Cara Merawat Jalak Suren Mabung Agar Cepat Selesai - Pinhome

Pinhome

Cara Merawat Jalak Suren Mabung Agar Cepat Selesai

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 4 November 2021 ∙ 7 menit membaca

Cara Merawat Jalak Suren Mabung – Jalak Suren merupakan salah satu jenis burung kicau atau salah satu dari jenis burung Jalak yang populer diantara jenis jalak lainnya.

Jalak Suren populer dari jenis Jalak lain bukan karena tanpa alasan, burung ini selain mempunyai warna yang menarik, pandai meniru suara burung lain (termasuk suara apa saja), kicauannya lebih variatif dan merdu, jalak suren juga lebih mudah untuk gacor ditambah dengan gaya garudanya.

Untuk mendapatkan Jalak Suren yang gacor tentu saja perlu usaha, salah satunya yaitu dalam perawatannya, baik perawatan harian maupun perawatan Jalak Suren mabung.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Jalak Suren Macet Bunyi

Jalak Suren Mabung

cara merawat jalak suren mabung
(Pixabay)

Masa mabung (molting) merupakan hal alami yang akan dialami semua jenis burung, tidak terkecuali Jalak Suren. Pada waktu berganti bulu atau mabung, burung Jalak Suren pada umumnya tidak berganti bulu dengan menyeluruh, namun hanya sebagian saja.

Proses ini tentu saja akan membutuhkan perhatian khusus dari sang pemiliknya. Entah itu dari perawatan, pemberian makanan serta pemberian vitamin yang dibutuhkan.

Baca juga: 8 Cara Memilih Jalak Suren yang Bagus dan Berkualitas

Dampak Jalak Suren Gagal Mabung

cara merawat jalak suren mabung

Pada waktu mabung, burung Jalak Suren bisa jadi kurang aktif serta tak begitu banyak berkicau. Pada saat itu, burung akan mengumpulkan energinya guna menyelesaikan masa mabungnya dengan sempurna.

Jika untuk proses mabungnya terganggu, burung bisa akan mengalami beraneka dampak negatif seperti :

  • Gagal atau macet mabung, yaitu kondisi di mana proses mabung tidak berjalan lancar atau macet.
  • Mabung berjalan sangaaat lama, yaitu kondisi di mana burung tidak bisa kembali ke fase fit lantaran bulu–bulu yang nyulam terus-menerus atau mabung tidak pernah tuntas.
  • Bulu-bulu yang baru muncul mudah rusak, kering, dan keriting.

Burung Jalak Suren pada saat memasuki fase mabungnya, tandanya akan banyak bulu halus yang rontok di dasar sangkar. Ketika seperti itu, sebaiknya segera melakukan perawatan khusus mabung. Tujuannya supaya proses ganti bulunya bisa berjalan dengan lancar serta sempurna.

Baca juga : Cara Menjinakkan Jalak Suren Giras Dengan Cepat

Kapan Jalak Suren Mabung Pertama?

Mabung adalah proses normal dan alami pada setiap burung dan unggas yang berlangsung setiap 1-2 kali dalam setahun (tergantung kondisi burung).

Biasanya yang sedang merawat jalak suren apalagi pertama kali memelihara sering menanyakan jalak suren mabung pertama umur berapa bulan? Berapa lama Jalak Suren mabung? Jalak Suren mabung jadi macet bunyi?

Jalak Suren mabung pertama kali biasanya umur 4-6 bulan, 4 bulan bulu sudah copot, sekitar umur 7 bulan bulu trotol ganti total ke bulu dewasa, dan mabung berlangsung 2-3 bulan, jika Jalak Suren jarang bunyi saat mabung itu sangat normal.

Baca juga: Perbedaan Jalak Suren Jawa dan Jalak Suren Sumatera

Cara Merawat Jalak Suren Mabung

cara merawat jalak suren mabung

Ketika Jalak Suren sudah memasuki masa mabungya, maka sangat dibutuhkan perhatian khusus agar Jalak Suren mabung cepat selesai dan tuntas. Sedangakan cara merawat Jalak Suren mabung bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Kawallah proses mabung jalak suren dengan menyediakan multivitamin tambahan atau suplemen khusus burung mabung.
  • Jangan menggantang sangkarnya di tempat yang terlalu panas dan kering, melainkan di tempat lembab. Suhu yang lembab bisa membantu mempercepat proses rontoknya bulu-bulu lama. Selain itu, sangkar perlu ditutup kerodong secara full, dengan catatan suhu ruangan terlalu panas atau kering.
  • Jauhkan Jalak Suren dari burung lain yang bersuara sangat kencang seperti poksay jambul atau Jalak Hongkong.
  • Jemur burung seperlunya saja, dan hanya dilakukan pada pagi hari, yaitu ketika matahari telah terbit. Durasi penjemurannya cukup 10 – 20 menit, sekadar membantu menghilangkan tungau / kutu yang bermukim pada kulit dan bulu burung.
  • Selalu menjaga kebersihan sangkar dan tenggeran dengan rutin membersihkannya dua kali seminggu selama burung mabung. Kotoran lama yang tidak pernah dibersihkan bisa menjadi sarang parasit dan tungau. Kalau tidak segera dibersikan, maka parasit atau tungau bisa menyerang kulit burung yang botak dan bulu-bulu yang baru tumbuh.
  • Ketika Jalak Suren sedang meluruhkan bulu-bulunya, sebaiknya kurangi atau hentikan sementara pemberian mandinya. Mandi hanya diberikan setelah bulu-bulu baru mulai tumbuh.
  • Berikan pakan dua kali lebih banyak daripada biasanya. Kalau pada waktu normal burung biasa diberi jangkrik sebanyak 3 ekor, maka saat mabung porsinya bisa ditambah menjadi 5 – 6 ekor setiap hari. Untuk membantu menjaga staminanya, cacing tanah juga bisa disajikan sebagai pakan tambahan.
  • Selain pakan tambahan, kamu juga bisa memberikan pakan racikan khusus untuk burung jalak saat mabung. 
  • Burung Jalak Suren yang sedang memasuki masa mabung pertama atau keduanya bisa diberikan pemasteran dengan suara-suara yang diinginkan. Pemasteran bisa dilakukan dengan memanfaatkan burung masteran atau menggunakan audio suara burung dari mp3.
  • Hindari pemberian suplemen yang bisa meningkatkan birahi Jalak Suren, sebab akan membuatnya bertambah gacor. Hal ini akan mengganggu bioritme burung sehingga membuat proses mabung menjadi terhambat atau terganggu.

Baca juga: Mengenal Burung Jalak Suren (Asian Pied Starling) 

Perawatan Jalak Suren Mabung Menurut Beberapa Versi

cara merawat jalak suren mabung

Berikut beberapa versi perawatan Jalak Suren mabung oleh beberapa anggota JSI:

@Andik YR

Untuk perawatan harian Jalak Suren mabung beda sama jenis burung kicau lainnya. Ada beberapa faktor yg mempengaruhi pada masa mabung diantaranya; umur, musim, dan sebagainya.  Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Jalak Suren full krodong dan tambah porsi ef dari sebelumnya. Mandi atau jemur cukup sekali seminggu. Bila perlu, tak usah mandi jemur. Jika memang berkeinginan djemur, lakukan sebentar saja maksimal 10 menit. Setelah dijemur diangin-angin kan sebentar, baru dikerondong lagi.

Baca juga: Makanan Jalak Suren Terbaik Agar Rajin Bunyi 

@Taupik Qurrohman Arga

Sama seperti Andik YR. Kalau saya tetap menyediakan cepuk mandi hariannya didalam sangkar.biasanya burung akan mandi sesuai kebutuhan saat mabung, jangan menyemprot atau memaksa burung masuk keramba.

Perbanyak pemasteran, terutama pada malam hari saat burung yg lain sama-sama tidak kicau. Beri asupan UH tiap harinya selama mabung, ga usah banyak, cukup tiap hari 7 selain ef yg lain.

Sebab UH sangat berperan penting untuk membantu proses mabung, agar cepat dan sempurna, cukup diangin-anginkan saja, jangan terlalu banyak penjemuran, seminggu sekali sudah cukup.

Baca juga : Analisa dan Cara Sukses Ternak Jalak Suren Untuk Pemula

@Aby Giezoz

Biar proses mabung cepat sempurna, usahakan selama 1 bulan full krodong. Agar proses mabung cepat selesai, hindari sinar matahari agar bulu tetep halus.

Agar lebih sempur, usahakan hanya ada burung masteran saja. Jangan didekatkan dengan sesama jenis agar burung tidak bertarung tidak menghambat proses mabung.

Baca juga: 7 Manfaat Ulat Jerman untuk Jalak Suren

@Andrie Minggon Munggaran

Perawatan Jalak Suren mabung hampir sama dengan burung-burung lainnya, yaitu dengan di krodong terus. Jangan lupa untuk selalu bersihkan kandangnya. Jika sedang mabung, waktu yang tepat untuk memaster Jalak Suren adalah malam hari.

@Dadang Rukmana

Kalau saya dulu ef jangkrik tetap 5 pg 5 sr, perbanyak ef ulat hongkong biar mabungnya cepat dan tidak nyulam. Kalau kelihatan ambrol sampai botak, ef jangkrik diperbanyak sampai 7 pg 7 sr.

Setelah selesai ef jangkrik kembali jadi 5 pg 5 sr, jangan lupa pisangnya, dan waktu mabung. Sedangkan untuk masa mandinya hanya 1 kali.Sekiranya itulah yang saya terapkan.

Baca juga: Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina Anakan

@Yusuf Septiono

Jalak Suren ane mabung tetep jemur cuman porsi dikurangin cuma 10 menit pagi aja. Mandi selalu rutin kasi cepuk langsung renang dengan bahagia smp airnya di cepuk abis.

Kerodong cuma malam hari aja. Sering diajak main pake tangan. Jalak Suren ane waktu mabung tak ajak maenan jadi makin nempel sama ane. Pemasteran sesempatnya aja, terutama sore menjeang malem kondisi di kerodong.

@Romsul Hadi

Tiap pagi dijemur sambil dimasterin, tidak lupa kasih ef jangkrik 5, kroto seminggu sekali, dan tidak lupa kasih pisang. Siang- sore dikerodong sambil dimasterin. Malam cuma dikerodong aja biar burungnya tenang.

Baca juga : Pakan Jalak Suren Terbaik Agar Rajin Bunyi

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang cara merawat Jalak Suren mabung agar cepat selesai.

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel