Pinhome

Cara Menjinakan Pleci Giras, Terbukti Berhasil!

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 15 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Cara menjinakan pleci – Burung Pleci merupakan salah satu jenis burung kicau berukuran kecil yang dikenal memiliki power kicau yang istimewa, serta suara gacor yang khas dengan sebutan gacor ngalas yang sangat jarang dimiliki oleh burung bersuara istimewa lainnya.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, membuat populasi burung kacamata ini mulai menipis di alam liar dikarenakan perburuan liar untuk diperjual belikan, baik dijual setelah jinak, maupun masih dalam keadaan liar.

Hal penting, sebelum membeli burung Pleci, pastikan burung tersebut dalam keadaan sehat tidak stres. Jika Pleci stres atau kurang sehat, maka akan sulit untuk menjinakkannya. Meski begitu, kamu harus memberikan perawatan terbaik agar Pleci mudah dijinakkan.

Bagi kamu yang baru dibeli dan mau dijinakkan, kamu bisa mengamati cara menjinakan Pleci giras di rumah dengan cara berikut ini.

Baca Juga: Cara Merawat Pleci Mabung

Cara Menjinakan Pleci 

cara menjinakan pleci

Buat kamu yang ingin menjinakkan Pleci, buatlah burung nyaman berada di sampingmu. Jadikan burung Pleci seperti keluarga sendiri. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak cara menjinakan Pleci berikut.

1. Terapi Lapar agar Pleci Jinak

Biasanya hewan yang lapar mudah menuruti perintah pemiliknya. Dari teori ini kamu dapat melakukan terapi lapar pada Pleci agar burung tersebut jinak. Caranya, keluarkan dulu pakan dan minuman Pleci dari dalam sangkar. Selanjutnya, siapkan pakan lain sebagai umpan, seperti ulat Hong Kong atau buah kesukaan Pleci.

Setelah itu, arahkan pakan ke atas atau ke bawah sangkar. Perhatikan apakah Pleci mengikuti pakan tersebut atau tidak. Latih Pleci sampai dia mau mengikuti umpan yang kamu berikan. Kalau sudah begini, kamu bisa memberikan pakan langsung dari telapak tangan.

Biasanya, pada tahap ini Pleci sudah mau memakan pakan dari telapak tanganmu. Untuk membuat Pleci jinak, mungkin tidak semudah yang dibayangkan. Namun, jika kamu mau bersabar dan tekun melatihnya, tentu Pleci akan menjadi jinak.

2. Melatih Pleci Mandi

Terapi lapar mungkin tidak sepenuhnya mampu membuat semua jenis Pleci jinak, tapi jangan menyerah. Coba cara lain dengan memandikan burung Pleci. Diketahui memandikan Pleci dengan sprayer halus dapat membuat Pleci rileks dan tidak takut saat bertemu manusia.

Dengan begitu, Pleci akan mudah diajak berinteraksi dengan pemiliknya. Kalau sudah begini, tentu Pleci akan mudah dijinakkan. Kamu bisa memandikan Pleci sebanyak tiga kali sehari agar Pleci mudah jinak.

Baca juga: Cara Melatih Mental Cendet Agar Gacor, Siap Lomba!

3. Pleci Didekatkan dengan Keramaian

cara menjinakan pleci

Burung Pleci akan lebih mudah jinak jika didekatkan dengan manusia. Oleh karenanya, coba dekatkan Pleci dengan manusia yang sedang berlalu-lalang. Tidak perlu terlalu ramai, kamu dapat menempatkan burung Pleci di ruang tamu atau ruang keluarga.

Sebab, ruangan ini menjadi titik temu semua penghuni rumah. Pleci akan semakin terbiasa dengan manusia dan tidak takut lagi. Namun, perlu kamu ketahui, untuk melatih Pleci di keramaian, kamu harus memastikan bahwa Pleci sedang dalam keadaan sehat dan tidak stres.

4. Terapi Lidi untuk Menjinakkan Pleci

Untuk menjadikan Pleci menurut dengan perintahmu, ternyata kamu dapat menggunakan terapi lidi. Di sini lidi tidak untuk memberikan makanan tapi untuk mengelus-elus tubuhnya.

Cara melakukannya, lidi dielus-eluskan ke tubuhnya. Pastikan burung Pleci menikmatinya. Jangan terlalu kasar, cukup pelan-pelan saja. Setelah burung terlihat menikmatinya, maka ganti lidi dengan cotton bud yang tentunya lebih lembut.

Burung Pleci akan semakin menyukainya. Kemudian perlahan tidak perlu menggunakan lidi atau cotton bud, tapi langsung gunakan tanganmu. Cara ini membutuhkan proses, tapi kalau dijalani dengan sabar dan tekun, pasti akan kelihatan hasilnya, yaitu Pleci bertambah jinak.

5. Pleci Dirangsang dengan Suara Siulan

Bagi kamu yang bisa bersiul, berarti cara ini akan semakin mudah untuk dilakukan. Jadi, kamu dituntut untuk bersiul di dekat burung Pleci. Ini termasuk cara berkomunikasi dengan burung Pleci peliharaan.

Jika Pleci mau menyaut dan berkicau, tandanya burung Pleci sudah mulai jinak. Lakukan siulan ini lebih sering agar kamu dan Pleci semakin akrab. Kamu dapat melakukannya, setiap pagi sebelum kerja dan sore hari setelah pulang kerja.

6. Jinakan dengan Untulan

cara menjinakan pleci

Burung Pleci jantan memang sulit dijinakkan. Namun, dengan adanya untulan atau Pleci betina, tentu proses menjinakkan Pleci akan semakin mudah. Pastikan untulan harus sudah jinak, agar prosesnya berjalan lancar.

Caranya, dekatkan untulan ke sangkar Pleci jantan. Lihat gerak-gerik Pleci jantan, apakah mulai terpikat atau belum. Biasanya, jika sudah terpikat, tingkah Pleci jantan akan lebih kalem dan menurut kepada betina.

Setelah itu, coba berikan pakan ke Pleci betina secara langsung menggunakan tangan. Pleci jantan akan cemburu dan mencoba mendekati tangan untuk meminta makanan. Dalam tahap ini, Pleci jantan memasuki tahap jinak. Lakukan latihan dengan Pleci betina secara teratur agar Pleci jantan ikut jinak.

Baca juga: Perbedaan Pleci Jantan dan Betina, Jangan Salah Pilih!

7. Mengelus Burung Pleci 

Jika Pleci tidak takut dengan manusia, maka sering-seringlah mengelus tubuhnya. Buat Pleci menikmati setiap sentuhanmu. Sambil menyentuhnya, kamu dapat memberikan pakan kesukaannya.

Intinya, lakukan kontak fisik dengan burung Pleci agar dia cepat jinak. Cara mengelus-elusnya tidak boleh terlalu kasar agar Pleci tidak kesakitan.

8. Pleci Diajak Ngobrol

Jadikan Pleci seperti teman atau saudara sendiri. Artinya, kamu harus sering-sering mengajaknya ngobrol. Topiknya terserah, yang penting Pleci merasa diperhatikan.

Siapapun akan merasa senang jika diperhatikan, termasuk burung Pleci. Burung juga mempunyai perasaan dan kecerdasan untuk mengartikan tindakan manusia. Oleh karena itu, lakukan hal-hal yang baik di hadapan burung agar burung Pleci menyukainya.

Ingat, proses menjinakkan Pleci tidak bisa dilakukan dalam hitungan hari. Kamu harus melakukannya dalam jangka waktu yang lama hingga tindakanmu membekas di hatinya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang cara menjinakan Pleci giras dengan muda. 

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel