5 Cara Merawat Ayam Bangkok Agar Juara

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 5 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Di kalangan komunitas pecinta ayam jago di Indonsia, nama ayam bangkok sudah tidak asing lagi, bahkan menjadi favorit. Namun, tidak semuanya menguasai cara merawat ayam bangkok yang benar. Padahal, perawatan ayam sejak muda menentukan kualitas ayam setelah dewasa.

Sebenarnya, setiap orang bisa memiliki tips dan trik tersendiri dalam merawat ayam bangkok miliknya. Namun, ada beberapa hal penting yang wajib dilakukan agar ayam bangkok peliharaanmu tumbuh menjadi ayam berkualitas juara.

Penggunaan Kandang yang Cocok

Cara merawat ayam Bangkok yang tepat tidak boleh mengabaikan kesesuaian kandang dengan usia ayam. Kamu harus mempersiapkan kandang yang berbeda untuk anak ayam dan indukannya. Kandang keduanya harus dipisah karena perawatannya pun tidak sama.

Bibit yang baru menetas sebaiknya ditempatkan di kandang yang dilengkapi lampu agar suhu tetap hangat. Hal ini penting dilakukan karena anak ayam di usia 1-3 hari masih sangat rentan mati. Kamu bisa menggunakan boks yang diberi lampu kecil berdaya kira-kira 5 watt.

Setelah mencapai umur 2 bulan, pindahkan ayam ke kandang sendiri yang lebih besar. Kandang harus dibersihkan setiap hari. Selain di kandang, ayam juga sudah bisa diperbolehkan mandi tanah agar tulangnya tumbuh dengan baik dan ayam terbiasa dengan lingkungannya.

Cara Pemberian Pakan Ayam Bangkok

Dalam perawatan hewan ternak, pemberian pakan adalah hal yang paling penting diperhatikan, termasuk dalam cara merawat ayam. Selain berfungsi sebagai sumber energi, jenis pakan ayam Bangkok juga akan berpengaruh pada tingkah laku dan performa ayam.

Cara memberikan pakan yang baik harus mengikuti beberapa hal berikut:

1. Sesuaikan takaran pakan dengan berat badan ayam. Sebagai contoh, ayam dengan bobot 3-4 kilogram membutuhkan pakan sebanyak 200-300 gram setiap kali waktu makan (bukan dalam sehari).

2. Jenis pakan juga harus disesuaikan dengan usia ayam. Ayam yang masih muda tentu membutuhkan pakan yang berbeda dengan ayam dewasa. Jenis pakan yang tepat sesuai usia ayam adalah:

  • Ayam yang baru menetas: sampai usia 2 hari, ayam cukup beri air minum, setelah itu berikan campuran pur dan bekatul dengan perbandingan 4:1.
  • Usia 3 bulan: voer 592 dan minuman yang diganti setiap hari.
  • Usia di atas 3-6 bulan: voer 594 dan bisa dicampur nasi putih. Berikan juga tambahan berupa susu karena kandungan protein, mineral, dan vitaminnya susu sangat baik untuk pertumbuhan anakan ayam.
  • Usia di atas 6 bulan: kombinasikan pakan agar kebutuhan zat gizinya tercukupi dengan baik sehingga ayam akan memiliki tubuh yang ideal dan kecerdasannya pun meningkat.

3. Berikan suplemen dan vitamin tambahan sejak ayam berusia 1 bulan. Lakukan di malam hari karena saat itu, kondisi ayam sedang tenang sehingga proses penyerapan oleh tubuh berjalan dengan sempurna.

Baca juga: 5 Gaya Bertarung Hebat Ayam Bangkok Pakhoy (Kemampuan dalam Pertempuran)

Cara Memandikan Ayam Bangkok

Untuk menjaga ayam tetap bersih dan terhindar dari penyakit, selain kandangnya dibersihkan setiap hari, ayam juga perlu dimandikan. Memandikan ayam juga akan membuat penampilan ayam, khususnya ayam Bangkok super, jadi lebih menarik dan performanya lebih baik.

Cara merawat ayam Bangkok dengan memandikannya pun tidak bisa dilakukan asal-asalan, harus dilakukan dengan cara yang benar, yaitu:

  • Pegang ayam, tenangkan, lalu basuh bagian kepalanya menggunakan spons basah.
  • Siramkan air secara perlahan ke bagian leher hingga tengkuk, lalu lap dengan handuk kering agar bulu di leher tidak banyak mengandung karena bisa merusak warnanya.
  • Bersihkan daerah kloaka sampai benar-benar bersih.
  • Basuh bagian sayap, ketiak, dan kaki, lalu keringkan dengan handuk bersih.
  • Bersihkan dubur ayam.

Waktu terbaik untuk memandikan ayam adalah setiap pukul delapan pagi, kecuali saat hujan. Gunakan air bersih dari sumur, jangan gunakan sabun dan air hangat karena bisa merusak bulu. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar ayam Bangkok yang sedang dimandikan di bawah ini.

Cara Menjemur Ayam Bangkok

Setelah dimandikan, ayam harus dijemur untuk mengeringkan sisa-sisa air pada bulu dan badannya. Untuk menjemur, masukkan ayam ke dalam kurungan bulat yang bagian bawahnya sudah diberi alas kayu atau bebatuan agar ayam tidak kembali kotor.

Lakukan penjemuran sampai pukul sepuluh pagi saja. Selama jam-jam tersebut, yaitu antara pukul 08.00-10.00 pagi, sinar matahari mengandung vitamin D inaktif yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan bulu ayam.

Baca juga: 4 Teknik Melatih Ayam Bangkok Aduan (Mutu Pemenang)

Perawatan Intensif dan Latihan

Seperti halnya manusia, ayam pun punya golden age. Perawatan intensif harus dilakukan dari kecil hingga ayam berusia 6 bulan dan seluruhnya dilakukan di dalam kandang. Jika diumbar, ayam akan kehilangan energi yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhan.

Latihan bisa dimulai saat ayam berusia 6–7 bulan karena pada usia 1–5 bulan, perawatan lebih ditujukan untuk memaksimalkan proses pertumbuhan badan. Jika pada masa emas ini ayam tidak dirawat dengan baik, posturnya akan terlihat kurang tegap.

Biasanya, latihan diberikan pada ayam aduan, seperti bangkok birma dan mangon. Tujuannya agar ayam siap adu dan memiliki kemampuan tarung yang mumpuni. Namun, meskipun ayam tidak hendak dijadikan ayam petarung, latihan juga tetap perlu diberikan.

Ayam Bangkok import yang sering diberi latihan fisik akan terbiasa bekerja keras dan memiliki tubuh yang kuat. Kamu bisa memberikan latihan berupa senam setiap pagi sehingga otot-otot ayam akan menjadi lemas, lentur, tetapi kuat.

Demikianlah lima hal penting yang perlu diperhatikan terkait cara merawat ayam bangkok. Pada mulanya memang terlihat merepotkan, tetapi jika perawatan dilakukan dengan cara yang tepat, kamu dijamin puas karena mendapatkan ayam berkualitas jawara.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Model Keramik Motif Paving Terbaru

Paving sudah tidak asing lagi sebagai bagian dari lantai atau area jalan yang biasa dipasang di dep

Lifestyle
Lifestyle 10 Cara Restart Laptop yang Cepat di Windows & Mac OS

Saat laptop tiba-tiba macet dan not responding ketika dioperasikan, banyak yang memilih cara restar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik

Keramik backsplash adalah salah satu solusi dapur tetap bersih dan estetik dipandang. Hal tersebut

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia