Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Cari Tahu Apa itu Refleksi Diri dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Kesehatan

Cari Tahu Apa itu Refleksi Diri dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 20 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Refleksi diri, dua kata yang sering diucapkan, namun jarang dimengerti. Bahkan beberapa orang merasa, bahwa refleksi diri hanya dilakukan ketika di akhir tahun, disaat pergantian tahun. Dari refleksi, kemudian dilanjutkan ke resolusi. Nah, sebenarnya, apa sih dari arti kata refleksi itu sendiri?

Pinhome – Melakukan refleksi bisa saja menjadi upaya untuk mengenal diri sendiri. Artinya Anda akan melalui proses untuk merenungkan semua yang telah Anda lakukan, mengevaluasi segala perbuatan dan tindakan Anda, hingga menentukan langkah ke depan untuk memperbaiki diri Anda. Apa itu refleksi mungkin menjadi pembahasan sederhana namun mempunyai makna yang sangat dalam jika ditelusuri lebih dalam.

Baca Juga: Beberapa Tips Bagaimana Cara Menghormati Pendapat Temanmu

Pengertian Refleksi

(Rebanas)

Apa sih arti dari refleksi? Refleksi yang dimaksud disini bukan pijat refleksi, ya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, tahun 2012-2019, refleksi maksudnya adalah : (1) gerakan, pantulan di luar kemauan (kesadaran) sebagai jawaban suatu hal atau kegiatan yang datang dari luar; (2) gerakan otot (bagian badan) yang terjadi karena suatu hal dari luar dan di luar kemauan atau kesadaran; dan (3) cerminan gambaran. Nah, dari pengertian KBBI online ini akan menjadi dasar pengembangan selanjutnya terhadap pemaknaan refleksi diri.

Baca Juga: Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah Lain Untuk Terciptanya Keselarasan?

Refleksi diri adalah sebuah tindakan untuk menilai dan mengkaji diri sendiri, berdasarkan kebiasaan, dan perilaku yang selama ini kita lakukan. Secara spesifik, refleksi diri dapat dilakukan untuk menilai aktivitas sehari-hari.

Selain itu, dapat diartikan juga, refleksi diri merupakan bagian dari proses introspeksi diri, dengan jalan melihat kembali dan merenungkan berbagai hal yang telah terjadi di dalam hidup. Refleksi diri bisa membantu Pins untuk menjalani hidup yang lebih baik kedepannya. Kenapa bisa begitu?

Manfaat Refleksi

apa itu refleksi
(Lokadata)

Pada dasarnya, refleksi diri itu memiliki banyak manfaat. Ketika melakukan proses refleksi, kita akan melakukan proses perenungan dan menganalisa diri sendiri tentang kebiasaan, pikiran, dan perasaan serta keputusan yang telah dibuat. 

Nah Pins, kita bahas yuk, beberapa manfaat refleksi diri sendiri :

Memahami kelebihan dan kekurangan diri

Ketika kita melakukan refleksi diri, Pins akan jujur dengan diri sini, sehingga Pins akan paham kelebihan kekurangan dari diri sendiri. Ketika kita mengetahui kekurangan diri sendiri, kita tidak harus selalu menyalahkan diri sendiri. Kenapa? Ketika kita mengetahui kekurangan diri sendiri, maka itulah saatnya kita mengetahui batasan atau kemampuan dari diri sendiri. Sementara ketika kita mengetahui kelebihan diri sendiri, Pins akan paham, bagaimana mengembangkan kelebihan diri sendiri menjadi sesuatu yang nyata.

Mengenali pola kebiasaan yang sering dijalani

Pins pasti mempunyai kebiasaan yang sering dijalani. Beberapa kebiasaan tersebut berguna bagi diri sendiri, namun ada juga beberapa kebiasaan yang merugikan diri sendiri. Kebiasaan yang menguntungkan diri sendiri contohnya adalah, selalu mencatat apa-apa yang akan dilakukan, sehingga meminimalisir kejadian lupa.

Sementara kebiasaan negatif contohnya adalah terbiasa mengerjakan segala sesuatunya di menit-menit akhir. Mungkin Pins akan merasa, ketika di menit-menit akhir tersebut muncul ide-ide brilian, namun sebenarnya Pins bisa mencari tahu, kejadian apa saja atau suasana yang bagaimana, yang bisa membuat ide-ide brilian itu muncul.

Mendapatkan pelajaran berharga

Ketika Pins melakukan refleksi diri, pasti akan selalu menemukan pelajaran yang berharga. Menemukan sebuah perspektif atau pandangan baru. Hal-hal seperti inilah yang akan menumbuhkan sikap-sikap optimis akan masa depan. Seperti kata pepatah, what doesn’t kill you makes you stronger.

Paham apa yang terbaik untuk diri sendiri

Ketika Pins sudah melakukan refleksi diri dengan baik, satu hal yang pasti akan didapat adalah, Pins akan paham apa yang terbaik untuk diri sendiri. Menjadi yang terbaik untuk diri sendiri tentu saja berbeda-beda kriteria, tergantung dengan kebutuhan masing-masing individu. 

Satu hal yang perlu diingat adalah, tiap-tiap manusia bukanlah seorang superman, yang selalu sempurna di segala tindakannya.

Cara Menerapkan Refleksi Diri

apa itu refleksi
(Cantik Tempo.co)

Setelah mengetahui manfaat dari refleksi diri, pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana caranya menerapkan refleksi diri sendiri di kehidupan sehari-hari. 

Mempersiapkan pertanyaan penting

Pins wajib mempersiapkan pertanyaan penting ketika akan merefleksi diri sendiri. Contohnya adalah :

  • Apa kekurangan dari sendiri?
  • Apa kelebihan dari diri sendiri?
  • Apa penyesalan terbesar?
  • Bagaimana kita bisa menjadi lebih baik?
  • Apa cara yang paling yang disukai untuk menjalani hari?
  • Apa yang dari masa lalu ingin di rubah di saat ini?

Pertanyaan-pertanyaan ini biasanya juga muncul di sesi interview sebuah pekerjaan. Dengan semakin kenal Pins terhadap diri sendiri, maka kesempatan untuk berkembang akan lebih besar.

Gunakan metode evaluasi yang sudah ada

Pins sudah mempersiapkan pertanyaan-pertanyaannya, kemudian saatnya Pin melakukan refleksi diri dengan metode yang tepat. Pins bisa melakukan dengan bermeditasi, atau berjalan-jalan, atau sambil lari-lari. Disaat seperti itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang sudah dipersiapkan dengan jujur. 

Pins akan menemukan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sudah dipersiapkan, kemudian terapkan pada kehidupan sekarang.

Jadwalkan waktu pasti untuk refleksi diri

Untuk hasil yang maksimal, Pins wajib menjalan refleksi diri secara berkala dan teratur. Tidak harus lama, sampai 1 jam. 10 menit pun cukup, namun konsisten. Dengan begitu, Pins akan semakin mengenali diri sendiri. Dan yang perlu diingat, merefleksi diri bukan berarti menyalahkan diri sendiri ya.

Refleksi diri akan menjadi bagian penting untuk memahami dan mengetahui tentang arti dari kehidupan. Nah Pins, refleksi diri ini dilakukan agar bisa berkembang dan membuat perubahan lebih baik di masa mendatang. Jangan untuk menyalahkan diri sendiri ya.

Menulis Jurnal

Menulis jurnal ternyata bisa menjadi salah satu metode untuk refleksi diri. Metode ini menggabungkan aktivitas menulis dan merilis segala emosi yang ada di pikiran Anda melalui tulisan. Cobalah siapkan buku tulis atau buku diary. Lakukan penulisan jurnal setiap hari untuk menceritakan apa saja yang Anda lalui dalam sehari. Anda bisa menceritakan kisah atau pengalaman Anda selama bekerja di kantor seharian, apa yang Anda alami saat di perjalanan berangkat dan pulang kantor hingga hal-hal lain yang Anda masih ingin capai di masa depan.

Nah itu saja beberapa hal tentang apa itu refleksi dan bagaimana melakukan refleksi diri. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Tags :

Bagikan Artikel