Cara Menurunkan pH Air Kolam Secara Alami

Pinhome

Cara Menurunkan pH Air Kolam Secara Alami

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 18 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Sebagian besar pemilik kolam renang pasti memahami kadar kimiawi pada air kolam sangat penting. Karena itu mengetahui cara menurunkan pH air kolam secara alami sangatlah membantu. Air murni biasanya memiliki kandungan pH sebesar 7, sementara pH pada air kolam seharusnya antara 7,2 dan 7,8. 

Pinhome – Kandungan pH yang lebih rendah dianggap asam dan akan menyebabkan iritasi mata dan kulit atau korosi pada sistem kolam. Sementara kandungan pH yang lebih tinggi dari 7 akan menunjukkan kandungan alkaline atau kadar basa yang akan akan mengiritasi mata dan kulit pada saat berenang. Cara menurunkan ph air kolam secara alami menjadi pilihan para pemilik kolam renang untuk membuat keadaan berenang menjadi lebih nyaman.

Menggunakan bahan kimia kolam renang adalah cara termudah untuk menormalkan kadar pH air kolam, tetapi ada cara alami dan organik yang dapat melakukan hal tersebut. Beberapa orang lebih menyukai metode ini karena dianggap lebih aman dan ramah lingkungan. Dalam artikel ini Pinhome akan menguraikan beberapa cara menurunkan pH air kolam secara alami.

Baca Juga: Detail Biaya Pembuatan Kolam Renang Ukuran Standar

Apa Itu pH?

(aerinle.com/ph-balance)

Keseimbangan pH dalam air adalah ukuran seberapa asam atau basa kandungan dari air tersebut. Secara ilmiah pH itu sendiri merupakan singkatan dari “Potensial Hidrogen” atau kemampuan suatu zat untuk menarik ion hidrogen.

Indikator dari keseimbangan pH dimulai dari skala pH berkisar dari 0-14, dengan 0 yang paling asam dan 14 yang paling basa. Kebanyakan ahli setuju bahwa kisaran optimal untuk kolam renang adalah 7,2-7,6, atau akan lebih baik jika di angka 7,4.

Jika airnya terlalu asam, dapat menyebabkan kerusakan pada kolam dan beberapa iritasi yang cukup serius pada mata dan kulit. Tetapi jika terlalu basa, dapat menyebabkan kerak pada kolam dan air yang keruh.

Menurunkan pH Air

(Webshop.swimmingpools.be)

Tingkat pH air yang tidak normal memiliki efek sampingnya masing-masing, karena itu mengetahui cara menurunkan pH air agar kembali seimbang cukup penting, baik untuk kebutuhan konsumsi, kandungan air kolam renang, hingga kolam ikan. Bahan-bahan berikut ini bisa kamu temukan di rumah untuk menurunkan pH air:

Menggunakan Perasan Lemon

(Modern Mom)

Semakin asam kandungan air berarti semakin rendah kandungan pH air tersebut. Buah lemon bisa menjadi salah satu cara alami dalam menurunkan pH air kolam, termasuk juga air minum, karena buah lemon memiliki kadar keasaman tersendiri.

Air yang kita konsumsi ternyata juga bisa diseimbangkan kandungan pH-nya hanya dengan buah yang kaya akan vitamin C ini. Kandungan pH air yang terlalu rendah menghasilkan rasa yang sangat asam dan pahit. Karena itu perlu dipastikan untuk kadar asam dalam air masih dalam level yang wajar. Menambahkan irisan buah lemon ke dalam air sering juga dikenal dengan  tren detox water.

Baca Juga: 20 Cat Warna Hijau Lemon yang Membawa Suasana Hunian Ceria

Rebusan Daun Ketapang

cara menurunkan ph air kolam
(CNN Indonesia)

Menggunakan daun ketapang juga merupakan salah satu cara menurunkan pH air kolam secara alami. Cara menurunkan pH air ini sudah menjadi cara yang dilakukan sejak zaman nenek moyang kita terdahulu. Untuk menurunkan pH air dengan cara ini, daun ketapang perlu direbus terlebih dahulu. Daun ketapang perlahan akan membuat air berubah warna menjadi kekuning-kuningan akibat zat tanin dalam daun ketapang. Hal tersebut terjadi jika tidak direbus terlebih dahulu. 

Cara menurunkan pH air kolam dengan cara ini cukup mudah. Pins hanya perlu mengambil daun ketapang yang sudah direbus, selanjutnya rendam ke dalam kolam air selama beberapa hari. Cara alami dalam menurunkan pH air ini tidak mencemarkan lingkungan sekitar dan terkenal ampuh sehingga sangat direkomendasikan.

Batang Daun Pepaya

cara menurunkan ph air kolam
(Pikiran Rakyat)

Menggunakan batang dan daun pepaya juga merupakan salah satu cara menurunkan pH air kolam secara alami. Dikarenakan cara ini bebas bahan kimia, menurunkan kadar pH dengan menggunakan batang dan daun pepaya menjadi andalan para pemilik budidaya ikan lele.  Kesehatan ikan lele dalam kolam akan terjaga dan tentunya aman.

Selain itu batang dan pepaya juga bisa menjadi makanan untuk ikan lele di dalam kolam tersebut. Menurunkan pH air kolam dengan cara ini tidak perlu merebus daun dan potongan batang papaya, kamu hanya perlu merendam daun dan potongan batang pepaya ke dalam kolam air.

Memasukkan Cuka ke Air

cara menurunkan ph air kolam
(takasi-tau.blogspot)

Menuangkan cuka ke air juga merupakan salah satu cara menurunkan pH air kolam secara alami. Cuka yang digunakan adalah cuka putih biasa, untuk takaran 1 sendok makan cuka (15 ml) dapat dituangkan untuk 4 liter air. Kadar Alkalinitas dalam air akan netral dengan adanya tingkat keasaman dari cuka putih. Efeknya penurunan pH dengan menggunakan cuka dan lemon pada air hasilnya hampir serupa, karena cuka memiliki kadar pH 2-3 dan sari lemon memiliki kadar pH 2. Itulah mengapa menuangkan cuka putih ke dalam air dapat menurunkan kadar pH dari 7,5-7,7 menjadi sekitar 5,8-6,0.

Demikian informasi mengenai cara menurunkan pH air kolam dengan menggunakan bahan alami yang bisa kamu temukan di dapur kamu sehari-hari. Jangan lupa juga untuk selalu rutin mengukur kadar pH air menggunakan alat pengukur khusus pH air setiap 2-3 kali dalam satu minggu. Sekarang kamu bisa dengan mudah untuk menyeimbangkan kandungan pH air kolam kamu dengan mengikuti cara-cara ini kan Pins? Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca Juga: 14 Inspirasi Desain Kolam Renang Minimalis untuk Hunian


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel