Pinhome

Uncategorized

Cara Perawatan Cucak Ijo Kepala Kuning

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara perawatan cucak ijo kepala kuning sebenarnya ta jauh beda dengan cara perawatan burung yang lain pada umumnya. Warna kuning yang ada di atas kepala pada burung ini menyerupai mahkota terutama ketika bulu di kepalanya sedang membentuk jambul.

Cara perawatan cucak ijo kepala kuning yang saat ini mudah ditemui terutama di wilayah pegunungan sekitar hutan Sumatera akan segera kita ketahui pada artikel ini. Tidak heran apabila burung jenis ini mudah untuk ditangkap serta dijual dan dijadikan burung dalam perlombaan.

Cara Perawatan Cucak Ijo Kepala Kuning

Untuk lebih jelasnya berikut caara perawatan burung cucak ijo kepala kuning yang dapat dilakukan agar kicauannya tetap indah dan sehat.

Sangkar

Hal pertama yang harus ada yaitu sangkar. Sangkar untuk burung cucak ijo harus diperhatikan agar burung merasa nyaman. Selain itu ukurannya juga jangan sampai membuat burung sulit untuk bergerak bebas mengingat burung yang satu ini merupakan jenis burung yang lincah dan gesit.

Ukuran sangkar dapat dibuat dengan ukuran panjang 30 centimeter dan lebar 30 centimeter. Jangan lupa memasang kayu dalam sangkar untuk bertengger. Ternggeran burung dapat berukuran 1,5 centimeter atau bisa juga disesuaikan dengan sangkar burung.

Masteran

Pemberian masteran untuk burung ini sangat penting. Salah satu manfaatnya yaitu untuk menarik perhatian burung agar berkicau seperti yang diperdengarkan. Masteran burung cucak ijo kepala kuning dapat berupa mp3 suara burung.

Sebaiknya ketika memberikan masteran burung dalam keadaan dikrodong. Atau jika tidak memberi masteran dapat dilakukan cara lain dengan memberikan teman burung yang lain jenis.

Penjemuran

Penjemuran burung juga perlu dilakukan. Untuk penjemuran di pagi hari dapat dilakukan sekitar jam 5 pagi agar terkena angin segar hingga sinar matahari muncul.

Pemberian pakan

Pemberian pakan juga harus dilakukan secara teratur dan mengandung protein agar kicauannya indah. Kita dapat memberikan pakan sekitar jam 9 pagi setelah penjemuran. Berikan buah-buahan seperti pisang, apel, atau pepaya serta tidak ketinggalan peberian pakan extra food untuk burung seperti jangkrik.

Kebersihan

Kebersihan sangkar burung juga perlu diperhatikan. Cara membersihkan kotoran burung dapat dilakikan denganmembersihkan menggunakan air yang mengalir. Lakukan pembersihan sangkar setiap 2 hari sekali agar burung tetap sehat dan terjaga kebersihannya.

Meletakkan burung di tempat teduh

Jika cuaca panas dan sangkar burung terkena sinar matahari di siang hari dan terlalu panas maka dapat dipindah di tempat yang lebih teduh. Burung dapat diletakkan di bawah pohon atau di depan rumah.

Ketika sore hari atau menjelang malam maka burung dapat dimasukkan ke dalam atau dipasang krodongnya kembali.  Jangan lupa untuk memberikan master ketika sore hari dalam keadaan dikrodong. Sebaiknya cara tersebut dilakukan setiap sore hari secara teratur.

Pentingnya Cara Perawatan Cucak Ijo Kepala Kuning

Cara perawatan burung cucak ijo kepala kuning memang sangat penting. Perawatan yang tepat wajib dilakukan terutama bagi pecinta burung agar tetap sehat dan kicauannya semakin indah dan bervariasi.

Cara yang telah disebutkan di atas dapat dilakukan terutama bagi pemula yang menyukai burung. Sangat penting untuk memperhatikan kenyamanan burung di dalam sangkar agar mau berkicau. Demikian beberapa cara perawatan cucak ijo kepala kuning semoga dapat menjadi manfaat bagi kita terutama bagi para pecinta burung.

Tags :

Bagikan Artikel