Pinhome

Uncategorized

Cara Merawat Supaya Burung Trucukan Betina Gacor

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Burung Trucukan betina gacor itu mampu membuat pecinta burung berkicau sejati jatuh cinta. Memang burung Trucukan ini salah satu burung ocehan yang harganya terjangkau dan sering dipandang sebelah mata akibat harganya yang terbilang murah itu. Padahal jika dilatih dengan baik, burung Trucukan juga ocehannya sangat menarik, apalagi sudah berkicau sambil mengepakkan sayap dengan anggunnya (istilahnya nggaruda), pemiliknya pasti merasa sangat bangga.

Burung Trucukan ini memiliki nama latin Pycnonotus goiavier, hidup di alam liar dan kurang lebih terlihat mirip dengan burung Kutilang. Burung Trucukan ini memiliki nama daerah yang berbeda, misalnya di Jawa Barat dipanggil denga nama manuk Jogjog atau burung Jogjog, suaranya juga ropel seperti burung Cucokrowo.

Jinakkan Dulu Burung Trucukan Betina Gacor

Jika kita tidak memelihara burung Trucukan sejak baru menetas, misalnya menemukan burung Trucukan dari alam liar, maka kita harus menjinakkannya terlebih dahulu sebelum melatihnya supaya bisa gacor dan menarik perhatian. Lalu bagaimana cara menjinakkan burung Trucukan yang masih liar supaya nanti bisa kita latih jadi burung Trucukan betina gacor?

  • Lakukan terapi mandi setiap pagi dan sore hari dengan menggunakan spray, sampai burungnya basah kuyup
  • Gantungkan kandang burung Trucukan kita di tempat yang tinggi dan jauh dari keramaian, apalagi digabung dengan burung lain. Bukannya jadi jinak, yang ada dia malah jadi stres dan bisa mati
  • Setelah cara pertama memberikan hasil yang positif, maka pindahkan burung Trucukan ke tempat yang lebih rendah dan bisa digabung dengan burung lain, atau di dekat jalan supaya terbiasa dengan suara bising kendaraan (jangan langsung dekat jalanan)
  • Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka terpaksa kita lakukan cara yang terakhir ini. Sedikit ekstrim tapi mau tak mau harus dilakukan demi burung Trucukan yang kita miliki jadi jinak. Caranya jangan beri makan burung selama seharian, kemudian di sore hari berikan ulat Hongkong dengan tangan atau dengan lidi, lakukan sampai si burung mau memakannya dari tangan kita

Begini Cara Melatih Burung Trucukan Betina Gacor

Burung Trucukan yang gacor biasanya memang burung jantan, maka karena itu pisahkan dulu burung Trucukan jantan dan betina, kemudian setelah dipisahkan kandangnya, kita bisa mulai melatihnya supaya bisa cepat gacor dan nggaruda. Pertama-tama biasakan burung Trucukan kita untuk dimandikan dengan menggunakan spray biasa, atau boleh juga menggunakan cepuk.

Setelah basah, Jemur di tempat hangat selama satu atau dua jam, kemudian angin-anginkan di teras yang tidak terkena sinar matahari langsung tapi suhunya hangat

Buatlah burung Trucukan cukup gizi dengan memberikan pakan-pakan yang berkualitas, misalnya voer yang berkualitas (bisa kita dapatkan di toko pakan burung). Selain memberikan voer yang berkualitas, kita juga bisa memberikan EF atau Extra Food untuk si burung Trucukan kesayangan, yakni jangkrik yang masih hidup setiap pagi dan sore. Setidaknya berikan dua atau tiga ekor jangkrik setiap kali makan. Boleh juga diberikan ulat Hongkong secukupnya sebanyak dua atau tiga kali dalam satu minggu.

Buatlah suasana tenang dan nyaman untuk burung kita, dan putarkan MP3 burung berkicau yang gacor untuk menstimulasi kemampuan gacornya. Cara ini memang tak instan, butuh waktu setidaknya satu sampai dua bulan. Tetapi dengan keuletan dan telaten, maka cara membuat burung jantan dan burung Trucukan betina gacor ini pasti akan membuahkan hasil.

Tags :

Bagikan Artikel