Pinhome

Cara Ternak Murai Batu Sistem Poligami 1 jantan 3 Betina

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 13 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Tidak ada yang tidak mungkin karena semuanya bisa terjadi, begitu juga dalam peternakan. Agar ternak burung Murai Batu sukses, banyak kalangan peternak menerapkan teknik poligami. Mekipun Murai Batu menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini sehingga terjadi demo kicau mania terkait daftar burung yang dilindungi Indonesia.

Berhungan dengan teknik poligami Murai Batu, Artinya sama seperti poligami pada manusia, yakni seorang pria menikah dengan beberapa wanita. Nah, kali ini 1 ekor Murai Batu jantan diternak dengan 3 ekor Murai Batu betina sekaligus dalam satu kandang.

Sebenarnya, ternak Murai Batu sistem poligami bukan termasuk hal baru dalam dunia penangkaran. Namun, teknik poligami pada Murai Batu biasanya menggunakan beberapa kandang, bukan hanya satu kandang.

Cara Ternak Murai Batu Sistem Poligami

cara ternak murai batu sistem poligami

Masalah Umum Teknik Poligami Murai Batu

Jelas ini sulit diterapkan oleh beberapa penangkar Murai Batu. Pasalnya, burung Murai Batu merupakan burung tipe petarung yang sulit berjodoh dengan banyak burung betina. Walau sudah berjodoh pun kalau pejantan melihat betina lain, biasanya akan menghajar Murai Batu betina sampai mati.

Oleh karena itu, teknik poligami Murai Batu sering diterapkan dengan cara mengawinkan 1 Murai Batu jantan dengan 1 Murai Batu betina. Jika betina sudah bertelur, maka pejantan dipindah ke kandang betina lainnya, begitu seterusnya.

Cara seperti itu sudah dilakukan oleh beberapa penangkar dan terbilang sukses. Namun, ada juga cara poligami yang dilakukan di satu kandang yang sama. Jadi ada 4 ekor Murai Batu dalam kandang yang sama kemudian kawin bersama.

Apakah Murai Batu tadi tidak saling menyerang? Tentu pertanyaan seperti ini akan muncul mengingat burung Murai Batu sulit disatukan dengan Murai Batu lainnya. Murai Batu termasuk burung teritorial yang akan menjaga rumahnya agar tidak dikuasai burung lain.

Namun, ternyata ada rahasia yang membuat 1 Murai Batu jantan dan 3 Murai Batu betina tidak akan bertengkar dalam satu kandang. Mereka akan rukun dan akur karena Murai Batu jantan bisa berlaku adil terhadap semua Murai Batu betina.

Baca juga: Cara Ternak lovebird teknik poligami 1 jantan 3 betina

Rahasia Poligami Murai Batu Satu Kandang

cara ternak murai batu sistem poligami

  1. Ukuran kandang ternak teknik poligami 2 meter x 2 meter.
  2. Indukan Murai Batu betina harus dibiasakan dalam satu sangkar sejak masih kecil.
  3. Saat dijodohkan atau dipertemukan dengan Murai Batu jantan, sebaiknya Murai Batu betina sudah dalam kondisi siap atau pada masa-masa birahi.
  4. Peternak harus bisa mengenali karakter Murai Batu jantan. (Breeder yang sudah berpengalaman mungkin tidak kesulitan melakukannya).
  5. Murai Batu jantan harus yang sabar dan bukan tipe petarung. (Cukup sulit mencari Murai Batu seperti ini sehingga infonya dirahasiakan).

Untuk proses ternaknya sendiri, kamu bisa langsung mempraktekannya dengan 1 jantan dan 3 betina Murai Batu. Berhasil atau tidak, yang terpenting kamu akan mendapatkan pengalaman berharga untuk menjemput sukses di kemudian hari.

Jangan lupa menggunakan indukan Murai Batu jantan juara yang sering menang lomba. Seperti, Murai Batu Hercules, Ranger, Dewa, dan Sniper. Semua Murai Batu jawara tersebut akan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Demikianlah ulasan kali ini tentang cara ternak Murai Baru sistem poligami 1 jantan 3 betina, semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel