Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 28 March 2021 ∙ 5 menit membaca

Sering kesal ketika keadaan wajah menjadi kusam saat beraktivitas? Tentunya, semua orang tidak menginginkan hal ini terjadi. Bisa juga diatasi dengan cara merawat wajah agar tidak kusam berikut ini dengan teknik yang tepat.

Pinhome – Aktivitas di luar maupun di dalam rumah tentu tidak akan luput dari kotoran dan bakteri yang mungkin menempel di wajah. Inilah, cara merawat wajah agar tidak kusam selengkapnya!

Baca Juga:

Inilah Beberapa Cara Menghindari Kulit Wajah Agar Tidak Kusam

Ingin selalu tampil cerah dan optimal? Gunakan beberapa tips berikut ini untuk perawatan wajah!

Mandi yang Bersih

cara merawat wajah agar tidak kusam
(Tanelectric.com)

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit bersih dan cerah adalah dengan rajin mandi. Akan tetapi bukan hanya rajin saja. Namun juga mandi dengan bersih. Pada saat mandi, kamu bisa membersihkan kotoran-kotoran dan sel kulit mati yang menempel pada kulit.

Sabun berfungsi mengikat kotoran supaya mudah diangkut oleh air. Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan lulur mandi supaya kotoran di tubuh yang melekat semakin mudah diangkat.

Pastikan jika kamu membilas tubuhmu dengan bersih dan tidak meninggalkan sisa-sisa sabun serta jangan mandi terlalu lama. Hal ini akan membuat kulit tubuhmu kering. Jadi seberapa lelah tubuhmu luangkan waktu untuk mandi supaya kulit tidak menjadi kusam.

Baca Juga:

Perbanyak Asupan Mineral

Banyak orang menyepelekan kebutuhan mineral. Mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung rasa dibanding mineral yang bermanfaat baik bagi tubuh. Mineral dapat menjaga kulit kita tetap sehat dan bebas dari efek kusam. Ia mampu mendetoksifikasi kotoran-kotoran yang ada dalam tubuh, menangkal racun dan radikal bebas dalam tubuh.

Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh dehidrasi dan menjadikan kulit kering parahnya pecah-pecah. Pastikan tubuhmu menerima asupan air putih sebanyak 8 gelas per hari supaya kebutuhan mineral mu terpenuhi.

Konsumsi Buah dan Sayur

(iStock)

Buah dan sayur banyak mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang menjadi kebutuhan tubuh. Nutrisi dari alam sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit baik di dalam maupun luar. Buah dan sayur dipercaya sebagai bahan alami perawatan kulit.

Vitamin A yang terdapat pada sayur-sayuran berperan penting untuk kesehatan mata, kulit dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat menjaga jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak dan Berlemak

Makanan berminyak dapat menyebabkan penumpukan lemak serta gangguan kesehatan lainnya seperti sakit jantung, tekanan darah dan kolesterol yang tinggi. Apabila dikonsumsi terlalu banyak juga dapat menimbulkan permasalahan pada kulit. Salah satunya kulit menjadi lebih kusam.

Kurangi makan-makanan berminyak adalah salah satu cara merawat wajah agar tidak kusam yang mudah. Karena kamu bisa menggantinya dengan jenis makanan yang lain yang lebih alami dan lebih sehat tentunya.

Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Sinar matahari memang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh hanya di beberapa jam tertentu. Saat pagi hingga batasnya jam 10. Pada tengah hari, sinar matahari justru dapat membawa dampak buruk bagi kulit, sinar UVA dan UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan kusam.

Maka dari itu jika sedang berkegiatan di luar ruangan, sebaiknya gunakan tabir surya sebagai pelapis kulit untuk melindungi dari efek sinar matahari yang terik. Efek buruk dari sinar matahari juga bisa menjadi pemicu alergi hingga kanker kulit.

Baca Juga:

Rutin Olahraga

cara merawat wajah agar tidak kusam
(Helpguide.org)

Untuk merawat kesehatan kulit sebagai cara merawat wajah agar tidak kusam, salah satunya dengan rutin berolahraga. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat. Bersamaan itu ia juga membawa kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga kulit akan terjaga kecerahannya.

Baca Juga:

Hindari Stres

Stres merupakan sumber dari beberapa permasalahan pada kulit. Saat seseorang mengalami stres tentu akan jarang memperhatikan perawatan dan kesehatan kulit, sehingga kulit menjadi terabaikan dan mudah kusam.

Kamu perlu meluangkan waktu untuk dapat menenangkan diri sendiri. Cara ini juga merupakan cara merawat wajah agar tidak kusam yang juga mampu menjaga diri sendiri agar tidak mengalami stres yang berkepanjangan.

Hindari Rokok dan Alkohol

Selain menghindari stres, kamu juga harus menghindari rokok dan alkohol untuk mencegah kulit menjadi kusam. Kandungan di dalam keduanya mampu menyebabkan terjadinya penuaan dan menimbulkan bercak-bercak kehitaman pada tubuh. Sehingga kulit tampak kusam dan tidak sehat.

Maka dari itu jika kamu merupakan perokok dan suka minum alkohol, sebaiknya segera hentikan jika ingin mendapatkan kulit cerah, bersih dan sehat.

Baca Juga:

Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Tabir Surya

Cara merawat wajah agar tidak kusam lainnya adalah dengan menggunakan tabir surya. Tabir surya sangat bagus untuk menjaga lapisan kulit agar tidak mudah terbakar paparan sinar matahari. Kamu bisa menggunakan pelembab, body lotion atau sunblock.

Jangan lupa untuk menggunakan skin care dalam aktivitas sehari-hari untuk mencegah kulit kusam.

Gunakan Madu

(Cnn.com)

Bahan ajaib yang juga sebagai cara merawat wajah agar tidak kusam adalah madu. Madu bisa menjadi pelembab alami untuk perawatan kulit. Kamu bisa membalurkan madu alami ke permukaan kulit secara rutin untuk mendapatkan kulit yang cerah.

Madu dapat mengangkat kotoran yang melekat pada kulit sehingga mampu membebaskan kulit kamu dari efek kusam.

Share juga apa yang menjadi menurut kamu di kolom komentar tentang cara merawat wajah agar tidak kusam. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui lebih banyak tentang cara merawat wajah agar tidak kusam.

Baca Juga:

Deatured Image Source: Okezone.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya

Kantor
Kantor Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Ketika memasuki lobby kantor maka selalu ada meja resepsionis. Meja ini biasa dituju untuk mendapat

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ini Dia Cara Mudah Bikin Aplikasi di Android Tanpa Ribet!

Setiap tahunnya, penggunaan smartphone, terutama Android, terus mengalami peningkatan. Bagaimana ti

Teknik Sipil
Teknik Sipil Mau Ajukan Cicilan Perumahan Subsidi? Baca Dulu Syaratnya!

Membeli rumah saat ini terbilang cukup sulit karena harganya yang sudah melambung tinggi. Apalagi,

Properti
Properti Kisaran Harga Tipe Rumah Minimalis, Terbaru 2022!

Ingin membeli rumah minimalis? Rumah minimalis ini kini menjadi incaran kaum millenials ketiak menc

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia