Pinhome

Cara Membuat Pleci Buka Paruh dan Ngerol Dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 22 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Cara Membuat Pleci Buka Paruh – Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau berukuran kecil yang belakangan ini mulai cukup populer karena dengan memilki suara yang khas. Tentu harapan para kicau mania terhadap pleci adalah buka paruh dan ngerol. Namun, untuk membuat Pleci buka paruh sebenarnya hal yang mudah, akan tetapi harus teliti dan sabar.

(Petpintar.com)

Pinhome – Burung Pleci merupakan jenis burung kicau dengan ukuran kecil yang biasanya mudah menirukan suara dari sumber burung lain. Istilah lain yaitu Pleci merupakan jenis burung yang pintar dan cerdas. Burung pleci dengan kualitas yang bagus dapat bernyanyi dan berkicau dengan berbagai macam variasi suara.

Baca Juga: 

Cara Membuat Pleci Buka Paruh dan Ngerol

Bagi para pecinta burung, memiliki burung pleci dengan kualitas seperti ini akan menjadikan kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Untuk memiliki burung seperti itu, anda membelinya di pasaran atau istilahnya membeli burung Pleci yang sudah jadi. Akan tetapi dibutuhkan nominal yang cukup tinggi, karena sudah jelas harga yang dipatok untuk burung Pleci kualitas tinggi ini pun juga lumayan mahal. 

1. Agar Pleci Cepat Buka Paruh dan Ngerol Berhenti Berikan Pakan Buah-Buahan

(Sains.kompas.com)

Jika anda memiliki burung Pleci serta terbiasa memberinya pakan buah-buahan, maka sebaiknya mulai dari sekarang dihentikan saja. Gantilah dengan memberi pakan Pleci berupa ulat kandang dengan takaran setengah mangkok kecil. Harus diingat bukan ulat hongkong tapi ulat kandang . Ulat jenis ini dapat anda dapatkan di pasar unggas yang ada di sekitar anda.

Baca juga : Cara Cepat Agar Birahi Pleci Tetap Stabil

2. Agar Pleci Cepat Buka Paruh dan Ngerol Lakukan Pengembunan

Lakukanlah proses pengembunan Pleci di pagi hari. Waktu yang tepat untuk proses pengembunan yaitu pukul 5 sampai pukul 7 pagi. Fungsi dan manfaat mengembunkan Pleci yaitu dapat menyehatkan dan merangsang burung untuk baka paruh.

3. Agar Pleci Cepat Buka Paruh dan Ngerol Memandikan Pleci

cara membuat pleci buka paruh
(Petpintar.com)

Ada dapat mandikan burung dengan cara semprot, atau bisa juga dengan dibasahi dengan memberinya cepuk berisi air dengan tambahan shampo jati Jajar sebagai desinfektan untuk membunuh kuman. Foktor memandikan burung secara teratur sangat berpengaru dalam kinerja burung selain bermanfaat terhindar dari kuman.

Baca Juga: 

4. Lakukan Penjemuran

Setelah andamemandikan burng, tapatnya pada jam 7 pagi hingga jam 10 siang usahakan untuk menjemur Pleci. Ketika saat menjemur, usahakan jangan ada makanan dan air minum. Hal ini bertujuan untuk mengatur pernafasan burung. Ingat jangan sampai menjemur Pleci lebih dari jam 10, karena tidak baik untuk kesehatannya.

5. Agar Pleci Cepat Buka Paruh dan Ngerol Berikan Multivitamin

(Dijelas.in)

Setelah tahap penjemuran, langkah selanjutnya adalah memberi susu kental manis di siang hari dan juga minuman yang ditambah dengan vitamin Ebod Vit. Untuk takarannya yaitu dengan perbandingan 5 tetes Ebod Vit : 50 ml air.

6. Agar Pleci Cepat Buka Paruh dan Ngerol, Tempatkan di Tempat Sejuk dan Teduh

Angin-anginkan burung Pleci selama kurang lebih 15 menit di tempat yang teduh. Fungsi dari menempatkan Pleci di tempat yang teduh yaitu agar burung merasa tenang dan nyaman.

7. Agar Pleci Cepat Buka Paruh dan Ngerol Lakukan Pemasteran

cara membuat pleci buka paruh
(Omkicau.com)

Setelah 15 menit berada di tempat yang sejuk, burung Pleci di kerodong dan di master. Proses memaster Pleci menggunakan MP3 dilakukan dengan volume yang keras minimal selama 1 jam.

Dapatkan : Suara Pleci Betina Untuk Pancingan Atau Pikat Burung Pleci

8. Buka Krodong

Setibanya di malam hari, biarkan burung pleci kesayangan anda tanpa dikerodong dan gantunglah di tempat yang tinggi.

9. Agar Pleci Cepat Buka Paruh dan Ngerol Praktikkan Secara Rutin

Lakukan tujuh cara diatas secara rutin sampai burung Pleci buka paruh dan ngerol.

10. Lakukan Analisa

(Burungnya.com)

Jika burung Pleci yang sudah kita rawat sudah mau membuka paruh dan ngerol anda bisa mengubah menu makanan rutin yang anda berikan selama perawatan. Ubahlah dengan menu pakan lain seperti pisang dan juga voer.

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel