8 Cara Cek Garansi HP Realme, Begini Langkahnya!

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ December 16, 2022 ∙ 7 menit membaca

Realme merupakan salah satu merek hp asal Tiongkok yang saat ini ramai di pasar Indonesia. Bagaimana tidak, Realme menawarkan berbagai fasilitas dengan harga yang dimulai dari Realme 1 jutaan, Realme 2 jutaan, hingga yang memiliki Realme fitur NFC. Sementara itu, penting juga untuk cek garansi HP Realme untuk memperbaiki kerusakan.

Seperti yang telah diketahui, Realme menjadi salah satu smartphone andalan bagi masyarakat. Pasalnya banyak fitur yang terpasang pada ponsel pintar ini menjadikan HP lebih agresif dalam menjalankan game-game dengan grafis yang tinggi. 


Sementara itu, Realme juga tidak berhenti untuk memanjakan para penggunanya. Sebab, akan terdapat masa garansi selama menggunakan ponsel tersebut. Namun hal ini dapat Pins peroleh apabila kamu membeli smartphone merek Realme tersebut melalui gerai resmi Realme. 

Cek garansi Realme lewat IMEI untuk memperbaiki kerusakan, selama masa garansi masih ada. Jadi pastikan membeli ponsel di gerai resmi dengan melihat Phone Box-nya. Lalu bagaimanakah cara cek garansi Realme lewat IMEI? Berikut informasi lengkapnya.

Baca juga:

Syarat Mendapatkan Garansi HP Realme

Apabila Pins ingin mengklaim garansi yang diberikan oleh Realme, tentunya ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi. Jika ingin mendapatkan pertanggungan dari produsen resmi Realme dan distributor secara penuh. 

Jika salah satu dari syarat ini tidak bisa dipenuhi, maka secara otomatis jaminan diberikan akan hilang. Oleh sebab itu jangan pernah Anda menyepelekan hal ini sedikitpun.

Syarat untuk mendapatkan penjaminan dari pihak resmi. Agar lebih mudah memahaminya, Pins bisa mendalami poin-poin di bawah ini.

Berikut syaratnya:

  • Kerusakan tidak disebabkan oleh buatan manusia seperti benturan, bantingan, sayatan dan lain-lain
  • Segel masih terpasang ketika garansi hendak diklaim
  • Produk masih ada di dalam jangka waktu garansi
  • Kerusakan tidak disebabkan oleh kondisi alam seperti banjir, kebakaran, gempa bumi dan lain-lain
  • Kwitansi atau faktur pembelian harus disertakan ketika hendak melakukan klaim
  • Garansi hanya tersedia untuk produk yang dibeli di Indonesia
  • Garansi Internasional sama sekali tidak berlaku

Apabila Pins telah memenuhi persyaratan tersebut, maka klaim jaminan dari produsen Realme bisa dilakukan. Berikut ini merupakan cara cek IMEI HP Realme yang perlu kamu ketahui!

Cek Garansi Resmi

Jaminan resmi ini datang dari produsen secara langsung. Mereka yang melakukan pembelian produk baru pasti mendapatkan hal tersebut. 

Umumnya garansi yang diberikan adalah 12 bulan tepat setelah tanggal pembelian. Jadi jika membeli produk Realme tepat pada tanggal 1 Januari 2022, maka akan habis pada tanggal 1 Januari 2023. 

Ketika sudah melewati masa tersebut, secara otomatis jaminan diberikan oleh pihak produsen resmi akan hilang. Apabila terjadi kerusakan setelah masa tersebut, maka secara  otomatis harus memperbaikinya dengan dana sendiri. 

Tidak hanya jangka waktu saja, hilangnya garansi bisa disebabkan oleh kesalahan yang terjadi secara sengaja oleh pemilik. Ketika menghadapi kondisi seperti ini, sudah tentu pihak produsen resmi sama sekali tidak akan memberi pertanggungjawaban apapun. Maka semua kerusakan akan ditanggung oleh pemilik smartphone Realme.

Cek Garansi Distributor

Jaminan distributor berbeda lagi dengan jaminan resmi. Ketika melakukan pembelian produk baru, secara otomatis ada dua garansi yang di dapat, yakni dari pihak produsen resmi dan dari pihak distributor.

Biasanya pertanggungan yang didapat dari distributor ini lebih singkat. Ada hanya 30 hari dan ada juga sampai 90 hari atau tiga bulan penuh.

Jangka waktu ini tidak ada standarnya karena bergantung pada kebijakan distributor. Sama seperti jaminan dari pihak resmi, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya.

Memahami kedua jenis garansi tersebut sangat penting. Seringkali terjadi perselisihan antara konsumen dengan pihak distributor karena ketidakpahaman mereka terhadap regulasi jaminan itu sendiri.

Cara Cek Garansi Realme melalui IMEI

Untuk cek garansi HP Realme Pins bisa melalui kode IMEI HP Realme tersebut. Ya, kode IMEI memang sangat berpengaruh terhadap masa garansi sebuah ponsel. Termasuk untuk HP Realme yang kamu gunakan saat ini.

Disarankan untuk jangan sembarangan dalam memberikan informasi tentang kerahasiaan ponsel kamu. Karena data yang ada didalam smartphone bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. 

Untuk mengeceknya langkah awal ialah Pins hanya perlu buka browser pada HP Realme kamu, lalu untuk mengetahui nomor IMEI dan bisa mengunjungi website KEMENPERIN pada kolom pencarian Google. Selanjutnya kode IMEI HP Realme kamu akan muncul dan selanjutnya berfungsi untuk mengecek masa berlaku garansinya.

Langkah berikutnya adalah masukan nomor IMEI pada kolom yang tersedia, lalu klik icon kaca pembesar yang terdapat di bagian kanan kolom tersebut. Pada layar juga akan memberikan tampilan informasi mengenai nomor IMEI HP Realme yang Pins gunakan.

Cek Garansi HP Realme Dial Phone

Syarat sah untuk mengetahui masa garansi HP Realme adalah harus tahu nomor IMEI-nya terlebih dahulu. Cek garansi HP Realme dengan membuka menu dial phone. Ketik kode angka *#06# sampai muncul informasi nomor IMEI.

Selanjutnya Pins tinggal klik setting dan klik tentang ponsel dan status. Kamu bisa menentukan pilihan sub menu IMEI. Langkah berikutnya bukalah aplikasi browser seperti Opera Mini, Google Chrome dan yang lainnya. Lalu kunjungi website resmi cek garansi HP Realme dan masukkan nomor IMEI, kemudian klik tombol cek sekarang.

Setelah itu, masa garansi akan tertera pada layar setelah melewati tahap validasi. Cara satu ini akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Jadi cukup mudah dan gampang kan.

Cek melalui Via Online

Untuk cek garansi HP Realme yang berikutnya adalah via online. Untuk menggunakan cara yang satu ini, Pins juga memerlukan nomor IMEI dari HP Realme yang kamu gunakan. Hal ini dikarenakan fungsi nomor IMEI sangatlah vital, dan salah satunya adalah sebagai penanda identifikasi smartphone kamu. 

Saat ini Pins bisa melakukan cara cek IMEI HP Realme secara online, jadi kamu tidak perlu mengecek secara langsung ke service center. Untuk mengetahui status garansinya, Pins hanya membuka browser pada HP Realme kamu. 

Hal tersebut juga bisa menggunakan PC atau laptop yang Pins punya. Lalu kunjungi situs untuk cek status garansi resmi Realme. Pertama kamu tinggal buka browser. Lalu buka situs garansi resmi Realme online pada situs resminya. Sehingga akan ada jaminan keakuratan untuk menentukan masa garansinya. 

Selanjutnya Pins tinggal masukkan nomor IMEI HP Realme di kolom yang tersedia. Biasanya akan berjumlah 15 digit nomor IMEI. Pastikan kamu masukkan secara benar dan jika terjadi kesalahan maka proses pengecekan garansi bisa gagal.

Baca juga: 3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Via Offline

Nah bagi Pins yang tidak memiliki data juga bisa cek garansi Realme lewat IMEI via offline. Ya, untuk melakukannya kamu tinggal meluangkan waktu untuk pergi ke gerai Realme Center. Namun, jika Pins mau ke Realme Center kamu harus datang langsung ke kantor untuk mengambil nomor antrian. 


Cek garansi HP Realme ke service center secara langsung harus membawa salinan bukti pembelian yang valid. Selain itu, bawa juga faktur pembelian yang asli. Sebelum itu, Pins harus melakukan backup data penting yang tersimpan di penyimpanan internal HP Realme.

Nah fungsi dari backup data sebelum perbaikan adalah menjaga supaya lebih aman. Jika tidak akan ada pihak ketiga yang menyalahgunakannya. Pasalnya pihak service center tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan data dari pemilik ponsel.

Periksa Kemasan Produk

Cara selanjutnya adalah memeriksa bagian bawah kotak pada kemasan produk Realme saat pertama kali Pins membelinya. Tak hanya kotak kemasan produk, di dalamnya juga terdapat guide book Realme.

Dari situ, kamu bisa membaca informasi lengkap mengenai keaslian ponsel, spesifikasi, informasi Android, dan cara-cara menavigasikan ponsel.

Masuk Pada Pengaturan

Selain beberapa cara di atas, Pins bisa melakukan cek HP Realme melalui setting HP yang kamu gunakan. Begini caranya:

  • Buka menu pengaturan di HP Realme kamu. Kemudian, cari dan temukan sub menu ‘About Phone’ atau ‘Tentang Ponsel’.
  • Jika sudah, ketuk sub menu ‘Status’. Nantinya, Pins akan melihat informasi seputar ponsel yang kamu gunakan. Mulai dari tipe, sistem operasi Android, model, RAM, dan sebagainya.

Menghubungi Call Center Realme

Langkah terakhir untuk cek HP Realme adalah dengan menghubungi agen service center resmi Realme. Pins bisa menghubunginya melalui e-mail resmi service@realme.com. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi nomor resmi Realme melalui (021)2235 6666 dan melalui chat di website resmi mereka.

Itulah beberapa rekomendasi cara cek garansi HP Realme yang bisa Pins ikuti. Semoga membantu kamu yah!

Featured image: realme.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pavia Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pernahkah Pins berpikir untuk mengubah suara asli kamu untuk membuat efek gema seperti robot, atau

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia