Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Ingin Tahu Saldo BPJS? Yuk Cek BPJS Ketenagakerjaan Mudah Melalui Aplikasi

Kesehatan

Ingin Tahu Saldo BPJS? Yuk Cek BPJS Ketenagakerjaan Mudah Melalui Aplikasi

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 June 2021 ∙ 6 menit membaca

Seiring dengan perkembangan zaman, kemudahan akses untuk segala jenis hal mulai tidak terbatas. Dahulu belanja kebutuhan rumah tangga harus datang ke pasar ataupun swalayan, kini dengan duduk manis kita bisa menjangkau segala hal. Belum lagi keberadaan layanan antar dan ojek online. Ini menjadi sebuah pertanda keberhasilan teknologi dalam menolong kehidupan manusia. Tidak terkecuali untuk cek BPJS Ketenagakerjaan dalam hal saldo, kini kita pun dapat mengaksesnya hanya lewat aplikasi.

Pinhome – Surat menyurat segala kebutuhan administrasi memang tidak bisa dikatakan sebuah persoalan mudah. Kita memerlukan ketelitian dengan keterbatasan masing-masing akan kemampuan manusia. Dengan terciptanya sebuah teknologi kedepannya, segala hal jenis administrasi bisa dipermudah. Klaim BPJS Ketenagakerjaan hingga cek BPJS ketenagakerjaan bisa Pins lakukan dalam aplikasi.  Sungguh menolong bukan?

Baca Juga: Belajar Yuk, Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

(Instagram/bpjs.ketenagakerjaan)

Saldo yang ada dalam BPJS Ketenagakerjaan bisa kita pantau berkala dengan menggunakan aplikasi bernama BPJSTKU. Hampir semua layanan BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan lewat aplikasi tersebut. Sebenarnya apa itu BPJSTKU dan apa saja hal yang dapat dilakukan lewat aplikasi tersebut? Apa hanya bisa cek bpjs tk saja? Terlampir ulasannya.

Apa Itu Aplikasi BPJSTKU

Pada tahun 2018, BPJS Ketenagakerjaan melakukan terobosan baru dengan mengeluarkan aplikasi yang dapat diunduh melalui perangkat telepon genggam baik bagi pengguna Android maupun Apple. Diharapkan dengan adanya kemudahan pengaksesan layanan BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi masyarakat dapat lebih nyaman melakukan pengurusan secara online. Informasi yang didapat pun akan lebih mudah melalui sebuah aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store, dengan cara search BPJSTKU. 

Di dalam aplikasi ini, Pins akan dengan mudah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, pendaftaran bagi pekerja penerima upah, bukan penerima upah, dan pekerja migran Indonesia, pengaduan terkait BPJSTK, pelaporan kecelakaan kerja secara real time dan masih banyak lagi. Media layanan informasi ini akan terus diperbaharui dengan kelengkapan lainnya sebagai pendukung kesempurnaan layanan BPJS Ketenagakerjaan menjadi aplikasi yang lebih baik.

Bagaimana Cara LOGIN ke Aplikasi BPJSTKU?

Pins tidak perlu khawatir, bila Pins ingin cek bpjs ketenagakerjaan. Kamu harus login dalam aplikasi ini kamu hanya memerlukan sedikit langkah yang mudah, yaitu:

  • Setelah Pins unduh aplikasi lewat link yang telah tersedia di atas, baik untuk pengguna Android maupun Apple, kini Pins hanya perlu melakukan pendaftaran pengguna baru.
  • Klik pendaftaran pengguna baru, setelah nya isi ‘Penerima Upah’ untuk program JHT.
  • Isi data diri mulai dari nama, tempat, tanggal lahir, nomor NIK, nomor telepon, email hingga nomor kepesertaan BPJS .
  • Kode verifikasi akun akan dikirimkan melalui email ataupun nomor yang tertera.
  • Selanjutnya masukan kode verifikasi yang diminta, dan kamu sudah bisa mengakses halaman dalam aplikasi BPJSTKU.

Layanan yang Tersedia Pada Aplikasi BPJS TK

(Instagram/bpjs.ketenagakerjaan)

Dalam mempermudah masyarakat, BPJS Ketenagakerjaan memang melakukan banyak perubahan dari segi sistem maupun tampilan, kini beberapa kemudahan dapat kalian nikmati lewat aplikasi. Sebenarnya, apa saja yang dapat kalian lakukan pada aplikasi BPJS TK?

  • Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, untuk melihat jumlah dana yang telah terkumpul selama masa kerja dari program Jaminan Hari Tua (JHT).
  • Perhitungan Simulasi, digunakan untuk perhitungan simulasi asumsi Jaminan Hari Tua (JHT) mapun Jaminan Pensiun (JP). Untuk JHT asumsi kalkulasi upah tetap, iuran perusahaan sebesar 3,7%, iuran TK 2%, besarnya pengembangan 7% per tahun. Sedangkan JP berdasarkan asumsi inflasi 5%, pertumbuhan PDB 6% dan iuran yang dibayarkan tertib. Tentunya hasil simulasi tidak bisa sama persis dengan sesungguhnya, ada sedikit perbedaan.
  • Eklaim, untuk kemudahan klaim saldo Jaminan Hari Tua (JHT). Peserta yang telah memenuhi syarat dapat melakukan klaim JHT tanpa adanya kontak fisik.
  • Kartu digital, kartu peserta fisik dalam jenis digital.
  • Pelaporan kecelakaan kerja, digunakan untuk pelaporan kecelakaan saat sedang kerja secara real time dengan cara upload bukti gambar kecelakaan, nomor identitas, nama pekerja, lokasi kejadian, apa yang ingin dilaporkan dan klik tombol kirim. Selanjutnya akan ada tindakan lebih lanjut dari pihak BPJS Ketenagakerjaan.
  • Informasi lengkap 4 program BPJS TK, mulai dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), hingga Jaminan Pensiun (JP).
  • Mitra Layanan, Pins bisa menemukan mitra layanan kesehatan untuk memilih rumah sakit kerjasama PLKK BPJS Ketenagakerjaan, dengan memilih Provinsi dan Kabupaten tempat tinggal.
  • Informasi Kantor Cabang, kamu dapat mengetahui informasi mengenai kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan seluruh Indonesia.
  • Layanan Pengaduan, layanan pengaduan dibuat untuk kamu yang memiliki masalah terkait kepesertaan maupun perusahaan yang belum terdaftar.

Tidak hanya sampai disitu tersedianya berita terkini terkait ketenagakerjaan dan kepesertaan pada aplikasi yang dapat Pins nikmati. Sehingga, kalian tidak ketinggalan berita terkini terkait ketenagakerjaan dan layanan online dari aplikasi mulai pukul 06.00 hingga 22.00 di jam. BPJS TK pun masih terus berinovasi menghadirkan layanan lainnya untuk kemudahan para pekerja.

Langkah-Langkah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara cek BPJS TK bisa dilakukan dalam dua cara yang mudah yaitu, lewat aplikasi maupun website.

Melalui Aplikasi

Untuk melakukan cek BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi, saldo dapat terlihat dengan cara berikut:

  • Unduh aplikasi dengan link yang telah disebutkan.
  • Kemudian, buka aplikasinya dan klik login.
  • Masukan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Klik menu ‘Lihat Saldo’ 
  • Kemudian informasi mengenai saldo milik Pins akan tertera pada layar telepon genggam milik kamu.

Melalui Website

Selain lewat aplikasi BPJS TKU, kamu juga dapat melakukan cek bpjs tk melalui website dengan cara sebagai berikut:

  • Buka situs resmi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Bila kamu sudah mempunyai akun, Pins hanya perlu mengisi email dan password, dan klik login.
  • Setelahnya akan muncul nomor kepesertaan dan nama pada halaman utama.
  • Pilih menu ‘Lihat Saldo JHT (Jaminan Hari Tua)’.
  • Informasi mengenai saldo yang telah dimiliki akan tertera pada layar. Dengan cara ini kamu pun bisa cek saldo bpjs ketenagakerjaan tanpa aplikasi.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Cek BPJS TK kini lebih mudah dan nyaman hanya lewat genggaman. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel