Cara Membuat Lovebird Konslet - Perawatan Lovebird - Pinhome

Pinhome

Cara Membuat Lovebird Konslet

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 16 September 2021 ∙ 7 menit membaca

Lovebird konslet adalah istilah untuk Lovebird yang bisa ngekek sambil memejamkan mata dengan durasi lebih dari satu menit. Membuat Lovebird konslet tidak bisa didapat dengan cara instan.

Semuanya butuh proses dalam merawat Lovebird yang konslet dengan sabar sehingga nantinya menjadi Lovebird jadi lebih baik. Supaya kesempatan untuk mendapatkan Lovebird konslet semakin besar, sebaiknya Pins lakukan dengan sistem koloni setidaknya 10 ekor atau lebih anakan Lovebird sekaligus.

Sesuai dengan namanya, membuat Lovebird konslet dengan sistem koloni akan lebih mudah dan memperbesar kesempatan untuk mencetak Lovebird konslet. Apakah bisa dengan mengandalkan satu Lovebird saja?

Baca Juga: Ciri-Ciri Lovebird Berkualitas

Bisa, namun kesempatannya tidak sebesar dengan sistem koloni. Apabila gagal, maka harus mengulang lagi dari awal.

Berbeda ceritanya jika Pins langsung merawat 10 ekor Lovebird. Pastinya, dari sekian banyak Lovebird tersebut ada yang Konslet. Sisanya bisa untuk latihan sistem koloni atau dijual lagi. Tak ada ruginya membeli banyak Lovebird sekaligus.

cara membuat lovebird konslet
(Unsplash)

Syarat Membuat Lovebird Konslet

  • Siapkan 10 ekor atau lebih anakan Lovebird.
  • Burung Lovebird berusia 2 bulan agar mudah dilatih.
  • Pilih Lovebird jinak dan tidak mudah kaget.
  • Lovebird harus mempunyai mental petarung dan tidak penakut.
  • Burung Lovebird terlihat ceria dan suka mengeluarkan suara.

Menjodohkan Lovebird Konslet

Semua Lovebird dimasukkan kandang koloni yang besar. Kandang tersebut diberi permainan dan tangkringan yang banyak. Tunggu selama seminggu. Lovebird tadi masing-masing akan mengelompok jadi berpasang-pasangan secara alami.

Apabila Pins sudah melihat ada sepasang Lovebird yang mesra, segera ambil dan pindahkan ke kandang bulat. Cari lagi sampai ditemukan banyak pasangan Lovebird. Jika ditunggu lama tidak jodoh, masukkan anakan Lovebird yang baru.

Ulangi cara tersebut sampai ditemukan paling tidak 4 pasang Lovebird atau lebih. Kemudian sisanya Pins bisa menjual burung Lovebird yang tidak mau dijodohkan.

Mengatur Formasi Kandang Lovebird Konslet

Setelah terkumpul 4 pasangan Lovebird di sangkar bulat. Pins dapat mengatur formasi sangkar menjadi bentuk persegi seperti sedang rapat.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Lovebird Rajin Ngekek Panjang di Lomba

Jarak antar kandang satu dengan kandang lainnya dibuat berdekatan saja, sekitar 20 cm. Lokasinya bisa di belakang rumah dengan pemandangan matahari terbit. Dengan begitu, setiap pagi Pins tidak perlu melakukan pengembunan lagi.

Semua kerodong Lovebird dibuka tapi jangan sampai koloni Lovebird ini melihat burung lain selain 4 pasang Lovebird dalam formasi segi empat.

Intinya, koloni ini sudah paten dan berpasang-pasangan. Jadi, pasangannya jangan ditukar-tukar atau ditambah anggota koloni baru. Kalau Pins membeli burung Lovebird baru sebaiknya buatkan koloni baru dengan cara yang sama.

Setelah membentuk formasi segi empat, tunggu beberapa hari sampai ada Lovebird yang terlihat suka berkicau atau ngeriwik. Apabila Pins sudah menemukannya lanjut ke perawatan atau setingan Lovebird Konslet.

Perawatan Harian untuk Membuat Lovebird Konslet Sistem Koloni

Untuk perawatan Lovebird Konslet, Pins cukup melakukan perawatan mandi jemur setiap hari selama 15 menit, lalu kembalikan ke formasi semula.

Coba perawatan harian ini dilakukan kurang lebih selama 2 minggu sampai 1 bulan. Biasanya setelah masa tersebut, akan terlihat Lovebird yang potensial dan rajin berkicau. Kalau sudah seperti ini pilih Lovebird yang rajin nyanyi, berkicau panjang, dan tidak kagetan.

Membuat Lovebird Konslet
(Unsplash)

1.     Settingan Buka Tutup Kerodong

Lovebird ini selanjutnya akan disebut calon Lovebird Konslet. Lanjut keperawatan, setiap hari perawatan Lovebird Konslet masih tetap sama, tapi sekarang pindahkan ke sangkar lain dan harus dikerodong selama 1 jam.

Baca juga : Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Kerodong Lovebird?

Lalu, buka kerodong lagi dan satukan kembali dengan pasangannya, terus digantang ke koloni segi empat. Lakukan setingan Lovebird Konslet ini selama 7 hari tanpa putus. Manfaatnya dapat membantu Lovebird ngekek hanya saat kerodong dibuka saja. Kalau kerodong ditutup, Lovebird akan berhenti ngekek dan istirahat.

2.     Pemberian Suplemen Lovebird

Selanjutnya, berikan suplemen agar Lovebird ini gacor. Pemberian suplemen bisa dicampur dengan air minum setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Pins dapat memilih berbagai merek suplemen Lovebird, yang penting sudah dikenal dan dari pabrik terkemuka.

Jangan asal diberi suplemen atau vitamin dari racikan seseorang yang kurang begitu jelas komposisinya. Hal ini malah berbahaya bagi Lovebird itu sendiri.

3.     Simulasi Gantangan Lovebird

Kemudian Lovebird mulai dilatih dengan simulasi gantangan. Setiap hari Minggu siang setelah perawatan mandi jemur dan buka tutup kerodong, Pins dapat melatih dengan cara trek jarak 1 meter dengan beberapa Lovebird lain.

Namun, calon Lovebird Konslet ini jangan terlalu sering ditrek. Paling banyak Lovebird ditrek 1-2 kali dalam seminggu. Cara ini dapat dilakukan pada semua burung Lovebird di koloni segi empat. Kalau beruntung, Pins dapat menemukan calon Lovebird Konslet 3-4 ekor.

Latihan trek dengan Lovebird lain dapat dilakukan maksimal 15 menit. Jangan lupa catat dan beri poin untuk suara ngekek Lovebird yang keluar. Lovebird dapat dilatih seperti ini maksimal 3 sesi saja.

Dari catatan tersebut, Pins dapat memilih Lovebird mana yang layak digantang. Sampai di tahap ini seharusnya Lovebird Pins sudah berusia 3,5 bulan, berarti sudah saatnya Pins tes Lovebird Konslet ke gantangan sungguhan.

Latihan Gantangan

Calon Lovebird Konslet boleh di gantang untuk pertama kalinya pada hari Minggu siang. Perawatan sebelum berangkat ke gantangan cukup mandi jemur dengan pasangan selama 15 menit.

Kalau mau berangkat, pisahkan untulan atau pasangan dan tinggi di rumah. Lalu, Lovebird ini dikerodong full selama di perjalanan. Setelah sampai Lovebird masih dikerodong dan tidak perlu dimandikan.

Sebelum dan di antara sesi lomba, Lovebird diberi batang kangkung atau jagung sedikit saja. Tujuannya agar hubungan Pins dan Lovebird lebih terjalin erat dan Lovebird lebih tenang saat melihat seseorang yang dia kenal.

Baca juga : Ciri-Ciri Lovebird Konslet dengan Mental Bagus

Lovebird Konslet ini bisa digantang di tiga sesi, yaitu paud, paud, dan dewasa. Jangan menggantang satu kali sesi saja karena fungsi gantang perdana ini untuk melatih mental Lovebird.

Pilih Nomor Gantangan Pinggir atau Pojok untuk Lovebird konslet

Membuat Lovebird Konslet
(Unsplash)

Sebaiknya pilih nomor gantangan di pinggir atau pojok agar Lovebird terbiasa melihat keramaian pengunjung. Selain itu supaya Lovebird tidak bingung mengejar burung lain yang berakibat lupa bunyi.

Pada tahap pertama ini biasanya Lovebird tidak langsung moncer. Namun, jika Lovebird Pins moncer, berarti burung Pins istimewa. Di samping itu, Pins jadi tahu bahwa Lovebird Pins sudah siap lomba.

Dengan begini, Pins juga dapat mengetahui rawatan selama ini berhasil atau tidak. Dikatakan berhasil, apabila rawatan mampu membuat Lovebird ngekek dengan volume kecil dan tidak ngoyo.

Jika Lovebird di samping liyer, maka Lovebird Pins ikut ngeriwik. Jika sampingnya fight, maka Lovebird Pins ikut fight dengan volume rendah. Sementara untuk prestasi, ini semua tergantung dari bakat Lovebird masing-masing.

Membuat Lovebird Konslet Setelah Gantang Perdana

Setelah ikut gantangan perdana dan moncer, perawatan Lovebird tidak perlu krodong atau trek lagi. Pins cukup mandi jemur 2 hari sekali selama 15 menit. Pemberian suplemen cukup seminggu sekali yakni saat akan lomba atau sehari sebelum lomba. Setelah selesai lomba ganti suplemen dengan air putih.

Formasi koloni harus tetap sama dengan anggota koloni yang sama. Jangan sampai anggota koloni diganti dengan Lovebird lain. Apabila salah satu Lovebird dijual, maka formasi tersebut akan hancur dan sebaiknya semua anggota koloni ikut dijual juga.

Pakan Lovebird Konslet

Untuk pola makan Lovebird Konslet, sebenarnya cuma milet putih dicampur dengan Kenari seed dan kuaci. Apabila Pins sudah terbiasa dengan pakan bermerek maka pilih merk pakan dari pabrik ternama.

Sedangkan EF kangkung dan jagung dapat diberikan sekali saja tapi tidak setiap hari. Yang terpenting, sebelum lomba berikan makanan kesukaan Lovebird Pins.

Baca juga : Racikan Pakan Lovebird Konslet Ngekek Panjang

Membuat Lovebird Konslet Sistem Koloni Lanjutan

Membuat Lovebird Konslet
(Unsplash)

Suatu saat, pasti Lovebird Konslet akan mengalami penurunan performa. Biasanya Lovebird bisa Konslet paling tidak 2-3 bulan, ada yang lebih tapi ada juga yang kurang dari itu.

Solusinya, segera buat koloni baru dengan anggota 4 pasangan Lovebird. Dengan begitu, saat Lovebird Konslet utama pensiun, ada pengganti koloni baru. Kemudian Lovebird Konslet yang lama dimasukkan glodok dan diternak.

Anakannya nanti bisa di setting koloni lagi, begitu seterusnya. Pins juga tidak perlu ambil pusing harus mencari bakalan Lovebird Konslet lagi.

Ini hanya salah satu perawatan Lovebird dari sekian banyak settingan. Bisa saja setingan ini berhasil di Lovebird Pins, tapi ada juga yang tidak berhasil di Lovebird orang lain.

Kendati demikian, tidak ada salahnya dicoba karena setingan Lovebird ini dimulai sejak kecil. Jadi, sama seperti memberikan karakter Lovebird sejak masih anakan. Hasilnya nanti ditentukan oleh bakat burung masing-masing.

Baca Juga : Cara Ampuh Membuat Lovebird Bertelur

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel