Pinhome

Cara Merawat Kenari Agar Ngedur Saat Lomba

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 19 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Cara merawat Kenari bahan agar ngedur saat lombaBurung Kenari merupakan salah satu jenis burung impor berukuran kecil yang masih menjadi salah satu burung primadona dikalangan para kicau mania.

Jenis burung Kenari terbilang cukup banyak. Namun, dalam perawatan harian dapat digolongkan menjadi burung lomba dan untuk burung peliharaan dirumah. Tentu keduanya memiliki cara perawatan yang berbeda. 

Banyak kicau mania yang bertanya-tanya tentang cara membuat Kenari tampil ngedur di lapangan atau di gantangan. Pertanyaan ini di latar belakangi karena burung Kenari sering ngetem di gantangan.

Kira-kira apa solusi dan bagaimana cara merawat Kenari bahan agar ngedur saat lomba?

Cara Merawat Kenari Agar Ngedur Saat Lomba

merawat kenari agar ngedur

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini dan mempraktikannya pada Kenari bahan atau burung Kenari muda. Apabila burung Kenari mu sudah dewasa, kamu dapat melewati tips-tips berikut.

1. Karakter Kenari

Agar Kenari bahan ngedur saat lomba, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah karakternya. Cari ciri fisik burung yang bagus untuk lomba. Amati kelincahan burung Kenari dan suaranya.

Dalam sekali lihat, memang sulit diketahui karakter burung Kenari. Namun, kamu bisa melihat postur tubuh, ciri fisik lain, tingkat keaktifan, kelincahan, dan suara kicauan burung Kenari.

Baca juga : Cara Mengetahui Kenari Merah Asli atau Semiran

2. Penjemuran Kenari

Untuk Kenari bahan agar ngedur saat lomba, membutuhkan kondisi yang prima, sehingga kamu harus menjemur Kenari.

Cara menjemurnya adalah saat pagi Kenari diangin-anginkan dulu, kemudian dijemur. Perlu diingat bahwa proses diangin-anginkan ini sangat penting. Karena jika langsung dijemur, Kenari malah cepat birahi tinggi dan bahayanya dapat membuat mata Kenari katarak.

Durasi penjemuran Kenari bahan yang bagus selama 20 – 30 menit. Jangan langsung dijemur terlalu lama, karena kamu harus mengatur birahi Kenari terlebih dahulu.

3. Pengembunan Kenari

Kenari bahan agar tampil ngedur harus diembunkan dulu. Sebab, pengembunan sangat penting. Waktu pengembunan Kenari yang bagus jam 05.00-06.00.

Intinya, burung Kenari diembunkan lewat jam 05.00. Jangan sampai mengembunkan burung kurang dari jam 05.00 karena dampaknya juga tidak terlalu bagus.

4. Pakan Kenari

merawat kenari agar ngedur

Untuk pakan Kenari, pilih yang komposisinya rendah dulu. Jadi, bertahap mulai dari pakan tingkat rendah, kemudian meningkat menjadi pakan sedang, hingga tinggi.

5. Pakan Extra Fooding (EF)

Selain makanan pokok, Kenari bahan agar ngedur dilapangan juga membutuhkan pakan tambahan alias pakan extra fooding (EF) bisa menggunakan sawi, jagung, dan telur.

Pemberian pakan EF bertahap dilihat dari minggu ke minggu. Nanti, kamu dapat melihat perubahan Kenari setelah diberi EF di minggu pertama dan kedua atau seterusnya.

Untuk awal-awal, kamu dapat memberikan sawi putih dulu. Kamu juga bisa mengombinasikan sawi putih dan sawi hijau. Misal, 2 hari pertama sawi putih, lalu 2 hari berikutnya sawi hijau.

Baca juga : Pakan Tambahan Burung Kenari agar Gacor dan Rajin Bunyi

Selain itu, untuk jagung dan telur, sebaiknya diberikan 1 minggu sekali. Misalnya pemberian telur ke burung Kenari bisa dilakukan setiap hari Jumat atau Sabtu. Kalau jagung bagus diberikan ke Kenari setelah pengumbaran. Nanti akan terlihat bagaimana burung Kenari bahan ngedur saat lomba.

6. Pengumbaran Kenari

Bagi Kenari bahan agar ngedur di lapangan perlu diumbar. Pengumbaran yang bagus dilakukan 1 minggu 3 kali. Namun, untuk Kenari yang sudah jadi, pengumbaran tidak terlalu penting. Latihan umbaran Kenari bahan bisa dilakukan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

7. Mengatur Birahi Kenari

Apabila posisi Kenari sedang over birahi, sebaiknya pakan diturunkan agar birahi stabil. Intinya, pakan harus disesuaikan agar birahi tetap stabil.

8. Mandi Malam

Kenari over birahi juga bisa diturunkan menggunakan mandi malam. Bahkan, tidak hanya untuk mengurangi birahi, tetapi mandi malam juga dapat membuat Kenari lebih mapan.

Waktu pemandian malam pada burung Kenari sebaiknya antara jam 19.00-21.00. Jangan sampai memandikan Kenari melewati jam 21.00.

Burung dibuat nyaman, jangan sampai memandikan Kenari terlalu basah atau kering. Sesuaikan dengan kondisi burung dan cuaca saja. Sebab, burung Kenari yang kedinginan atau terlalu basah juga tidak bagus. Sebaliknya, Kenari yang kurang basah juga tidak akan ada efeknya.

9. Latihan Gantang Kenari

merawat kenari agar ngedurAgar burung kenari bahan agar ngedur saat lomba, burung Kenari dapat dilatih gantang setiap 1 minggu sekali. Burung Kenari bahan jangan dilatih terlalu sering nanti takutnya malah over birahi.

Selain itu, Kenari adalah burung Koloni, semakin sering bertemu lawan, maka sifat fighter akan keluar. Takutnya kalau dimainkan sering, maka burung bahan bisa over birahi.

Selain itu, sesi latihan juga tidak perlu terlalu banyak, Kenari cukup dimainkan 2 sesi saja. Kalau Kenari main di banyak sesi, namanya bukan latihan, tetapi ambisi mencari gelar juara atau mencari amplop.

10. Posisi di Gantangan

Lebih baik Kenari jaga jarak dulu dengan Kenari gacor. Walau efeknya bagus untuk Kenari, tapi dalam jangka panjang tidak bagus. Nanti, setelah mabung, biasanya Kenari harus dicarikan setingan baru lagi. Birahi burung Kenari juga menjadi tidak pas, kamu harus mengatur birahinya lagi.

Sebaiknya beri jeda 2 sangkar atau 1 sangkar saat proses gantang dengan Kenari gacor. Setelah Kenari mulai terbiasa, posisi bisa didekatkan atau posisi zig zag, posisi samping, kemudian baru posisi tempel atau dekat.

Kesimpulan

Jadi kembali lagi ke karakter burung Kenari. Pemilihan karakter burung Kenari penting untuk mengetahui apakah burung memiliki bakat tampil ngedur atau tidak.

Sayangnya, tidak semua orang dapat melihat karakter Kenari lomba atau Kenari yang berbakat. Oleh karena itu, kamu dapat memastikannya dengan melakukan pola perawatan dan latihan sehingga Kenari bahan cepat ngedur saat lomba.

Kenari bahan bisa tampil ngedur dan gacor biasanya memakan waktu 1 minggu dan maksimal 1 bulan. Kalau burung sudah dirawat dengan setingan baik dan benar tetapi tidak jalan lebih dari 1 bulan, berarti burung Kenari tersebut memang tidak bakat.

Sekian informasi tentang cara merawat kenari bahan agar ngedur saat lomba. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel