Perawatan Murai Batu Bakalan Untuk Lomba

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ November 30, 2021 ∙ 4 menit membaca

Perawatan Murai Batu Bakalan – Murai Batu merupakah salah satu jenis burung kicau yang kini tidak lagi dilindungi masuk dalam daftar burung yang dilindungi. Ada perubahan pada daftar tersebut, sehingga para kicau mania dapat bernafas lega untuk tetap merawat Murai Batu, baik untuk lomba ataupun beternak.

Namun, jika berbicara tentang burung Murai Batu untuk lomba tentunya tidak mudah untuk membuat burung Murai Batu berkualitas unggul. Kesabaran dan ketalatenan dalam melakukan perawatan setiap harinya harus kamu tanamkan sejak dini.

Burung Murai Batu memerlukan perawatan serba ekstra khusus untuk di mendapatkan kualitas Murai Batu terbaik untuk super kontes juara.

Perawatan Murai Batu Bakalan

perawatan murai batu bakalan
(Shutterstock)

Dalam tata cara perawatan Murai Batu bakalan, ada langkah serta trik khusus yang harus kamu kuasai. Misalnya, perawatan harian dengan memberikan jenis pakan utama, pakan tambahan, vitamin, serta tata cara penanggulangan Murai Batu bakalan yang sedang sakit.

Pakan khusus untuk Murai Batu bakalan yang telah memiliki umur 3 bulan keatas masih sama dengan pakan jenis Murai Batu anakan. Pakan utama bisa berupa voer dengan beberapa kombinasi pakan jenis lain,misal jangkrik,kroto dan ulat hongkong.

Khusus pakan extra fooding, bisa kamu berikan berupa jangkrik 7-10 ekor setiap harinya bisa nada berikan pagi dan sore hati.misal pagi kita berikan 4 ekor dan sore 4 ekor.

Baca juga : Dampak Negatif Jangkrik dan Porsi Jangkrik Untuk burung kicau

Selain pakan trotolan Murai Batu juga membutuhkan vitamin khusus untuk menjaga daya tahan tubuh supaya lebih kebal dan tahan terhadap segala macam penyakit,apalagi jika saat musim penghujan dan cuaca tidak menentu,pemberian vitamin harus di tambah porsi pemberiannya.

Tata cara pemberian vitamin pada anakan Murai Batu bisa kita lakukan dengan beberapa cara.salah satunya dengan melalui pakan jangkrik atau kroto dan juga bisa melalui air minum.

Jenis vitamin bagus dan sudah terbukti di lapangan dengan merek Vitasol berikan 2-4 tetes setiap 4-6 hari sekali, tergantung dari cuaca dan musim.

Perawatan Mendekati Kontes

Nah, setelah usia anakan Murai Batu memasuki umur 4 bulan, akan mangalami mabung pertama. Setelah itu, barulah anakan Murai Batu sudah bisa di katakan menjadi Murai Batu bakalan muda sudah siap untuk diikuti kontes lomba burung.

Baca Juga: Cara Merontokkan Bulu Murai Batu

Pada saat mabung, anakan Murai Batu membutuhkan asupan pakan nutrisi lebih dari pada biasanya. Sebab, bisa di pastikan dalam masa ini kondisi dan metabolisme tubuh akan meningkat.

Bisanya mabung pertama anakan Murai Batu bisa memakan waktu berkisar antara 3-5 bulan, tergantung dari perawatan kita. Semakin bagus dan benar kita melakukan perawatan, mungkin akan semakin cepat selesai dan pulih seperti sediakala.

Perawatan Murai Batu Mabung Pertama

  • Hindari anakan Murai Batu tersebut dengan jenis burung lain atau sesama jenis. Hal ini bisa menganggu masa mabung burung tersebut. Perlu kamu ketahui, saat mabung hormon Murai Batu akan naik drastis. Hormon Murai Batu akan menjadi tidak stabil dan bahkan berdampak negatif jika terganggu burung lain pada saat mabung.
  • Saat Murai Batu mabung, ia akan lebuh menyukai ketenangan. Jauhkan dari keramaian baik manusia, mesin dan jenis hewan lain yang berpotensi menganggu ketengannya.
  • Saat Mabung, sebaiknya mandikan selama 5 hari sekali saja. Lalu jemur hingga bulu kering selanjutnya angkat dan teduhkan.
  • Berikan pakan khusus untuk membuat sel murai atau terbentuk dengan sempurna,misal berikan jangkrik 5 ekor setiap hari dan bisa di berikan pagi dan sore hari. Selain pakan jangkrik, bisa juga kita berikan pakan kroto cukup satu sendok makan saja setiap hari dan berikan 2 kali pagi dan sore.
  • Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan lingkungan dan kandang Murai Batu, ganti air minum setiap hari berikan air masak.

Setelah Murai Batu siap mabung, maka sudah bisa dikatakan bahwa ia sudah bisa untuk dilatih untuk mengikuti kontes lomba burung. Salah satunya memasterkan Murai Batu dengan jenis burung lain seperti suara samyong untuk membangkitkan gairah kicauannya.

Demikianlah ulasan yang dapat kami informasikan tentang perawatan murai batu bakalan. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Finansial
Finansial Pahami Yuk! Contoh Pasar Monopolistik dan Pengertiannya

Pasar monopolistik adalah kebalikan dari pasar persaingan yang sempurna. Pada ilmu ekonomi, arti pa

Gadget
Gadget 8 Cara Mengatasi Lupa Sandi HP Vivo Untuk Pengguna Baru Android

Bagi para pengguna baru android pasti pernah mengalami banyak kendala yang sering dijumpai ketika s

Finansial
Finansial Mudah! Ini 7 Cara Menggunakan Tradingview

Supaya aktivitas jual beli saham yang kamu lakukan berjalan lancar, kamu dapat menggunakan berbagai

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia