Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Merawat Burung Pleci Agar Gacor, Ngalas, dan Ngeplong

Hobi

Cara Merawat Burung Pleci Agar Gacor, Ngalas, dan Ngeplong

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 27 August 2021 ∙ 7 menit membaca

Cara merawat burung pleci – Jenis burung Pleci ini merupakan salah satu jenis burung ukuran kecil dari keluarga Zosteropidae. Kini, burung Pleci tengah masuk ke dalam daftar burung yang dilindungi di Indonesia.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan animo pecinta burung kicau untuk merawat Pleci. Dalam cara merawat burung pleci sering menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak di tanyakan oleh penggemar burung Pleci akhir-akhir ini.

Hal tersebut karena sejak beberapa tahun belakangan ini suara burung Pleci termasuk salah satu kicauan yang cukup populer. Kemampuan burung Pleci dalam menirukan suara kicau yang di dengar nya memang di akui banyak orang sejak dulu.

Jika burung Pleci rajin gacor, ia bisa menirukan hampir semua suara dari burung lain yang di dengar nya dengan cepat sekali. Karena kemampuan nya yang begitu cepat menirukan suara master yang di dengar nya.

Tak heran jika para kicau mania banyak yang melakukan pemasteran pada burung Pleci. Sayangnya, meskipun sudah diperdengarkan masteran burung terbaik, terkadang burung Pleci tidak mau atau tidak bisa mengeluarkan suara kicau terbaik.

Nah jika sudah seperti ini, lalu bagaimana cara agar pleci gacor dan ngalas ngeplong?

Baca Juga: Cara Merawat Pleci Mabung

Merawat Burung Pleci

cara merawat burung pleci
(Shutterstock)

Dalam merawat Pleci, kebanyakan orang biasanya hanya fokus dengan memperdengarkan suara masteran pada Burung Pleci kesayangan nya saja, namun Cara Merawat Pleci yang baik lainnya banyak yang tidak di perhatikan dan hal ini tentu saja kurang tepat.

Burung Pleci selama ini memang terkenal karakter suara nya yang memiliki beberapa tingkatan, seperti Suara Ngerol, Suara Ngalas atau kombinasi dari suara keduanya (gacor).

Penting sekali untuk mengetahui karakter dari Pleci apakah masuk golongan ngalas, ngerol atau sudah gacor maksimal?

Karena jika mengetahui dengan tepat karakter suara burung Pleci milikmu, maka kami bisa memeperdengarkan suara masteran dari burung terbaik lainnya yang tentu saja sesuai dengan karakter Burung Pleci.

Misalnya, burung Pleci yang punya karakter suara ngerol bisa kamu masterkan dengan tipe suara yang ngerol juga seperti burung Kenari, burung Blackthroat, burung Kolibri, atau juga burung lainnya.

Sementara untuk Burung Pleci yang punya tipe suara ngerol bisa kamu masterkan dengan suara burung Tledekan, burung Kacer, Cucak Jenggot dan lain sebagainya.

Namun perlu diperhatikan betul, bahwa proses pemasteran burung Pleci dengan suara burung lainnya tidak akan berjalan dengan baik jika cara merawat Pleci yang kamu lakukan juga kurang baik.

Cara Merawat Burung Pleci

cara merawat burung pleci
(Shutterstock)

Berikut ini ulasan singkat mengenai cara merawat burung Pleci yang baik dengan proses pemasteran agar Pleci bisa gacor dan ngalas panjang.

1. Pemasteran Burung Pleci Secara Rutin

Ketika suara burung Pleci yang kamu harapkan tidak sesuai dengan kenyataan, sebaiknya jangan berputus asa dulu. Karena seringkali seekor burung harus mendengar suara masteran nya hingga berkali kali untuk bisa menirukan suara masteran tersebut dengan baik dan lancar.Penting sekali dalam merawat pleci untuk melakukan pemasteran dengan rutin dan secara berulang ulang tanpa mengenal rasa lelang dan jenuh tentunya. Hal ini bisa membuat burung Pleci makin mahir dan bisa menirukan suara masteran nya dengan baik.

Baca Juga : Daftar Burung yang dilindungi Indonesia

Proses pemasteran burung Pleci juga harus diperhatikan waktunya, kamu bisa memperdengarkan suara masteran dari 3 burung yang berbeda dan masing-masingnya memiliki waktu sekitar 30-60 detik pemutarannya antara pagi, siang dan sore hari.

Kamu bisa memperoleh suara Kicau burung masteran dari internet dan tempat-tempat lainnya seperti DVD, Tape atau MP3. Sekarang ini sudah tersedia banyak sekali aplikasi masteran burung yang bisa diperoleh dengan gratis via internet.

2. Mendekatkan Sangkar Pleci dengan Sangkar Pleci Lain

Karena burung Pleci merupakan Endemik burung koloni yang di alam bebasnya selalu bergerombol, maka otomatis habitat aslinya juga sangat bergantung dengan Burung Pleci lainnya.

Jika burung Pleci belum bisa gacor dengan baik, maka kamu bisa mencoba mendekatkan sangkar nya dengan sangkar burung Pleci yang lain yang telah lebih dulu berkicau dengan sempurna agar Pleci bisa ikut berkicau juga nantinya.

3. Melatihnya di Sangkar Umbaran

Sangkar umbaran yang cukup luas diperlukan dalam merawat Pleci daripada sangkar biasa memiliki keunggulan tersendiri untuk menjaga stamina burung agar selalu terjaga, karena biasanya burung yang tidak mau gacor maksimal disebabkan oleh stamina nya yang sudah turun dan hal ini bisa diatasi dengan memasukkan nya ke dalam sangkar umbaran.

Baca juga : Macam-macam jenis burung pleci lengkap

Proses pengumbaran terhadap burung Pleci terbukti sangat bagus untuk menjaga stamina nya agar bisa gacor dengan durasi yang cukup panjang. Memasukkan burung Pleci dalam sangkar umbaran juga baik sekali jika dibarengi dengan proses penjemuran nya sekalian.

4. Proses Pengembunan Burung Pleci

Cara merawat Pleci yang baik juga tidak terlepas dari proses pengembunan yang dilakukan dengan rutin setiap hari nya. Hal ini bisa menjaga kondisi tubuh pleci agar selalu sehat dan juga selalu bugar.

Proses pengembunan bisa dilakukan sebelum matahari terbit setiap hari nya. Biasanya para Penikmat Kicauan akan mengembunkan burung Pleci nya di pagi hari yang mana kondisi udara masih segar.

Proses pengembunan burung kalau bisa jangan didekatkan antara sangkar burung Pleci yang satu dengan lainnya agar pas ketika matahari sudah terbit si burung Pleci bisa berkicau saling bersahutan.

5. Proses Memandikan Burung Pleci

Cara merawat Pleci juga tidak akan lepas dari yang namanya proses memandikan burung Pleci tersebut, karena proses memandikan burung termasuk salah satu yang sangat dianjurkan bahkan hampir di semua burung Berkicau.

Kamu bisa melakukan proses pemandian tersebut dengan cara menyemprot secara langsung burung Pleci dengan semprotan khusus burung secara perlahan lahan terlebih hingga Pleci basah kuyup.

6. Pakan Burung Pleci atau EF

Setelah melalui proses pengembunan dan juga proses pemandian, biasanya burung Pleci akan mulai merasakan lapar. Kondisi seperti ini merupakan waktu terbaik untuk Anda memberikan makan tambahan (extra fooding) seperti Ulat Hongkong ataupun Ulat Kandang.

Baca juga : Doping Burung Pleci Alami Agar Lebih Gacor

Pemberian ulat hongkong pada burung Pleci sebaiknya ulat hongkong yang berwarna putih (sedang ganti kulit) karena kondisi ulat hongkong saat seperti itu kulit nya lembut dan mudah dicerna, namun jika susah mencarinya kamu bisa juga memberikan ulat hongkong biasa yang banyak dijual di pasaran.

7. Proses Istirahat Burung Pleci

Ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam merawat Pleci, bahwa proses pemasteran burung Pleci agar gacor maksimal tersebut tidak bisa terlalu dipaksakan. Berilah waktu istirahat di malam hari hingga pagi harinya agar kondisi Pleci selalu terjaga dan tidak terlalu drop nantinya.

Proses mengistirahatkan burung Pleci dengan cara di kerodong pada waktu malam hingga subuh termasuk cara merawat Pleci yang terbukti efektif dalam menjaga stamina si burung Pleci.

8. Burung Pleci di Ajak Jalan Jalan

Bukan manusia saja yang butuh dengan refreshing, ternyata burung Pleci juga membutuhkan refreshing. Karena, jika burung Pleci melihat dan merasakan lingkungan yang itu itu saja, maka ada kemungkinan si burung akan bosan dan merasa stres nantinya.

Kamu bisa membawa sangkarnya jalan-jalan ke tempat yang banyak dimukimi oleh burung Pleci lainnya. Karena burung Pleci memang bersifat koloni sehingga Pleci akan senang jika bertemu dengan sesama Pleci lainnya.

Jika kamu kesulitan mencari koloni burung Pleci di sekitarmu, maka kamu bisa mencoba menggantung sangkar nya di atas pohon yang rindang yang banyak burung berkicau lainnya. Sehingga burung Pleci akan merasa seperti ada di alam bebas.

Sekian informasi tentang cara merawat burung Pleci. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel