Pinhome

Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 23 February 2022 ∙ 6 menit membaca

Selain orang dewasa, pilek juga dapat membuat bayi merasa tidak nyaman. Bayi akan menangis terus menerus jika mengalami kondisi tersebut karena tidak bernafas dengan baik. Untuk memastikan bahwa kondisi bayi kembali pulih berikut ada beberapa cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Hidung tersumbat pada bayi memang kerap membuat orangtua merasa resah. Pasalnya kondisi ini memang membingungkan, terlebih jika kamu baru menjadi seorang ibu. Tapi jangan khawatir, berikut ini cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa kamu lakukan.

Posisikan Kepala Bayi Lebih Tinggi

cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Ketika bayi sedang tidur, usahakan posisi kepala bayi lebih tinggi dari badannya supaya lendir dalam saluran pernapasannya tidak menumpuk pada hidung si bayi dan membuatnya bernapas lebih baik.

Posisi ini juga dapat memudahkan lendir keluar secara alami dari hidung. Gunakan selimut atau bantal di belakang kepala untuk bisa membuat bayi dalam posisi tegak. Pastikan untuk menjaga si bayi saat kondisi ini supaya tidak terjatuh dari tempat tidur.

Baca juga : Penyebab Penyakit Meningitis Beserta Pencegahannya

Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di pagi hari saat sinar matahari masih hangat dapat membuat lendir yang mengental akan keluar secara alami. Lendir yang mengental dalam saluran pernapasan yang tidak dikeluarkan dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Caranya tepuk sebentar pada bagian punggung bayi dengan lembut, hal ini akan sangat baik karena akan banayk lendir yang keluar dari hidung buah hati.

Pijat Bayi dengan Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Bawang merah dapat menghangatkan tubuh bayi. Kandungan alisin dan sulfurnya bermanfaat untuk mengatasi pilek. Maka dari itu, cobalah melakukan pemijatan yang lembut pada bayi.

Pijat tubuh bayi mulai dari perut hingga leher, kemudian bersihkan dengan handuk yang bersih. Cara ini juga dapat menurunkan demam pada si bayi.

Baca juga : Pola Makan Ibu Menyusui

Berikan ASI

Terkadang jalan satu-satunya untuk menghentikan tangisan bayi adalah dengan memberikannya ASI. Air susu ibu mengandung antibiotik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Cara ini dapat membantu bayi agar tidak terkena dehidrasi sehingga dapat meringankan sakit pilek atau hidung tersumbat.

Baca juga : Perbedaan Covid 19 Dengan Flu Biasa

Bersihkan Hidung Bayi dengan Handuk Bersih

Untuk bisa mengeluarkan lendir yang kental pada hidung bayi, cobalah gunakan handuk bersih dengan bahan tipis kemudian dipilih kecil. Lalu tarik semua lendir bayi secara perlahan. Cara ini mungkin akan membuat bayi tidak nyaman, maka dari itu usahakan melakukannya dengan lembut.

Gunakan Humidifer untuk Kamar Bayi

Jika di rumah terdapat kamar khusus bayi, gunakan humidifer supaya kamar bayi menjadi tidak terlalu lembab. Kelembapan ruangan yang buruk dapat membuat pilek pada bayi semakin parah.

Selain itu, kamar yang lembap juga dapat menyebabkan pertumbuhan jamur sehingga tidka baik untuk pernapasan bayi. Jika tidak menggunakan humidifer, usahakan untuk membuat pitu kamar ataupun jendela pada pagi hingga siang hari supaya bisa terkena sinar matahari.

Hindari Bayi dari Udara Luar

Ketika bayi mengalami hidung tersumbat maka Anda bisa mencoba untuk tidak keluar rumah. Anda bisa membuka jendela dan pintu rumah dengan baik agar pergantian udara di dalam rumah bisa teratur. Tapi sementara waktu jangan mengajak bayi keluar rumah.

Cara ini sangat baik untuk membantu bayi tidak terkena penyakit menular atau penyakit infeksi dari udara dan menjaga agar bayi tidak terkena air hujan. Cara ini juga sangat baik untuk membantu kondisi tubuh bayi agar tetap steril sehingga sakit pilek pada bayi tidak memburuk.

Gosok Dada Bayi dengan Bawang Putih Lembut

Selain bawang merah, bawang putih juga merupakan cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Bawang putih dapat membuat pernapasan bayi menjadi lebih baik. kamu bisa menggosok dada bayi dengan bawang putih.

Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat membuat lendir yang mengental di hidung bayi dapat luruh dan keluar dengan mudah sehingga hidung bayi lekas membaik. Lakukan cara ini secara beberapa kali untuk memastikan hidung bayi kembali normal.

Pijat Bayi Secara Rutin

cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Melakukan pemijatan secara rutin merupakan cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi secara alami. Pilek disebabkan karena virus dan memicu infeksi pada saluran pernapasan bayi.

Pijatan pada tubuh bayi dapat merangsak titik dalam tubuh bayi sehingga menjadi lebih rileks. Cara ini efektif untuk meringankan gejala pilek dan masalah pencernaan lainnya.

Baca juga : Narsistik atau Narsis Adalah … (dan Mitos Seputarnya)

Beri Hidung Bayi Minyak Kayu Putih atau Minyak Telon

Beri minyak telon atau minyak kayu putih dengan membaluri sekujur tubuhnya supaya terasa hangat. Cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan minyak telon ini sangatlah manjur dan aman untuk dicoba.

Untuk bagian hidung, cobalah teteskan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon kemudian dekatkan pada bagian hidung bayi sehingga dapat membantu membuat cairan pada hidung bayi keluar dengan cepat.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Migrain (Sakit Kepala Sebelah)

Perhatikan Suhu Ruangan Kamar Tidur Bayi

Atur selalu suhu ruangan kamar tidur bayi agar lebih hangat supaya bayi dapat bernapas dengan baik. Jika menggunakan AC maka cobalah untuk mematikan AC. Sebab bahaya AC bagi bayi juga bisa menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan seperti pilek.

Jauhkan Semua Sumber Alergi untuk Bayi

Jauhkan bayi dari hal-hal yang menjadi sumber alergi, seperti bulu binatang, suhu dingin, susu sapi, alergi debu atau yang lainnya. Jika bayi memiliki alergi terhdaap hal-hal tersebut. maka usahakan untuk menjauhi sumber yang menjadi penyebab adanya infeksi saluran pada pernapasan si bayi. Perhatikan juga lingkungan sekitarnya. Sebaiknya jauhi dari asap rokok yang dapat membuat bayi merasa sesak napas.

Itulah beberapa cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi ya, Pins! Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia