Pinhome

Uncategorized

Cara Merawat Lemari Es di Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Lemari es adalah salah satu peralatan rumah tangga yang penting dan fungsional. Karena fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan makanan, lemari es juga berfungsi sebagai deposit pembelanjaan agar tak perlu belanja berulang-ulang dalam setiap harinya. Dengan kata lain, sebuah lemari es mewakili fungsi kepraktisan serta penghematan belanja rumah tangga.

Dengan fungsinya yang sangat vital, tentu saja perawatan lemari es tak bisa diacuhkan begitu saja. Sebab bila lemari es yang ada dirumah rusak dan harus membeli yang baru tentu merugikan dan bisa menganggu rencana pengeluaran yang sudah dibuat. Berikut kami hadirkan cara merawat lemari es di rumah agar tetap awet dari segi fungsional, serta bebas dari pelbagai hal yang tidak mengenakkan, mulai bau hingga bakteri yang bisa saja timbul dan mengkontaminasi makanan yang disimpan didalamnya.

Kenali Cara Merawat Kulkas Yang Benar, Pahami Cara Jaga Kebersihan Hingga Trik Membersihkan Yang Tepat

Disebutkan diawal tentang fungsi lemari es yang penting dan vital. Mengetahui cara merawatnya adalah jalan terbaik agar tetap awet dan fungsional. Berikut adalah tips dan trik yang perlu diketahui.

1. Bersihkan Berkala, Mulai Dari Bagian yang Bisa Dilepas

Membersihkan kulkas atau lemari es sebenarnya tidak terlalu sulit. Sebab desain lemari es telah disetting agar mudah untuk dibersihkan. Yang pertama perlu diketahui adalah bagian-bagian dalam lemari es tersebut. Dalam artian rak-rak yang ada apakah built in atau bongkar pasang. Untuk jenis rak built in, mulai pembersihan dengan mengeluarkan isi kulkas, lalu gunakan lap bersih yang lembab, sementara untuk bagian yang bongkar pasang tentu lebih mudah, karena bagian-bagian rak bisa dilepas dan cuci terpisah dengan menggunakan cairan pencuci piring. Tentu lebih bersih dan bebas bakteri.

Jadwalkan pula pembersihan secara teratur. Paling mudah tentu saja mengikuti tempo belanja. Bila jadwal belanja dilakukan setiap sebulan sekali ada baiknya untuk mensortir isi kulkas per dua minggu, sementara bila belanja dijadwalkan sekali sepekan tentu jauh lebih mudah karena isi kulkas tak harus terlampau penuh dan akan selalu fresh.

2. Kenali Jenis Lemari Es Di Rumah, Apakah Built In Freezer atau Dua Pintu dengan Freezer Terpisah

Hal yang kedua adalah mengenali jenis lemari es yang dimiliki. Apakah satu pintu, dengan built in freezer atau dua pintu dengan freezer terpisah. Ini penting sebab bagian ini juga perlu dibersihkan. Saat paling urgen membersihkannya tentu saja saat sudah terjadi penumpukan bunga es.

3. Kenali Dengan Cara Menyimpan Makanan Yang Benar, Taruhlah Bubuk Kopi Saat Sudah Selesai Dibersihkan

Kulkas adalah peralatan yang rentang berbau. Apalagi bila tak terawat berkala. Salah satu cara menghindarinya tentu dengan mengetahui trik menyimpan makanan dengan benar. Kenali jenis lemari es yang dimiliki. Sebab desain lemari es sebenarnya telah memungkinkan peletakan bahan makanan sesuai dengan rak. Sebagai contoh bagian ikan atau daging memiliki laci sendiri yang mencegah cairan menetes dan mencemari makanan lainnya, bagian sayur juga berada pada laci yang berbeda. Hindari menumpuk atau menaruh begitu saja, pastikan untuk menata dengan rapi.

Sebagai tambahan tips, bisa juga makanan dibungkus dengan cling wrap sebelum disimpan ini untuk mencegah agar aroma ikan atau daging yang disimpan tak mengkontaminasi bahan makanan lainnya. Meletakkan bubuk kopi di dalam kulkas juga bisa menghindarkan bau.

Sebenarnya masih ada banyak cara agar lemari es tetap fungsional dan terawat. Seperti misalnya dengan menghindari memasukkan sisa makanan matang kedalam kulkas tanpa pembungkus yang representatif. Termasuk juga jangan membiarkan makanan tumpah dan tidak dilap terlalu lama, selain kotor juga dapat menimbulkan masalah bau.

Tags :

Bagikan Artikel