BlogLifestyleTeknologi3 Cara Menstabilkan Video di Adobe Premiere dengan Mudah
0
0

3 Cara Menstabilkan Video di Adobe Premiere dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Livina Hermawan dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Mei 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara stabilkan video di adobe premieretop-right-banner

Kamera atau cam recorder menjadi bawaan wajib ketika travelling maupun memotret foto rumah yang akan dijual melalui Titip Jual di Pinhome. Sayangnya, ada kalanya kamu mendapatkan hasil yang kurang memuaskan ketika melakukan dokumentasi atau merekam video. Kabar baiknya, Pins bisa menstabilkan video di Adobe Premiere Pro untuk hasil yang lebih baik lagi tanpa harus mengulang momen.

Beberapa dari Pins mungkin kurang familiar dengan aplikasi Adobe Premiere Pro. Namun, cara memakai software ini tergolong mudah tanpa bantuan orang lain, seperti videografer profesional. Cukup unduh dan instal aplikasinya di laptop atau PC dan kamu siap menstabilkan video favorit Pins.

Cara Menstabilkan Video di Adobe Premiere Pro

Video yang tidak stabil atau goyang tidak hanya dialami oleh masyarakat awam. Hal ini juga kerap terjadi oleh Pins yang ingin menjual rumah seken di Tangeran Selatan dan sekitarnya. Pada beberapa kesempatan mungkin kamu yang sudah terbiasa memegang kamera pun mengalami hal ini.

Untungnya, keberadaan keberadaan Adobe Premiere Pro bisa menjadi pahlawan penyelamat agar kualitas video yang kamu ambil lebih stabil. Sama seperti kehadiran Pinvalue yang memudahkan Pins dalam mencari estimasi harga rumah yang hendak dibeli. Berikut ini beberapa cara menstabilkan video di Adobe Premiere Pro yang bisa Pins coba di rumah.

Baca juga: 12 Aplikasi Menggabungkan Video Terbaik

Klik new project

menstabilkan video di adobe premiere

Pertama, Pins bisa buka Adobe Premiere Pro dan klik New Project. Setelah itu, tunggu sampai kotak dialog New Project terbuka dan beri nama file atau biarkan apa adanya. Klik OK di bagian bawah kotak dialog untuk membuat proyek baru.

Impor video

Selanjutnya, Pins bisa impor video yang ingin distabilkan. Caranya, klik File di menu dan pilih Import dari opsi. Pilih file yang ingin kamu import dan klik import di jendela explorer. Setelah melakukan import, Pins akan melihat file video di panel project. Seret ke sisi kanan ke timeline. Bila sudah, video Pins akan ditambahkan ke timeline dan bisa dilihat pada panel preview di atas.

Buka panel efek

menstabilkan video di adobe premiere
menstabilkan video di adobe premiere

Untuk membuka panel efek, klik tombol panah ganda di kanan atas panel proyek dan pilih Effects. Lalu, cari Warp Stabilizer di kotak pencarian panel Effects. Kamu akan menemukannya di bawah Distort. Klik dan seret ke video di timeline.

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan efek warp stabilizer ke video. Warp Stabilizer akan menganalisis latar belakang dan latar depan rekaman dan menstabilkannya dengan hasil terbaik. Ini akan memakan waktu beberapa menit berdasarkan RAM PC serta kualitas rekaman. Pins harus menunggu proses ini sampai selesai.

Setelah proses stabilisasi selesai, video akan terlihat normal tanpa efek goyang. Sekarang kamu dapat menyimpan video.

Untuk menyimpan video, klik File di menu dan pilih Export dari opsi. Kemudian, pilih Media dari opsi Export. Ini akan membuka kotak dialog ekspor. Atur kualitas video yang diinginkan berdasarkan kualitas video asli dan lokasi penyimpanan video. Kemudian, klik Export. Video akan disimpan di lokasi yang kamu pilih setelah mengkonfigurasi tergantung panjang serta kualitas video.

Baca juga: 16 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di iPhone Terupdate

Alasan perlu menstabilkan video di Adobe Premiere Pro

cara menjual rumah di internet
Source : Freepik

Video adalah salah satu media yang populer digunakan untuk dokumentasi. Entah itu untuk keperluan pribadi maupun komersil. Sayangnya, dalam proses pengambilan video terkadang ada beberapa hal yang mengganggu dan berakhir dengan kualitas video yang tidak bagus.

Gangguan yang terjadi ini seringkali juga tidak bisa kamu prediksi. Lantas, kenapa kamu perlu mempertimbangkan beberapa cara menstabilkan video di Adobe Premiere Pro di atas?

Momen langka

Pada dasarnya, ketika Pins merekam suatu kejadian atau moment, tidak ada jaminan bahwa hal tersebut akan terulang kembali kan?

Nah, jika kasusnya moment bisa terulang seperti pengambilan adegan film, re-take bisa langsung dilakukan. Namun, moment pernikahan, liburan, dan lain sebagainya tidak akan terulang. Meskipun kamu mengulangnya, pasti feelsnya akan berbeda.

Apalagi ada juga kemungkinan kamu menangkap moment langka di tempat asing yang perlu sekali untuk didokumentasikan. Skill untuk menstabilkan video di Adobe Premiere tadi bisa menjadi penyelamat sehingga memori di otak dan kamera tetap sinkron. Hasilnya kamu dan keluarga atau generasi di masa depan masih bisa menikmatinya.

Tuntutan pekerjaan

Beberapa video yang bertujuan untuk komersil misalkan tuntutan pekerjaan atau keperluan jual beli rumah juga sangat perlu diperhatikan kualitasnya. Tidak hanya dari segi audio saja, Pins perlu fokus pada kualitas video yang stabil, jernih, dan jelas.

Beberapa faktor alam atau ketidaksengajaan mungkin membuat hasil pengambilan video tidak stabil. Pins bisa memanfaatkan aplikasi bantuan untuk mengatasi masalah ini. Hasilnya, kamu tetap bisa cuan dan terlihat profesional meskipun saat pengambilan video ada hal-hal yang menggangu.

Cara menstabilkan video di Adobe Premiere Pro adalah proses yang sederhana jika Pins sudah paham langkah-langkahnya. Kini, kamu tidak perlu bingung lagi saat hasil video yang kamu ambil tidak stabil.

Selain itu, mempelajari Adobe Premiere Pro juga bisa kamu lakukan di waktu senggang. Siapa tahu, dari belajar otodidak ini kamu bisa jadi editor video, lho. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Baca juga: 11 Cara Edit Video di Laptop Dengan Atau Tanpa Aplikasi


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download