Cara Resize Foto di Photoshop dengan Mudah

Diperbarui oleh Livina Hermawan ∙ November 26, 2022 ∙ 5 menit membaca

Apakah gambar kamu terlalu besar atau terlalu kecil untuk kebutuhan desain Pins? Bila iya, maka Pins perlu mencoba cara resize foto di Photoshop berikut. Kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop di Mac atau Windows mudah untuk mengubah ukuran (resize) foto dengan cepat dan tepat.

Teknik resize juga menjadi salah satu skill dasar di Photoshop selain membuat garis di Photoshop, membuat gradasi warna, dan membuat shape, lho! Jadi, simak selengkapnya di bawah ya Pins!

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Scratch Disk Full Photoshop

Pilihan Unit Resize Foto

Sebelum kita memulai langkah langkah untuk mengatur ukuran foto, Pins perlu memilih foto yang akan digunakan terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa buka Photoshop di Mac maupun Windows PC.

Berikutnya, masukkan gambar yang telah kamu pilih untuk kamu ubah ukurannya. Di bilah menu Photoshop, klik “Image,” lalu pilih “Image Size” dari menu yang muncul.

Baca juga: Cara Update Photoshop Melalui Adobe Creative Cloud

Cara Resize Foto di Photoshop

Di jendela “Image Size“, pertama-tama, kamu ingin memutuskan unit pengukuran apa yang akan kamu gunakan untuk mengubah ukuran gambar.

Jika mengklik menu drop down di sebelah bidang “Width” atau “Height“, kamu dapat memilih jenis unit. Berikut ini arti untuk setiap pilihannya.

  • Percent:  Memungkinkan Pins mengubah ukuran sebesar persen dari ukuran gambar asli. Misalnya, menggunakan 50% sebagai ukuran gambar target membuat gambar menjadi setengah dari ukuran asli. Demikian pula, 200% membuatnya menjadi dua kali lebih besar.
  • Pixels:  Memungkinkan Pins menentukan dimensi piksel yang tepat untuk ukuran gambar yang dihasilkan.
  • Inches, Centimeters, Millimeters: Ini adalah ukuran pengukuran standar yang hanya berlaku saat gambar dicetak, dan terkait dengan DPI gambar .
  • Points: Points adalah satuan ukuran yang umum dalam tipografi yang setara dengan 1/72 inci. Dalam gambar resolusi 72-DPI, satu points sama dengan satu piksel.
  • Picas:  Satu pica sama dengan 1/6 inci atau 12 poin, dan paling sering digunakan dalam desain untuk pencetakan.
  • Columns: Memungkinkan Pins mengubah ukuran berdasarkan jumlah kolom, unit arbitrer yang ditentukan di Preferences > Units & Rulers.

Itulah beberapa opsi atau pilihan unit dan satuan dalam mengatur ulang ukuran gambar. Umumnya, banyak orang menggunakan “Percent” untuk melihat perubahan ukuran relatif.

Tetapi jika Pins mengubah ukuran gambar untuk web, mungkin lebih tepat memilih “Pixels” dari daftar jenis ukuran.

cara resize foto di photoshop

Cara Resize Foto di Photoshop

Kini, Pins sudah memahami arti dari masing-masing satuan yang tersedia. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, seperti di mana gambar akan digunakan. Nah, berikutnya kita dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Namun, Pins perlu memutuskan apakah kamu  ingin mempertahankan rasio aspek gambar asli. Rasio aspek adalah hubungan proporsional antara dua sisi gambar (lebar dan tinggi).

Jika kamu memilih untuk mempertahankan rasio aspek asli gambar, kamu hanya perlu mengubah nilai “Width” atau “Height” untuk gambar. Photoshop secara otomatis mengubah nilai field lainnya berdasarkan rasio yang ada.

Umumnya, kamu harus menjaga rasio aspek agar foto Pins tidak terlihat aneh. Tetapi jika kamu ingin menonaktifkannya, klik ikon rantai antara “Width” dan “Height” sehingga garis kecil yang mengarah ke “Width” dan “Height” menghilang.

resize foto di photoshop

Sekarang sampai pada bagian di mana kamu mengubah ukuran foto. Untuk mengubah lebar foto Pins, klik kolom “Width” dan masukkan ukuran baru. Demikian pula, untuk mengubah tinggi foto, klik bidang “Height” dan masukkan nilainya.

Kemudian, klik “OK” di bagian bawah jendela “Image Size“.

pengaturan resize di photoshop

Cara Menyimpan Foto yang Telah Diubah Ukurannya

Versi foto Pins yang diubah ukurannya sekarang akan muncul di layar. Jika terlihat bagus, klik File > Save in Photoshop’s menu bar untuk menyimpan foto.

Untuk menyimpan foto yang diubah ukurannya sebagai salinan yaitu dengan cara klik File > Save As pada menu bar. Opsi ini dapat kamu gunakan agar foto original tetap tersimpan.

cara resize foto

Jika kamu memilih “Save As“, kamu akan melihat jendela penyimpanan Photoshop di layar. Di bagian atas jendela ini, masukkan nama foto Pins, lalu pilih format gambar dari menu drop-down “Format” dan klik “Save” di bagian bawah.

cara resize foto

Foto Pins sekarang dalam ukuran yang sesuai keinginan, kamu dapat menggunakannya untuk keperluan desain atau postingan kamu.

Itu dia cara mengatur ulang ukuran dari sebuah foto atau gambar di Photoshop. Bila mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik, tentu Pins akan berhasil mengubah ukuran foto yang diinginkan.

Nah, semoga artikel ini membantu kalian, ya! Bila ingin mengasah kemampuan editing di Photoshop, kamu juga bisa mencoba tools Photoshop atau teknik lainnya seperti tools liquify di Photoshop dan cara membuat tulisan unik di Photoshop.

Baca juga:

Editor: Daisy

Feature image source: Shutter Buggs


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Mendalami Pola Falling Wedge Beserta Cara Menggunakannya

Mengidentifikasi dan memantau kondisi pasar adalah skill yang sebaiknya dimiliki seorang investor a

Finansial
Finansial Pahami Apa itu Token Crypto Serta Perbedaannya dengan Koin

Apa itu token crypto? Token satu ini merupakan aset digital yang sekarang ini tengah menjadi trend

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia