BlogLifestyleEdukasiCara Menurunkan pH Air Kolam Secara Alami
0
0

Cara Menurunkan pH Air Kolam Secara Alami

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara menurunkan ph air kolamtop-right-banner

Bagi para pemilik kolam renang, memahami kadar kimiawi pada air kolam sangatlah penting. Pasalnya, pH air yang terlalu tinggi tidak bagus untuk kulit tubuh. Karenanya, penting untuk mengetahui cara menurunkan pH air kolam secara alami.

Air murni biasanya memiliki kandungan pH sebesar 7, sementara pH pada air kolam seharusnya antara 7,2 dan 7,8. Kandungan pH yang lebih rendah dianggap asam dan akan menyebabkan iritasi mata dan kulit atau korosi pada sistem kolam.

Sementara kandungan pH yang lebih tinggi dari 7 akan menunjukkan kandungan alkaline atau kadar basa yang akan akan mengiritasi mata dan kulit pada saat berenang. Menurunkan ph air kolam secara alami menjadi pilihan para pemilik kolam renang agar kegiatan berenang menjadi lebih nyaman.

Menggunakan bahan kimia kolam renang adalah cara termudah untuk menormalkan kadar pH air kolam. Tetapi, ada cara alami dan organik yang dapat dilakukan untuk menurunkan pH air pada kolam renang. Beberapa orang lebih menyukai metode ini karena dianggap lebih aman dan ramah lingkungan.

Dalam artikel ini Pinhome akan menguraikan beberapa cara menurunkan pH air kolam secara alami. Simak sampai habis ya!

Baca juga: 19 Inspirasi Desain Rumah Minimalis dengan Kolam Renang

Apa Itu pH Air?

Cara Menurunkan pH Air Kolam Renang Secara Alami
Source : aerinle.com/ph-balance

Keseimbangan pH dalam air adalah ukuran seberapa asam atau basa kandungan dari air tersebut. Secara ilmiah pH itu sendiri merupakan singkatan dari \\\”Potensial Hidrogen\\\” atau kemampuan suatu zat untuk menarik ion hidrogen.

Indikator dari keseimbangan pH dimulai dari skala pH berkisar dari 0-14, dengan 0 yang paling asam dan 14 yang paling basa. Sebagian besar ahli setuju bahwa kisaran optimal untuk kolam renang adalah 7,2-7,6, atau akan lebih baik jika di angka 7,4.

Jika airnya terlalu asam, dapat menyebabkan kerusakan pada kolam dan beberapa iritasi yang cukup serius pada mata dan kulit. Tetapi jika terlalu basa, dapat menyebabkan kerak pada kolam dan air yang keruh.

Cara Menurunkan pH Air Kolam Renang Secara Alami

Cara Menurunkan pH Air Kolam Renang Secara Alami
Source : Webshop.swimmingpools.be

Tingkat pH air yang tidak normal memiliki efek sampingnya masing-masing. Oleh karena itu, mengetahui cara menurunkan pH air agar kembali seimbang cukup penting, baik untuk kebutuhan konsumsi, kandungan air kolam renang, hingga kolam ikan. Bahan-bahan berikut ini bisa kamu temukan di rumah untuk menurunkan pH air:

Gunakan Perasan Lemon

Source : Modern Mom

Semakin asam kandungan air berarti semakin rendah kandungan pH air tersebut. Buah lemon bisa menjadi salah satu cara alami dalam menurunkan pH air kolam, termasuk juga air minum, karena buah lemon memiliki kadar keasaman tersendiri.

Air yang kita konsumsi ternyata juga bisa diseimbangkan kandungan pH-nya hanya dengan buah yang kaya akan vitamin C ini. Kandungan pH air yang terlalu rendah menghasilkan rasa yang sangat asam dan pahit. Karena itu perlu dipastikan untuk kadar asam dalam air masih dalam level yang wajar. Menambahkan irisan buah lemon ke dalam air sering juga dikenal dengan  tren detox water.

Baca juga: Macam-macam Kolam Renang Beserta Fungsinya

Gunakan Rebusan Daun Ketapang

cara menurunkan ph air kolam
Source : CNN Indonesia

Menggunakan daun ketapang juga merupakan salah satu cara menurunkan pH air kolam secara alami. Cara yang satu ini sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang kita terdahulu. Untuk menurunkan pH air dengan cara ini, daun ketapang perlu direbus terlebih dahulu.

Daun ketapang perlahan akan membuat air berubah warna menjadi kekuning-kuningan akibat zat tanin dalam daun ketapang. Hal tersebut terjadi jika tidak direbus terlebih dahulu. Cara menurunkan pH air kolam dengan cara ini cukup mudah.

Pins hanya perlu mengambil daun ketapang yang sudah direbus, selanjutnya rendam ke dalam kolam air selama beberapa hari. Cara alami dalam menurunkan pH air ini tidak mencemarkan lingkungan sekitar dan terkenal ampuh sehingga sangat direkomendasikan.

Gunakan Batang Daun Pepaya

cara menurunkan ph air
Source : Pikiran Rakyat

Menggunakan batang dan daun pepaya juga bisa digunakan untuk menurunkan pH air kolam secara alami. Dikarenakan cara ini bebas bahan kimia, menurunkan kadar pH dengan menggunakan batang dan daun pepaya menjadi andalan para pemilik budidaya ikan lele.  Kesehatan ikan lele dalam kolam akan terjaga dan tentunya aman.

Selain itu batang dan pepaya juga bisa menjadi makanan untuk ikan lele di dalam kolam tersebut. Menurunkan pH air kolam dengan cara ini tidak perlu merebus daun dan potongan batang papaya, kamu hanya perlu merendam daun dan potongan batang pepaya ke dalam kolam air.

Gunakan Cuka

Source : takasi-tau.blogspot

Menuangkan cuka ke air juga merupakan salah satu cara menurunkan pH air kolam secara alami. Cuka yang digunakan adalah cuka putih biasa, untuk takaran 1 sendok makan cuka (15 ml) dapat dituangkan untuk 4 liter air.

Kadar Alkalinitas dalam air akan netral dengan adanya tingkat keasaman dari cuka putih. Efeknya penurunan pH dengan menggunakan cuka dan lemon pada air hasilnya hampir serupa, karena cuka memiliki kadar pH 2-3 dan sari lemon memiliki kadar pH 2.

Itulah mengapa menuangkan cuka putih ke dalam air dapat menurunkan kadar pH dari 7,5-7,7 menjadi sekitar 5,8-6,0.

Gunakan Asam Klorida

Source : Pooloperationmanagement

Selain berbagai bahan alami di atas, Pins juga bisa memanfaatkan sam klorida untuk membuat pH air menjadi normal. Bahan yang satu ini sering digunakan untuk menetralkan air minum di industri air mineral kemasan.

Perlu diingat, sebelum menggunakan bahan yang satu ini Pins harus mengetahui takaran yang tepat terlebih dahulu agar pH air bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. Pins bisa menemukan asam klorida khusus untuk kolam renang di pasaran.

Gunakan Natrium Bisulfat

Source : Pooloperationmanagement

Tak hanya asam klorida saja, natrium bisulfat juga diklaim ampuh untuk menurunkan pH air dalam kolam renang secara alami. Bahan rumahan yang satu ini cukup sensitif untuk disentuh secara langsung. Jadi, pastikan kamu menggunakan sarung tangan saat menggunakannya ya, Pins!

Untuk cara penggunaannya sendiri, ini sama persis dengan penggunaan asam klorida. Pins hanya perlu mencampurkan bubuk natrium bisulfat pada air kolam renang dengan takaran yang sudah disesuaikan. Pastikan kamu sudah menggunakan takaran yang tepat ya!

Gunakan Tawas

Source : Tokopedia

Cara menurunkan pH air kolam renang yang terakhir adalah dengan menggunakan tawas. Sejak dulu, tawas diklaim mampu menurunkan pH air, baik pada kolam renang, kolam ikan, hingga air minum. Keberadaan tawas dapat membantu mempercepat proses pengendapan dan menurunkan pH air.

Demikian informasi mengenai cara menurunkan pH air kolam dengan menggunakan bahan alami yang bisa kamu temukan di dapur kamu sehari-hari. Jangan lupa juga untuk selalu rutin mengukur kadar pH air menggunakan alat pengukur khusus pH air setiap 2-3 kali dalam satu minggu.

Sekarang, kamu bisa dengan mudah untuk menyeimbangkan kandungan pH air kolam kamu dengan mengikuti cara-cara ini kan Pins? Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download