Pinhome

Uncategorized

Cara Perawatan Burung Cucak Ijo Trotol

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Memiliki burung dari hasil rawatannya sendiri dari anakan (trotol) akan memiliki kepuasan tersendiri dibanding membeli burung yang sudah jadi dari orang lain. Selain itu, keuntungan yang bisa diambil adalah kita akan mendapat pengalaman dan ilmu mengenai cara perawatan burung cucak ijo trotol juga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak

Tak hanya sekedar hoby, kini memelihara burung bisa dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan. Salah satu burung yang banyak dipelihara saat ini adalah burung cucok ijo trotolan. Warnanya yang hijau menjadi daya tarik tersendiri. Cara perawatan burung cucak ijo trotol juga tidak terlalu sulit. Hanya saja jika saat membeli burung belum jadi/ belum berkicau maka harus telaten dalam memeliharanya.

Syarat dan Cara Perawatan Burung Cucak Ijo Trotol

Agar burung cucak ijo Trotol anda cepat berbunyi dan bersuara gacor maka yang harus anda lakukan adalah dengan memenuhi syarat dan lakukan Cara perawatan burung cucak ijo trotol seperti di bawah ini:

Adapun Syarat yang harus dipenuhi agar burung cucak ijo trotol anda dapat cepat berbunyi/ berkicau dengan baik dan bagus saat umur dewasa adalah:

  • Jenis Burung Harus Jantan
  • Burung harus sehat, karena seperti manusia burungpun juga harus memiliki badan yang sehat untuk bisa berkicau.
  • Burung harus Banyak Makan (rakus) dan menyukai makanan apa saja.
  • Burung harus yang Jinak dan lincah sehingga burung akan mudah dipelihara dengan baik.

Setelah syarat atau kriteria tersebut dipenuhi maka langkah selanjutnya anda sudah bisa memulai untuk merawatnya, perawatan yang harus anda lakukan terhadap burung cucok ijo trotol tersebut diantaranya:

Jangan Tergesa-gesa menggantikan Makan

Burung cucok ijo trotolan biasanya memiliki makanan favorit, maka jangan tergesa-gesa untuk mengganti makanan burung. Makanan utamanya adalah buah-buahan dan buah yang paling disukai adalah buah pisang jenis pisang kepok. Dan untuk makanan tambahannya yaitu jangkrik, kroto, ulat kandang, ulat hongkong dll.

Kebanyakan orang, merawat burung trotol atau lainnya yang didahulukan adalah mengganti/ melatih burung trotol untuk mau makan voer, cara ini berlawanan dengan keinginan anda agar burung cucok ijo trotol segera berbunyi. Karena jika terlalu dipaksakan akan berdampak pada burung cucok ijo tidak mau bunyi.

  • Untuk makanan pagi 4 biji jangkrik
  • Sore 4 biji jangkrik
  • 3 x sehari diberi ulat hongkong 3 – 4 biji + 2 sdt kroto

Dimandikan dan dijemur

Burung bisa dimandikan pada sore hari antara jam 3. Jemur burung setiap hari secukupnya kurang lebih antara jam 9 – 10 siang selama 1 – 3 jam. Dengan dijemur, maka akan memicu stamina burung cucak ijo trotol tersebut.

Kandang Bersih

Meskipun hanya seekor burung, kebersihan akan kandang sangatlah diperlukan. Karena kandang yang bersih akan membuat burung anda sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang biasa menyerang.

Jangan sekali-kali membangunkan burung cucok ijo saat tidur

Demikianlah artikel mengenai cara perawatan burung cucok ijo trotol, mudah-mudahan cara-cara yang telah dikerjakan tersebut bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. Salah satunya adalah burung cucok ijo trotol yang anda miliki bisa cepat berbunyi dan bersuara gacor serta terlihat bagus saat umur dewasa, terima kasih dan semoga bermanfaat

Tags :

Bagikan Artikel