Pinhome

Uncategorized

Cara merawat cucak ijo agar ngentrok

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Cara merawat cucak ijo agar ngentrok memang tidaklah mudah. Bagi mereka para penggemar burung cucak ijo pastinya sudah sangat ahli untuk memberikan perawatan pada cucak ijo tersebut. Namun bagi mereka yang masih amatiran dalam merawat burung cucak ijo tersebut akan sangat kesulita untuk merawat cucak ijo sampai bisa ngentrok.

Banyak sekali para penggemar cucak yang mencari Cara merawat cucak ijo agar ngentrok. Untuk rawatan burung cucak ijo ini supaya bisa cepat gacor dan ngentrok akan sangat menarik untuk Anda lakukan, bahkan juga untuk Anda yang masih pemula dalam merawat burung cucak ijo tersebut. Apalagi jika burung cucak ijo rawatan Anda tersebut sudah mulai berkicau pastinya Anda akan sangat senang sekali.

Namun sebenarnya burung petarung untuk kicauan ini juga banyak, seperti halnya dnegan burung kacer, cendet dan berbagai burung yang lainnya. Nah sebenarnya untuk rawatan yang sederhana untuk burung cucak ijo tersebut yaitu dengan memberikannya makan pisang, papaya, apel, dsb dan juga tambahan makanan extra fooding seperti halnya dengan jangkrik, ulat hongkong, ulat kaang, kroto yang berfungsi untuk meningkatkan stamina serta untuk mencukup gizi burung tersebut supaya burung tersebut cepat gacor.

Selain masalah makan maka Cara merawat cucak ijo agar ngentrok Anda juga harus menjaga kebersihan untuk kandangnya. Biasanya untuk mereka para perawat burung cucak ijo tidak memberikannya voor ke cucak ijo ini dikarenakan sudah banyak kejadian kalau voor ini membuat suara dari burung cucak ijo tersebut menjadi serak serta membuat bulu burung bisa menjadi lebih cepat kusam.

Untuk Anda yang merawat cucak ijo tersebut sangat disarankan supaya memberikan buah-buahan dan juga Ep yang tentunya tepat. Kalau suara cucak ijo yang Anda miliki tersebut terlanjur serak maka perlu untuk melakukan berbagai metode.

cucak ijo ngentrok
cucak ijo ngentrok

Cara merawat cucak ijo agar ngentrok

Nah berikut ini yang bisa Anda lakukan di rumah, agar burung cucak hijau kita bisa negentrok sambil berkicau lantang

  1. Pastikan dahulu kalau burung cucak ijo yang Anda miliki tersebut memiliki jenis kelamin jantan, ini dikarenakan burung cucak ijo yang jantan ini lebih rajin untuk berkicaunya serta juga memiki suara yang bervariasi.
  2. Kalau Anda merawat cucak ijo hasil tangkapan dari hutan maka Anda perlu proses untuk penjinakannya terlebih dahulu. Ini agar burung tersebut tidak takut dengan manusia dan mau untuk berkicau walaupun banyak orang yang ada di sekitarnya.
  3. Cara selanjutnya yaitu dimulai dari subuh. Anda keluarkan dahulu burung cucak hijau tersebut supaya bisa menghirup udara segar pada waktu pagi hari. Ini sebgai proses untuk pengembunan.
  4. Kalau mataharinya sudah muncul maka Anda bisa memanikan burung cucak ijo tersebut dengan menggunakan sprai atau dnegan memakai keramba mandi. Ini tergantung dnegan kebiasaan, akan tetapi lebih disarankan untuk latihan dengan memakai keramba. Hal ini dikarenakan burung tersebut akan lebih bebas dalam mandi serta menjadikan burung tersebut juga semakin jinak.
  5. Kemudian pada saat burung tersebut mandi di keramba maka Anda bisa untuk membersihkan dahulu kotoran dari burung tersebut. Hal ini digunakan untuk menghilangkan bakteri penggagu ataupun kutu yang dapat berkembang biak pada kotoran burung.

Nah selain 5 yang ada diatas masih ada Cara merawat cucak ijo agar ngentrok. Diantaranya yaitu:

  1. Anda berikan buah pisang untuk makanannya setiap hari, bisa Anda seling dnegan menggunakan buah apel ataupun dnegan papaya.
  2. Kemudian untuk ekstra fppdingnya Anda bisa memberikan jangkrik pada waktu pagi ataupun sore hari. Anda bisa memberikannya sebanyak 3 ekor, lalu kemudian Anda bisa menambahkan ulat kandng sejumput sebagai tambahan pakan hewaninya, supaya burung tersebut bisa menjadi lebih sehat dan gacor.
  3. Setelah selesai mandi pada keranda maka burung bisa Anda jemur dengan waktu maksimal sampai pukul 10.
  4. Kemudian Angin-aningkan burung pada teras sambil Anda dengarkan kicauan merdunya.
  5. Burung tersebut bisa Anda kerodong kalau Anda sedang melakukan proses pemasteran.
  6. Selanjutnya untuk sore hari burung tersebut tidak usah Anda mandikan, cukup dengan memberikan jangkrik sebanyak 3 ekor dan ulat kandang sejumput saja.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang Cara merawat cucak ijo agar ngentrok. semoga bermanfaat untuk Anda semuanya. oh ya.. agar tidak keliru dalam memilih cucak hijau jantan, bisa baca ciri ciri cucak ijo jantan dan betina

Tags :

Bagikan Artikel