Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Merawat Trucukan Agar Cepat Garuda

Hobi

Cara Merawat Trucukan Agar Cepat Garuda

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pengetahuan kita tentang cara merawat trucukan agar cepat garuda dan sering berkicau dengan suara ropel, menjadi dasar agar trucukan peliharaan kita berkembang. Ropel dan nggaruda adalah beberapa kelebihan dari burung yang bernama ilmiah Pycnonotus goiavier ini. Ropel merupakan suara asli burung dengan suara keras dan merdu. Nggaruda merupakan karakter yang khas pada setiap trucukan dengan mental baik dan sudah dewasa. Istilah nggaruda sendiri diambil dari kata garuda yang sering mengembangkan atau mengepakan kedua sayapnya.

Sebenarnya, aktivitas nggaruda pada trucukan merupakan cara ia dalam mengaktualisasikan diri. Atau bisa disebut juga unjuk kebolehan dalam rangka menjaga wilayah teritorialnya. Selain itu burung trucukan atau orang sunda menyebutnya dengan jogjog ini juga sangat pintar menirukan burung lain. Tetapi hal tersebut sangat dipengaruhi oleh usia burung trucukan dalam merekam burung masteran atau suara masteran.

Baca Juga: 

cara merawat trucukan agar cepat garuda
trucukan nggaruda

Cara Merawat Trucukan Agar Cepat Garuda

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang cara merawat trucukan agar nggaruda diantaranya :

Pemilihan Bakalan Trucukan

Usahakan Anda memilih atau membeli bakalan trucukan yang sudah dewasa. Hal tersebut karena, di sinilah kunci pertama trucukan Anda cepat nggaruda dan ropel. Tidak usah khawatir walaupun kondisinya masih liar atau giras, karena burung yang satu ini termasuk jenis burung yang mudah jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan kita. Kita dapat melihat sendiri bagaimana habitat burung ini yang memiliki kehidupan  dekat dengan perumahan penduduk. Seperti di perkebunan, di tanah lapang atau di taman-taman. Selain itu pilihlah bakalan trucukan jantan karena akan lebih bagus dan cepat mengeluarkan suara ropel dan nggaruda.

Perawatan Trucukan

Untuk mempermudah perawatan sebaiknya buatlah bakalan trucukan tersebut jinak terlebih dahulu. Jika sudah jinak, maka perawatan hariannya pun akan mudah. Selain itu buat trucukan supaya nyaman dan betah ditempat barunya. Jika ia sudah merasa nyaman dan betah ditempat barunya maka, Anda akan mudah dalam melatihnya agar cepat nggaruda dan sering berkaicau dengan suara ropelnya.

Dalam perawatan harian yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan makanan buah-buahan seperti buah pisang, pepaya atau jenis buah-buahan lainnya. Sesuaikan dengan selera dari trucukan peliharaan. Cari formulasi buah yang paling tepat agar trucukan gacor. Berikan juga exstra fooding seperti kroto dan jangkring dan berikan pula vitamin burung agar tubuhnya selalu fit. Lakukan perawatan lainnya seperti halnya burung-burung peliharaan seperti memandikan, menjemur atau menggantang ditempat yang agak ramai agar cepat jinak dan beradaptasi.

Baca Juga:

Cara Melatih dan Merawat Trucukan Agar Cepat Garuda

Cara Merawat Trucukan Agar Cepat Garuda

Cara merawat trucukan agar garuda adalah dengan melatih trucukan secara rutin dan konsisten. Latihlah mental trucukan agar memiliki kepekaan terhadap sangkar yang menjadi wilayah teritorialnya. Dalam hal ini kita bisa melakukan beberapa cara, seperti :

  • Yang pertama cara merawat trucukan agar garuda adalah dengan mendekatkan atau menempelkan sangkar burung trucukan dengan sangkar burung lain sesering mungkin. Lakukanlah hal tersebut selama beberapa menit dan kemudian jauhkan lagi beberapa menit. Lalu dekatkan lagi lagi dan jauhkan lagi. Lakukan terus secara rutin, agar hasilnya dapat maksimal.
  • Cara merawat trucukan agar cepat garuda adalah dengan metode latihan memancing burung trucukan agar menunjukan kekuasaannya. Yaitu dengan menjemur trucukan di bawah tanah lapang yang banyak burung gereja hinggap. Kemudian tabur pakan atau biji-bijian seperti milet atau karak atau padi untuk memancing burung gereja mendekat. Ketika burung gereja mendekat maka trucukan akan merasa terusik, dan dengan begitu biasanya trucukan akan menunjukkan sikap nggaruda guna menjaga wilayah kekuasaannya.
  • Selanjutnya, cara merawat trucukan agar cepat garuda adalah dengan membuat trucukan nyaman dengan Anda. Serta lingkungan dan usahakan semaksimal mungkin berinteraksi dengan trucukan pelaiharaan setiap hari. Mulai dari menganti air minum, memberi extra fooding dan menjemur. Lakukan pula menggantang dekat pintu masuk agar ketika ada orang yang lewat akan langsung membentangkan sayapnya atau nggaruda.

Itulah beberapa cara merawat trucukan agar cepat nggaruda dengan menerapkan latihan dan perawatan yang rutin dan konsisten serta dibutuhkan pula kesabaran sehingga pada waktunya trucukan anda akan nggaruda dan berkicau dengan suara ropel.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti. Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel