Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Lifestyle

Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 18 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Selain orang dewasa, pilek juga dapat membuat bayi merasa tidak nyaman. Bayi akan menangis terus menerus jika mengalami kondisi tersebut karena tidak bernafas dengan baik.

Selain hidung yang tersumbat, sakit kepala, demam dan beberapa gejala tidak nyaman lainnya tentu membuat orang tua merasa cemas. Namun terkadang, pilek juga menjadi tanda bahwa bayi akan tumbuh gigi.

Untuk memastikan bahwa kondisi bayi kembali pulih berikut ada beberapa cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Posisikan Kepala Bayi Lebih Tinggi

Ketika bayi sedang tidur, usahakan posisi kepala bayi lebih tinggi dari badannya supaya lendir dalam saluran pernapasannya tidak menumpuk pada hidung si bayi dan membuatnya bernapas lebih baik.

Posisi ini juga dapat memudahkan lendir keluar secara alami dari hidung. Gunakan selimut atau bantal di belakang kepala untuk bisa membuat bayi dalam posisi tegak. Pastikan untuk menjaga si bayi saat kondisi ini supaya tidak terjatuh dari tempat tidur.

Baca juga : Penyebab Penyakit Meningitis Beserta Pencegahannya

Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di pagi hari saat sinar matahari masih hangat dapat membuat lendir yang mengental akan keluar secara alami. Lendir yang mengental dalam saluran pernapasan yang tidak dikeluarkan dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan.

Caranya tepuk sebentar pada bagian punggung bayi dengan lembut, hal ini akan sangat baik karena akan banayk lendir yang keluar dari hidung buah hati.

Pijat Bayi dengan Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Bawang merah dapat menghangatkan tubuh bayi. Kandungan alisin dan sulfurnya bermanfaat untuk mengatasi pilek. Maka dari itu, cobalah melakukan pemijatan yang lembut pada bayi.

Pijat tubuh bayi mulai dari perut hingga leher, kemudian bersihkan dengan handuk yang bersih. Cara ini juga dapat menurunkan demam pada si bayi.

Baca juga : Pola Makan Ibu Menyusui

Berikan ASI

Terkadang jalan satu-satunya untuk menghentikan tangisan bayi adalah dengan memberikannya ASI. Air susu ibu mengandung antibiotik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Cara ini dapat membantu bayi agar tidak terkena dehidrasi sehingga dapat meringankan sakit pilek atau hidung tersumbat.

Baca juga : Perbedaan Covid 19 Dengan Flu Biasa

Bersihkan Hidung Bayi dengan Handuk Bersih

Untuk bisa mengeluarkan lendir yang kental pada hidung bayi, cobalah gunakan handuk bersih dengan bahan tipis kemudian dipilih kecil. Lalu tarik semua lendir bayi secara perlahan.

Cara ini mungkin akan membuat bayi tidak nyaman, maka dari itu usahakan melakukannya dengan lembut.

Gunakan Humidifer untuk Kamar Bayi

Jika di rumah terdapat kamar khusus bayi, gunakan humidifer supaya kamar bayi menjadi tidak terlalu lembab. Kelembapan ruangan yang buruk dapat membuat pilek pada bayi semakin parah.

Selain itu, kamar yang lembap juga dapat menyebabkan pertumbuhan jamur sehingga tidka baik untuk pernapasan bayi. Jika tidak menggunakan humidifer, usahakan untuk membuat pitu kamar ataupun jendela pada pagi hingga siang hari supaya bisa terkena sinar matahari.

Sementara Waktu Hindarkan Bayi dari Udara Luar

Ketika bayi mengalami hidung tersumbat maka Anda bisa mencoba untuk tidak keluar rumah. Anda bisa membuka jendela dan pintu rumah dengan baik agar pergantian udara di dalam rumah bisa teratur.

Tapi sementara waktu jangan mengajak bayi keluar rumah. Cara ini sangat baik untuk membantu bayi tidak terkena penyakit menular atau penyakit infeksi dari udara dan menjaga agar bayi tidak terkena air hujan.

Cara ini juga sangat baik untuk membantu kondisi tubuh bayi agar tetap steril sehingga sakit pilek pada bayi tidak memburuk.

Gosok Dada Bayi dengan Bawang Putih Lembut

Selain bawang merah, bawang putih juga merupakan cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Bawang putih dapat membuat pernapasan bayi menjadi lebih baik. kamu bisa menggosok dada bayi dengan bawang putih.

Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat membuat lendir yang mengental di hidung bayi dapat luruh dan keluar dengan mudah sehingga hidung bayi lekas membaik.

Lakukan cara ini secara beberapa kali untuk memastikan hidung bayi kembali normal.

Pijat Bayi Secara Rutin

Melakukan pemijatan secara rutin merupakan cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi secara alami. Pilek disebabkan karena virus dan memicu infeksi pada saluran pernapasan bayi.

Pijatan pada tubuh bayi dapat merangsak titik dalam tubuh bayi sehingga menjadi lebih rileks. Cara ini efektif untuk meringankan gejala pilek dan masalah pencernaan lainnya.

Beri Hidung Bayi Minyak Kayu Putih atau Minyak Telon

Beri minyak telon atau minyak kayu putih dengan membaluri sekujur tubuhnya supaya terasa hangat. Cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan minyak telon ini sangatlah manjur dan aman untuk dicoba.

Untuk bagian hidung, cobalah teteskan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon kemudian dekatkan pada bagian hidung bayi sehingga dapat membantu membuat cairan pada hidung bayi keluar dengan cepat.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Migrain (Sakit Kepala Sebelah)

Perhatikan Suhu Ruangan Kamar Tidur Bayi

Atur selalu suhu ruangan kamar tidur bayi agar lebih hangat supaya bayi dapat bernapas dengan baik. Jika menggunakan AC maka cobalah untuk mematikan AC. Sebab bahaya AC bagi bayi juga bisa menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan seperti pilek.

Jauhkan Semua Sumber Alergi untuk Bayi

Jauhkan bayi dari hal-hal yang menjadi sumber alergi, seperti bulu binatang, suhu dingin, susu sapi, alergi debu atau yang lainnya.

Jika bayi memiliki alergi terhdaap hal-hal tersebut. maka usahakan untuk menjauhi sumber yang menjadi penyebab adanya infeksi saluran pada pernapasan si bayi. Perhatikan juga lingkungan sekitarnya.

Sebaiknya jauhi dari asap rokok yang dapat membuat bayi merasa sesak napas.

Baca juga : Narsistik atau Narsis Adalah … (dan Mitos Seputarnya)

Share juga apa yang menjadi menurut kamu di kolom komentar tentang cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui lebih banyak tentang cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Tags :

Bagikan Artikel