Pinhome

Catatan Akuntansi: Pengertian, Memahami, dan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 28 July 2021 ∙ 4 menit membaca

Bagi anda yang baru belajar dalam bidang akuntan mungkin hal-hal berikut akan bermanfaat bagi anda. Dalam artikel ini kita akan mencoba mengulas apa itu catatan Akuntansi, memahami lebih jauh, sekaligus mengetahui apa saja jenis-jenisnya.

Untuk itu silahkan dibaca sampai selesai, mungkin saja sedikit banyak ada manfaatnya. Setelah membaca tulisan ini Anda akan lebih memahami mengenai Akuntansi dan sistemnya.

Pengertian

Catatan akuntansi adalah semua dokumentasi dan pembukuan yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan atau catatan yang relevan dengan audit dan tinjauan keuangan. Catatan akuntansi mencakup catatan aset dan kewajiban, transaksi moneter, buku besar, jurnal, dan dokumen pendukung seperti cek dan faktur.

Catatan Akuntansi

Baca juga: Cara sukses menjalankan bisnis kecil terencana

Memahami Catatan Akuntansi

Aturan dan undang-undang umumnya berlaku untuk memaksa entitas akuntansi dan kantor akuntan untuk menyimpan catatan akuntansi untuk jangka waktu tertentu. Di AS, Securities and Exchange Commission (SEC) mensyaratkan bahwa kantor akuntan menyimpan catatan dari audit dan tinjauan selama setidaknya tujuh tahun dan bahwa mereka menyimpan catatan yang mendukung atau meragukan kesimpulan audit.

Tidak ada kesepakatan universal mengenai kumpulan dokumen bisnis mana yang terdiri dari satu set catatan akuntansi yang komprehensif.

Catatan akuntansi dapat dianggap sebagai istilah umum. Pihak yang berbeda, seperti kreditur, investor ekuitas, atau kelompok yang tertarik dengan tata kelola perusahaan akan memiliki prioritas yang berbeda, dan seringkali bersaing; tuntutan atau preferensi mereka untuk dokumentasi akan terus berubah.

Pada titik yang berbeda dalam siklus ekonomi atau bisnis , pihak yang menuntut catatan akuntansi akan mengubah permintaan informasi mereka berdasarkan posisi dalam siklus. Misalnya, pada awal kenaikan dalam siklus bisnis, permintaan laporan keuangan mungkin kuat, karena investor ekuitas sedang bullish.

Sebaliknya, selama penurunan siklus bisnis, kreditur mungkin memerlukan rincian lebih lanjut seputar item neraca, karena mereka menjadi lebih ragu untuk memberikan kredit.

Singkatnya, catatan akuntansi dan bahkan metode akuntansi terus berkembang mengikuti perubahan sifat bisnis dan permintaan informasi dari pelaku pasar yang tertarik.

Baca juga: Business plan: Pengertian, Alasan, Bagian penting, dan Download template

Jenis Catatan Akuntansi

Catatan akuntansi umumnya datang dalam dua bentuk: entri tunggal dan entri ganda . Sesuai namanya, entri tunggal adalah metode yang jauh lebih sederhana, yang berfungsi lebih baik untuk operasi yang lebih kecil. Metode entri ganda lebih kompleks dan membutuhkan dua entri, satu kredit dan satu debit, untuk setiap transaksi yang dilakukan bisnis.

Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan pembukuan dan memperhitungkan pergerakan uang tunai melalui suatu organisasi. Ini terutama dilakukan di perusahaan besar, yang membantu menemukan kesalahan dan potensi penipuan.

Jenis khusus dari catatan akuntansi yang direview terdiri dari transaksi, jurnal, buku besar, neraca saldo, dan laporan keuangan perusahaan.

1. Transaksi

Transaksi adalah titik awal untuk setiap catatan akuntansi. Ini adalah katalis untuk seluruh proses yang menunjukkan barang apa pun yang dibeli atau dijual, disusutkan, dll., Yang ditransaksikan oleh bisnis.

2. Jurnal

Jurnal mencatat semua transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Jurnal dapat mencakup semua transaksi keseluruhan perusahaan atau mungkin ada jurnal yang berbeda untuk area perusahaan yang berbeda. Satu-satunya kebutuhan adalah jurnal selalu diperbarui dan semua transaksi dicatat dengan cara tertentu.

3. Buku Besar

Buku besar adalah perpindahan transaksi dalam jurnal ke tempat yang ditentukan dalam buku besar yang digariskan berdasarkan jenis transaksi. Hal ini memudahkan untuk menyisir transaksi dan mengkategorikannya dengan benar dalam penyusunan neraca saldo dan akhirnya laporan keuangan.

4. Neraca Percobaan

The neraca saldo adalah penjumlahan dari semua kredit dan debet dalam siklus bisnis. Setelah langkah ini selesai, semua entri harus seimbang. Jika tidak, ini dapat mengungkapkan kesalahan yang harus diperbaiki atau kemungkinan penipuan. Ini akan menjadi penting untuk menentukan pemutusan.

5. Laporan keuangan

Laporan keuangan adalah bagian terakhir dari dokumen yang terdiri dari komponen semua dokumen akuntansi lainnya. Laporan keuangan adalah apa yang akan diberikan kepada publik dan badan pengatur untuk dilihat. Analis investasi dapat meninjau laporan keuangan untuk sampai pada pemikiran mereka tentang perusahaan.

Badan pengatur dapat meminta dokumen akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang perusahaan.

Baca juga: Business plan: Pengertian, Alasan, Bagian penting, dan Download template

Kesimpulan

  • Catatan akuntansi adalah semua dokumen yang terlibat dalam mempersiapkan laporan keuangan untuk sebuah perusahaan.
  • Badan pengatur tertentu mengharuskan perusahaan untuk menyimpan catatan akuntansi mereka selama beberapa tahun jika perlu ditinjau.
  • Catatan akuntansi sering ditinjau untuk audit, pemeriksaan kepatuhan, atau kebutuhan terkait bisnis lainnya.
  • Jenis catatan akuntansi termasuk transaksi, buku besar, neraca saldo, jurnal, dan laporan keuangan.

Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Villa Rizki Ilhami di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia