Pinhome

Cara Simpel Translate File PDF Melalui Aplikasi & Online

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 18 July 2022 ∙ 8 menit membaca

Mungkin kamu sedang mencari referensi untuk jurnal, karya ilmiah, tugas, atau sejenisnya, namun yang kamu dapatkan malah dokumen yang berbahasa inggris. Sehingga kamu kesulitan untuk memahaminya, padahal dokumen tersebut adalah salah satu sumber referensi satu-satunya.

Jika iya, kamu tidak usah khawatir, karena dokumen (PDF) tersebut sebenarnya bisa dengan mudah di terjemahkan atau di-translate dari bahasa Inggris atau bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia. Banyak metode translate dokumen PDF yang bisa kamu pakai, seperti menggunakan aplikasi, melalui situs (online) dan sebagainya.

Untuk transalate bahasa asing atau bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia biasanya hanya bisa menerjemahkan kata sampai kalimat saja. Tapi berbeda dengan translate PDF dengan metode-metode tersebut itu bisa menerjemahkan keseluruhan dokumen sekaligus, loh.

Cara Translate File PDF Melalui Aplikasi & Online

Untuk menerjemahkan atau translate file PDF kamu tidak perlu menggunakan cara classic yang kurang efisien, yang mana harus menyalin setiap kata atau kalimat kemudian ditempel ke alat penerjemah ataupun Google Translate. Karena sekarang kita bisa langsung menerjemahkan seluruh isi dokumen PDF.

Cara translate file PDF bisa kamu lakukan melalui aplikasi atau melalui situs online penyedia layanan untuk menerjemahkan dokumen seperti dokumen PDF. Nah, buat kamu yang ingin translate file PDF dengan mudah, silakan ikuti metode-metode yang akan kamu ulas di bawah ini.

Melalui Microsoft Word

Aplikasi Microsoft Word di PC atau laptop kamu ternyata bisa digunakan untuk translate file PDF loh. Fitur translate ini tersedia pada versi Microsoft Word 2013 ke atas, jadi sebelum menggunakannya pastikan kalau kamu sudah memiliki Word dengan versi tersebut ya.

Jika sudah, kita langsung ke cara translate file PDF menggunakan Microsoft Word:

  1. Pertama, silakan kamu cari dulu file PDF yang akan diterjemahkan di penyimpanan laptop atau PC kamu.
  2. Jika sudah ketemu, silakan klik kanan pada file PDF tersebut, kemudian pilih Open With dan klik menu Choose Another App.
  3. Setelah itu, pilihlah aplikasi Microsoft Word untuk membuka file PDF tersebut.
  4. Setelah Word terbuka, silakan klik tab Review, kemudian klik Translate dan pilih menu Translate Document.
  5. Jika sudah, maka akan muncul menu Translator di sidebar bagian kanan. Nah, pada bagian Translate From silakan pilih bahasa awal.
  6. Kemudian pada bagian Translate To silakan kamu pilih bahasa tujuan atau bahasa terjemahan.
  7. Setelah itu, silakan klik tombol Translate untuk mulai menerjemahkan dokumen.
  8. Selanjutnya tinggal menunggu proses translate dokumen selesai, dan jika sudah maka kamu akan diarahkan ke halaman dokumen baru hasil terjemahan.
  9. Done.

Catatan: Apabila kamu mendapati kendala ketika melakukan translate metode tersebut, ada kemungkinan Word yang kamu pakai belum support menerjemahkan file PDF, sehingga kamu perlu mengubah file PDF tersebut ke file Word atau docx.

Untuk cara mengubah atau convert file Word ke PDF pernah saya bahas pada website ini, pada artikel dengan judul cara mengatasi PDF tidak bisa dibuka.

Melalui Google Drive

Google Drive merupakan salah satu layanan dari Google yang biasa kita gunakan untuk menyimpan file tertentu. Disamping itu, ternyata Google Drive bisa kita gunakan untuk translate file PDF, loh. Nah, untuk melakukannya kamu bisa menggunakan Google Drive online (website).

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka browser pada perangkat kamu, bisa menggunakan komputer atau HP.
  2. Setelah itu, silakan buka situs Google Drive Online kemudian silakan sign in menggunakan akun kamu. Jika belum punya akun Google Drive, kamu bisa membuatnya saat itu juga.
  3. Jika sudah, silakan kamu klik pada tombol baru (ikon plus) yang terletak di pojok, kemudian klik opsi Upload Files.
  4. Selanjutnya, silakan cari dokumen PDF yang akan kamu terjemahkan dari penyimpanan perangkat kamu.
  5. Setelah ketemu filenya, silakan klik pada file tersebut dan klik opsi Open.
  6. Tunggulah proses upload file PDF selesai.
  7. Jika sudah, refresh halaman terlebih dahulu, setelah itu silakan klik kanan dan klik Buka dengan kemudian pilih Google Dokumen.
  8. Sesudah itu, maka secara otomatis file PDF akan terbuka di halaman Google Docs. Pada bagian ini silakan klik tab Alat kemudian klik menu Terjemahkan Dokumen.
  9. Selanjutnya, silakan kamu pilih bahasa tujuan. Contohnya pada gambar di bawah ini saya ingin menerjemahkan PDF bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.
  10. Jika sudah tinggal klik tombol Terjemahkan untuk mulai menerjemahkan file PDF tersebut.
  11. Tunggu sampai proses translate selesai, dan setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman hasil terjemahan.
  12. Pada bagian ini, kamu bisa menyimpannya dengan menekan File > Save As > cari tempat file akan disimpan > klik Save.
  13. Selesai.

Hasil terjemahan dengan Google Drive biasanya kalimatnya kurang tertata, jadi sebaiknya kamu periksa terlebih dahulu dan sesuaikan sedikit kalimatnya agar terlihat lebih rapi dan bagus.

Lewat Aplikasi PDF Document Translator

Selain menggunakan salah satu tools Google yakni Google Drive, kamu bisa juga menggunakan situs khusus untuk translate file PDF seperti Online Document Translator. Situs ini bisa menerjemahkan dokumen PDF dengan cepat dan mudah, dengan tetap mempertahankan layout format dokumen ke dalam bahasa apa pun.

Berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Buka browser pada perangkat kamu terlebihd dahulu, kemudian buka situs onlinedoctranslator.com.
  2. Setelah terbuka, silakan scroll ke bawah dan klik menu Terjemahkan Sekarang.
  3. Pada halaman baru yang terbuka, silakan klik Upload File.
  4. Kemudian lanjut pilih file PDF yang ingin diterjemahkan. Setelah itu, silakan klik file tersebut dan pilih opsi Open.
  5. Tunggulah sesaat sampai proses upload selesai dan situs akan mendeteksi secara langsung bahasa didalam file PDF tersebut. Tapi apabila bahasa yang terdeteksi belum tepat, silakan ubah ke bahasa yang sesuai.
  6. Selanjutnya kamu bisa langsung menekan tulisan To untuk mencari bahasa yang dituju (bahasa terjemahan).
  7. Setelah itu tinggal klik Terjemahkan dan tunggu proses translate sampai selesai.
  8. Langkah berikutnya kamu bisa menyimpan dokumen PDF yang sudah diterjemahkan dengan cara klik tulisan Download dokumen terjemah Anda yang berada di bawah opsi Konversi PDF ke Word.
  9. Terakhir, silakan pilih lokasi dimana kamu akan menyimpan hasil download dan setelah itu tinggal klik OK.

Cara translate PDF dengan metode satu ini sangatlah mudah, dan kamu tidak perlu melewati tahapan-tahapan yang agak panjang seperti pada metode Google Drive tadi.

Lewat Website Google Translate

Website Google Translate ternyata bisa kita gunakan untuk menerjemahkan dokumen PDF dalam bahasa asing ke bahasa Indonesia loh. Cara melakukannya pun mudah kok, kamu hanya perlu mengupload dokumen ke Google Translate kemudian bisa langsung diterjemahkan.

Untuk lebih detailnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka browser di PC atau HP kamu.
  2. Setelah itu, silakan akses website Google Translate.
  3. Kemudian pada halaman situsnya, silakan kamu pilih tab Dokumen.
  4. Selanjutnya, silakan klik tombol Jelajahi Komputer.
  5. Berikutnya adalah kamu harus mencari file PDF yang ingin diterjemahkan.
  6. Jika sudah ketemu, silakan klik opsi Open untuk mengupload PDF ke Google Translate.
  7. Jika sudah selesai di upload, silakan kamu pilih bahasa tujuannya, dengan cara mengubah bahasanya pada tab yang ada di sebelah kanan.
  8. Contohnya file dari dokumen saya bahasa Inggris (tab kiri) kemudian ingin diterjemahkan ke bahasa Indonesia (tab kanan).
  9. Selanjutnya silakan klik tombol Terjemahkan untuk mulai translate dokumen PDF.
  10. Untuk hasilnya, bisa kamu lihat pada halaman yang diarahkan Google Translate.
  11. Apabila kamu ingin menyimpan hasil terjemahannya, silakan copy paste saja isi dokumen tersebut ke Microsoft Word.
  12. Done.

Menggunakan Aplikasi PDF Translator

Apabila kamu ingin menerjemahkan file PDF ke bahasa lain di Android, maka kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama PDF Document Translator. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks, formulir, dan tabel PDF mereka dalam berbagai bahasa.

Untuk menggunakannya, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan instal terlebih dahulu aplikasi PDF Document Translator di Google Play Store.
  2. Setelah selesai menginstal, silakan kamu buka dan jalankan aplikasi PDF Document Translator tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi, silakan kamu ketuk pada tulisan Upload File.
  4. Setelah itu, silakan cari dan pilih file yang akan di translate ke bahasa lain dari penyimpanan HP kamu.
  5. Tunggu proses upload selesai, dan setelah itu aplikasi akan langsung mendeteksi bahasa asli dari file PDF tersebut.
  6. Selanjutnya, silakan kamu pilih bahasa tujuan atau bahasa terjemahan.
  7. Jika sudah, silakan ketuk opsi Translate untuk memulai proses terjemahan.
  8. Tunggulah sesaat sampai proses penerjemahan selesai, dan setelah itu kamu bisa langsung melihat hasilnya di layar Android.
  9. Apabila kamu ingin mengunduh hasil terjemahan, bisa dengan menekan tombol downloadn (ikon panah arah bawah) di pojok kanan atas.
  10. Selesai.

Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi PDF Document Translator ini membatasi penerjemahan PDF gratis maksimal tiga kali. Jadi, bila kamu ingin menerjemahkan lebih banyak maka harus menjadi pengguna premium terlebih dahulu.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kita mengenai cara simpel translate file PDF melalui aplikasi dan secara online. Oh ya, untuk semua metode yang kami tuliskan di atas bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ya.

Perlu kamu catat, metode translate file PDF di atas hanya mendukung penerjemahan file PDF dalam bentuk teks saja, dan untuk gambar atau foto tulisan dan sejenisnya, tidak didukung dengan metode translate di atas.

Mungkin itu dulu artikel yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia