaya titip untuk setahun yaitu Rp30.000.
  • Melakukan pembelian emas sesuai yang diinginkan mengikuti arahan dari petugas.
  • Beli Emas Pakai Cicilan/Angsuran

Pilihan membeli logam mulia di Pegadaian yang berikutnya yaitu dengan menggunakan sistem cicilan. Sesuai dengan namanya, pembelian emas dengan cara ini pembayarannya dilakukan dengan cara angsuran. Ada 3 program berbeda untuk sistem ini yaitu Mulia Personal, Mulia Kolektif, dan Mulia Arisan.

Program Mulia Personal merupakan cara pembelian emas cicilan yang dilakukan oleh satu orang. Calon pembeli bisa membeli emas batangan yang pembayarannya diangsur dengan cara datang langsung ke kantor Pegadaian.

Sistem ke dua, Mulia Kolektif dilakukan oleh sekelompok orang dengan minimal anggota 6 orang. Pembayaran emas batangan dilakukan dengan cara angsuran dan dibebankan kepada setiap anggota kelompok tersebut.

Cara pembelian yang ketiga yaitu dengan sistem Mulia Arisan. Sistem pembelian dengan program ini hampir sama dengan Mulia Kolektif yaitu untuk kelompok dengan anggota paling sedikit 6 orang. Perbedaannya, Mulia Arisan diperuntukkan khusus untuk kelompok arisan.

  • Beli Emas Langsung Tunai

Khusus untuk Pins yang tidak ingin repot, bisa memilih cara pembelian yang satu ini. Pins bisa melakukan pembelian emas secara tunai (bukan tabungan atau cicilan) secara langsung di Pegadaian atau Galeri 24 yang merupakan anak perusahaan PT Pegadaian yang bergerak di bidang jual beli emas baik batangan maupun perhiasan.

Pins yang ingin membeli logam mulia di Pegadaian dengan cara ini cukup menyiapkan identitas dan uang pembayaran. Setelah itu, bisa memilih ukuran emas yang diinginkan mulai dari 1 gram sampai 1 kilogram. Apabila pembelian berhasil, maka Pins akan langsung mendapatkan emas, sertifikat, dan kwitansi.

Membeli logam mulia di Pegadaian merupakan salah satu cara investasi yang bisa Pins pilih. Setelah berhasil melakukan pembelian, Pins jangan lupa untuk menyimpan sertifikat serta kwitansi yang didapat. Hal tersebut penting jika Pins ingin menjual emas tersebut di kemudian hari.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel