10 Motif Cat Dinding 3D Sederhana

Pinhome

10 Motif Cat Dinding 3D Sederhana

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 14 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Pinhome menemukan beberapa inspirasi kreatif untuk menghias tembok rumah kamu menjadi lebih menarik. Salah satunya dengan mengaplikasikan cat dinding 3D sederhana. Beberapa inspirasi berikut ini mungkin tidak bisa kamu lakukan sendiri di rumah tetapi cobalah untuk memperhatikan terlebih dahulu motif dan teknik pengaplikasiannya. 

Ada beragam motif cat dinding 3D sederhana yang bisa kamu aplikasikan untuk membuat interior rumah lebih hidup. Dalam mengaplikasikan motif-motif 3D tersebut, kamu juga perlu menyesuaikan dengan konsep desain interior hunian.

Motif Cat Dinding 3D Sederhana

Beberapa inspirasi ini bisa jadi cocok untuk dicoba di kamar remaja ataupun ruang bermain anak. Yuk lihat beberapa inspirasi teknik melukis 3D berikut ini yang bisa diaplikasikan pada tembok rumah.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Motif Garis Tembok dengan Mudah dan Rapih

Desain Sisik Ikan

(Liveplayeat)

Motif ini dibuat hanya menggunakan stensil buatan tangan dan beberapa cat semprot. Teknik satu ini bisa mengubah dinding yang polos dan membosankan, menjadi karya yang benar-benar menarik. Caranya mudah, kamu hanya perlu membuat cetakan stensil berbentuk setengah lingkaran, dan menyemprotkan cat semprot pada dinding dengan cetakan tersebut satu persatu hingga seluruh dinding tertutupi dengan motif sisik ikan. Penggunaan desain motif ini untuk ruangan kamu membuat sensasi ruangan terasa seperti di bawah air bukan, Pins?

Motif Bata

(Liveplayeat)

Motif cat dinding 3D sederhana berikut ini benar-benar merupakan hasil dari ilusi optik. Untuk menghasilkan motif 3D seperti ini, kamu perlu menggunakan teknik yang hampir serupa dengan teknik motif sisik ikan. Hanya saja yang membedakannya adalah teknik ini menggunakan batang persegi panjang sebagai cetakan stensilnya. Teknik pembuatan motif bata ini hanya memerlukan keterampilan tangan, cetakan dan sekaleng cat semprot untuk menciptakan efek yang menakjubkan.

Baca Juga: Menghitung Biaya Bongkar Dinding Bata

Motif Batik

(Liveplayeat)

Kalau kamu pernah mencoba belajar membatik, pasti kamu cukup familiar dengan motif ini. Motif berikut ini adalah motif batik yang paling sederhana. Masih menggunakan teknik cetakan stensil, motif berikut adalah salah satu teknik melukis yang terlihat berbeda dari jauh. Dari kejauhan, motif batik terlihat seperti bunga, namun jika melihat lebih dekat gambaran yang berbeda akan muncul. Menarik sekali bukan?

Baca Juga: Cara Menggunakan Batik Untuk Dekorasi Rumah

Motif Gelembung

(Liveplayeat)

Motif cat dinding sederhana berikut ini cocok untuk digunakan pada kamar anak. Motif gelembung-gelembung mengambang ini terlihat sangat ajaib bukan? Dengan teknik pembuatannya yang tidak terlalu sulit, namun hasilnya bisa membuat kamu tercengang. 

Tahap awal kamu harus mengaplikasikan warna cat dasar seperti warna biru langit, kemudian diatas warna dasar tersebut kamu bisa mengaplikasikan teknik stensil. Namun untuk menghasilkan motif gelembung ini kamu hanya perlu membuat cetakan berbentuk bulat, kemudian semprotkan cat semprot pada cetakan bulat tersebut.

Motif Blok Warna-warni

(Decorcity)

Motif blok 3D berwarna-warni ini menghasilkan tampilan ruangan menjadi dinamis dan sekaligus cerah secara bersamaan. Blok warna-warni membuat pertunjukan cahaya yang menarik dalam kenyamanan kamar tidur. Untuk pembuatan motif blok ini tidak lagi menggunakan teknik stensil, Pins bisa membuatnya dengan teknik mural ataupun penggunaan wallpaper dinding.

Motif Dinding Geometris

cat dinding 3d sederhana
(Gmboel)

Pilihan inspirasi cat dinding 3D sederhana berikut ini bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menggunakan perpaduan warna-warna seperti biru dan abu-abu, atau juga bisa menggunakan beberapa tingkatan warna yang berbeda. Teknik pembuatan motif ini cukup mudah, Pins hanya perlu menggunakan masking tape dan cat tembok berwarna cerah.

Hal yang perlu Pins perhatikan adalah ukuran ruangan saat kamu membuat pola geometris. Jika ukuran ruangan tidak terlalu besar, hindari menerapkan pola geometris yang kecil dan cenderung berjumlah banyak. Motif tersebut hanya akan membuat ruangan terlihat sempit dan ramai.

Motif Mural Untuk Langit-langit

cat dinding 3d sederhana
(Pulaton.storenvy)

Langit-langit ruangan dapat menjadi lebih indah ketika direplikasi dengan ilusi optik. Ilusi optik ini dapat memberikan sensasi keagungan pada ruang demi ruang dalam hunian. Untuk menghasilkan motif ini diperlukan kreativitas dan bakat mural tersendiri.

Baca Juga: Ragam Contoh Gambar Lukisan Tembok Keren untuk Rumahmu yang Ceria

Motif Ilusi Kedalaman

cat dinding 3d sederhana
(Blog.mozaico)

Ide cat dinding 3D sederhana berikut ini adalah dengan membuat ilusi kedalaman ruangan. Dengan motif ini, Pins bisa menambahkan ilusi ruangan menjadi terlihat lebih besar. Penggunaan desain 3D tidak memerlukan warna-warna yang beragam hanya memerlukan keahlian mural khusus dalam membuat lukisan ilusi.

Motif Papan Kayu

cat dinding 3d sederhana
(Renoguide)

Bila Pins menyukai motif papan kayu berwarna yang ditempatkan di dinding, ide penerapan desain dinding papan kayu yang dicat ini bisa memberikan tampilan yang menarik. Kamar akan terlihat tidak biasa dan tentunya unik. Warna-warna cerah seketika mengangkat suasana kamar tidur yang cenderung monoton menjadi menakjubkan. Tambahkan fitur dinding dengan beberapa lampu sorot untuk menambah suasana lebih dramatis.

Motif Sudut

cat dinding 3d sederhana
(Clemaroundthecorner)

Motif cat dinding 3D sederhana yang terakhir adalah motif yang cukup simple. Hanya dengan menaruhkan aksen simple ataupun abstrak pada sudut pintu dapat menghasilkan ilusi optik tersendiri. Untuk menghasilkan motif ini pun tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan keterampilan melukis tersendiri.

Nah, itulah beberapa inspirasi cat dinding 3D sederhana yang bisa kamu contoh untuk menghidupi ruangan dalam hunian. Semoga dari inspirasi di atas, kamu dapat membuat dinding ruangan hunian terlihat lebih bergaya dan indah apalagi dengan ide-ide kreatif milik kamu sendiri. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Ide Kreatif Membuat Kerajinan dari Bambu (dapat Dijadikan Ide Bisnis)


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel