Catat, 11 Cara Menomori Halaman di Google Docs Via PC Dan Ponsel!

Diperbarui oleh ica ∙ November 17, 2022 ∙ 9 menit membaca

Pins bisa melakukan semua hal dasar seperti membuat dan mengedit dokumen, menambahkan gambar, teks, tabel, dan grafik dalam berbagai format di Google Docs. Bahkan kamu juga bisa menyinkronkan file di semua perangkat, membagikannya dengan orang lain, dan berkolaborasi dalam dokumen. Namun, tahuah kamu cara menomori halaman di Google Docs?

Faktanya, tidak sedikit pengguna baru Google Docs yang kurang memahami hal ini. Ketika kamu perhatikan juga, Google Docs memang tidak membuat sendiri nomor halaman untuk dokumen baru.

Sebaliknya, sebagai pengguna Pins harus menambahkan nomor halaman di Google Docs sendiri. Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas seluk beluk penomoran halaman di Google Docs, termasuk cara menyembunyikan dan menghapus ya!

Baca juga:

Menomori Semua Halaman di Google Docs Lewat PC

Pins ingin menambahkan nomor ke semua halaman di Google Docs? Caranya cukup sederhana. Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Buka Google Docs di layar PC. Kamu bisa mengaksesnya dari browser ya. Dengan file yang sekarang terbuka, masuk ke Insert > Page number.

cara menomori halaman di Google Docs

2. Sekarang, pilih opsi pertama atau ketiga. Opsi pertama ini menambahkan nomor halaman di bagian atas (header) setiap halaman sementara yang terakhir menambahkan nomor halaman ke semua halaman di bagian bawah (footer).

Untuk membedakan kedua opsi ini, Google Docs menunjukkan ikonnya dengan angka 1 & 2 di bagian atas atau bawah tergantung di mana Pins ingin menambahkan nomor halaman.

2. Cara Menomori Halaman di Google Docs

3. Nomor halaman akan ditambahkan ke sudut atas atau bawah semua halaman, tergantung bagaimana Pins menambahkannya.

cara menomori halaman di Google Docs

Baca juga:

Memberi Nomor Semua Halaman Google Docs Via Ponsel

Bagaimana dengan penomoran halaman di Google Docs melalui ponsel? Jika pins ingin menambahkan nomor untuk semua halaman secara otomatis, maka kamu bisa ikuti langkah berikut:

1. Luncurkan aplikasi Google Docs di ponsel dan buka dokumen yang ingin Pins edit.

cara menomori halaman di Google Docs

2. Setelah dokumen terbuka, ketuk ikon Edit di sudut kanan bawah layar untuk mulai memodifikasinya.

3. Sekarang, ketuk ikon ‘+’ yang ada di bagian atas.

4. Ketika menu pop-up muncul di bagian bawah layar, gulir ke bawah dan pilih opsi ‘Page number’.

cara menomori halaman di Google Docs

5. Pada layar pop-up berikutnya, pilih salah satu dari dua opsi yang memiliki ikon dengan angka 1 & 2 di bagian atas atau bawah. Ikon pertama akan menambahkan nomor halaman di bagian atas (header) setiap halaman. Sementara ikon ketiga akan menambahkan nomor halaman ke semua halaman di bagian bawah (footer).

6. Sekarang Pins dapat menampilkan nomor halaman di lokasi yang dipilih untuk semua halaman.

Baca juga:

Menomori Halaman Setelah Halaman Sampul Google Docs Di PC

Jika Pins ingin menambahkan nomor halaman di semua halaman kecuali halaman pertama atau halaman sampul, maka kamu dapat melakukannya dengan memanfaatkan fungsi Insert di dalam Google Docs. Caranya bagaimana?

1. Buka dokumen melalui PC dan klik ke Insert > Page number.

cara menomori halaman di Google Docs

2. Saat Pins mengarahkan kursor ke opsi Nomor Halaman, maka ini akan membuka menu dengan opsi nomor halaman berbeda. Dari sini, klik opsi kedua atau keempat yang akan ditandai dengan angka 1 di bagian atas atau bawah. 

Pilih yang pertama untuk menambahkan nomor halaman sebagai header atau yang terakhir untuk menambahkannya sebagai footer di setiap halaman. 

Semua halaman yang kamu miliki, kecuali halaman pertama atau halaman sampul dokumen sekarang akan diberi nomor secara otomatis. Mudah bukan?

Baca juga: Memberikan Soal Ujian Rumah Menggunakan Google Form

Memberi Nomor Halaman Setelah Halaman Sampul Lewat Ponsel

Kamu juga bisa menomori semua halaman kecuali halaman sampul di Google Docs lewat aplikasi di ponsel. Ikuti langka-langkah penomorannya berikut ini:

1. Buka aplikasi Google Docs di ponsel dan buka dokumen yang ingin Pins edit. 

cara menomori halaman di Google Docs

2. Setelah dokumen terbuka, ketuk ikon Edit di sudut kanan bawah layar untuk mulai memodifikasi. 

3. Sekarang, ketuk ikon ‘+‘ di bagian atas.

4. Ketika menu popup muncul di bagian bawah layar, scroll ke bawah dan pilih opsi ‘Page number’.

cara menomori halaman di Google Docs

5. Pada layar pop-up berikutnya, pilih salah satu opsi yang memiliki ikon dengan angka 1 yang ditandai di bagian atas atau bawah. Ikon kedua akan menambahkan nomor halaman sebagai header untuk semua halaman setelah halaman pertama. Ikon keempat akan menambahkan nomor halaman sebagai footer setelah halaman pertama.

cara menomori halaman di Google Docs

6. Sekarang Pins dapat menomori halaman di lokasi yang dipilih pada semua halaman setelah halaman pertama/sampul.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Google atau Gmail

Menyembunyikan Nomor Di Halaman Pertama Google Docs Via PC

Pins ingin urutan penomoran halaman dimulai pada sampul atau halaman pertama tetapi tidak ingin melihat nomor halaman pada halaman pertama? Ini mudah, kamu tinggal menyembunyikan nomor di halaman pertama tersebut. Ikuti langkahnya di bawah ini:

1. Setelah Pins menambahkan nomor halaman ke semua halaman dalam dokumen, maka buka halaman pertama dan klik dua kali pada bagian header atau footer

cara menomori halaman di Google Docs

2. Pastikan kotak ‘Different first page’ dicentang. 

3. Sekarang, pilih nomor halaman dan tekan tombol Delete atau Backspace pada keyboard.

cara menomori halaman di Google Docs

4. Jika Pins ingin halaman pertama dikenal sebagai halaman sampul atau halaman judul, kamu juga dapat mengganti nomor dengan kata yang ingin ditambahkan di sini. Contohnya seperti ‘Judul’ atau ‘Halaman Sampul’. 

cara menomori halaman di Google Docs

Pins dapat mengklik di mana saja pada dokumen untuk menyimpan perubahan. Sekarang terlihat tidak akan ada nomor halaman di bagian atas halaman sampul. Mudah kan?

Baca juga:

Menyembunyikan Nomor Di Halaman Pertama Google Docs Lewat Ponsel

Bagaimana jika Pins ingin menyembunyikan nomor di halaman pertama, namun tanpa PC? Tenang saja, kamu bisa kok mengeditnya melalui ponsel. Caranya mudah, kamu bisa ikuti step by step-nya di bawah ini:

1. Buka aplikasi Google Docs dari ponsel. Cari dokumen yang ingin diedit. Setelah Pins selesai mengatur nomor halaman di dalam dokumen, ketuk bagian header atau footer dari halaman pertama tergantung di mana kamu menambahkan nomor halaman. 

cara menomori halaman di Google Docs

2. Saat bagian nomor halaman disorot, gunakan tombol Backspace pada keyboard ponsel untuk menyembunyikan nomor halaman pada halaman sampul. 

cara menomori halaman di Google Docs

3. Jika Pins ingin mengganti nomor dengan kata, maka kamu dapat melakukannya dengan mengetikkan nama pilihan seperti ‘Judul’ atau ‘Halaman sampul’ sebagai pengganti nomor halaman.

cara menomori halaman di Google Docs

Ketuk bagian lain dari dokumen untuk menyimpan perubahan. Sekarang sudah tidak terlihat nomor halaman di bagian atas atau bawah halaman pertama, bukan?

Baca juga: Aplikasi Google yang Menghasilkan Uang

Sejajarkan Nomor Halaman Ke Kiri, Kanan, Atau Tengah Via PC

Google Docs secara default menempatkan nomor halaman di sisi kanan saat Pins mengaturnya. Tapi kamu bisa memindahkannya ke tengah atau kiri jika mau. Ikuti cara mensejajarkan nomor halaman melalui PC berikut ini:

1. Untuk memposisikan ulang nomor halaman, klik dua kali di mana saja di area nomor halaman. Klik pada Left alignment atau Center alignment icon dari toolbar tepat di atas dokumen.

cara menomori halaman di Google Docs

2. Jika alignment tools tidak terlihat, klik ikon 3-titik dari toolbar kemudian pilih alignment pilihan kamu.

3. Jika Pins menyetel ulang nomor halaman dengan memilih halaman pertama, pastikan kotak ‘Different first page‘ tidak dicentang. Tujuannya untuk memastikan bahwa menerapkan pengaturan seperti alignment ke halaman pertama juga menerapkan pengaturan yang sama ke halaman lain.

Pins mungkin tidak memiliki nomor halaman di halaman pertama, jadi kamu dapat menggulir ke halaman kedua lalu mengubah perataannya untuk menerapkan pengaturan untuk semua halaman dokumen. Nomor halaman sekarang akan bergeser ke lokasi barunya di semua halaman.

Baca juga: Cara Video di Google Foto Agar Tak Goyang dan Stabil

Sejajarkan Nomor Halaman Ke Kiri, Kanan, Atau Tengah Lewat Ponsel

Tidak hanya melalui PC, Pins juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Docs di HP untuk mengatur lokasi penomoran. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pins dapat menyelaraskan nomor halaman Google Docs dengan memilih salah satu nomor halaman terlebih dahulu. Saat kamu memilihnya, maka akan terlihat opsi alignment di toolbar bagian bawah. Ketuk ikon alignment dari toolbar ini.

2. Dari sini, pilih ikon Left alignment atau Centre alignment dari opsi yang muncul.

3. Posisi nomor halaman akan berpindah ke sisi yang kamu pilih.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Mengaktifkan Cookies di Google Chrome? Simak 4 Caranya Di Sini!

Menghapus Nomor Halaman Di Google Docs Melalui PC

Jika Pins memutuskan untuk tidak menggunakan nomor halaman lagi bagi dokumen, maka kamu dapat menghapusnya dengan mudah. Kali ini kami akan menjelaskan untuk penghapusan nomor halaman via PC ya. Simak langkahnya di bawah ini:

1. Untuk menghapus nomor halaman dari dokumen, buka dokumen dan klik dua kali pada nomor halaman dari halaman mana pun. 

2. Setelah nomor halaman disorot, tekan tombol ‘Delete’ atau ‘Backspace’ pada keyboard.

Secara otomatis, dua langkah mudah ini akan menghapus entri penomoran halaman dari seluruh dokumen yang Pins miliki. Mudah sekali kan?

Baca juga: Permudah Pekerjaanmu Dengan 4 Cara Upload Word Ke Google Docs Ini!

Menghapus Nomor Halaman Di Google Docs Lewat Ponsel

Tidak hanya melalui PC, Pins juga dapat menghapus nomor halaman di Google Docs lewat ponsel. Ini tentunya memudahkan kamu yang sedang tidak memgang komputer atau laptop dan sedang terburu-buru untuk menghapus nomor halaman. Caranya bagaimana?

  1. Buka dokumen yang ingin kamu edit melalui aplikasi Google Docs di ponsel. Pilih nomor halaman dari halaman mana saja yang kamu inginkan.
  2. Kemudian hapus nomornya menggunakan keyboard di ponsel.

Baca juga: Simak, 4 Cara Presentasi Video di Google Meet Untuk Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu!

Menambahkan Jumlah Halaman Di Google Docs

Jika Pins ingin dokumen menunjukkan jumlah halaman tanpa perlu menggulir ke halaman terakhir, maka kamu dapat menambahkan jumlah halaman di mana saja di dalam dokumen. Caranya mudah, yakni sebagai berikut:

1. Sebelum Pins menambahkan hitungan halaman di dalam dokumen, posisikan kursor di lokasi yang kamu inginkan untuk menampilkan jumlah halaman.

2. Sekarang, masuk ke Insert > Header & page number > Page count dari toolbar di bagian atas.

3. Jumlah halaman akan muncul di lokasi yang kamu pilih di dalam dokumen.

Sayangnya, untuk penambahan jumlah halaman di Google Docs ini hanya berlaku via komputer atau PC saja ya. Saat ini kamu belum bisa menambah jumlah halaman melalui aplikasi mobile di Android maupun iOS.

Semoga informasi tentang 11 cara menomori halaman Google Docs di atas bermanfaat untuk kamu ya, Pins!. Selamat mencoba.

Baca juga:

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget Ketahui Perbedaan MacBook Pro dan Air, Mana Yang Cocok Untuk Kamu?

Seperti yang Pins ketahui, perusahaan Apple selalu merilis dua varian laptop terbaru yaitu MacBook

Finansial
Finansial Apa itu FUD? Serta Moment Terbesar FUD?

Crypto adalah instrumen investasi yang mempunyai risiko sangat tinggi. Investasi crypto sebaiknya m

Gadget
Gadget 3 Cara Mendownload Google Classroom Di Laptop, Mudah Banget!

Sejak pandemi, beberapa instansi pendidikan menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran

Finansial
Finansial 10 NFT Marketplace Indonesia & Global yang Populer, Banyak Dipakai Investor!

Kepopuleran NFT (Non Fungible Token) di Indonesia turut beriringan dengan bermunculannya NFT market

Gadget
Gadget 6 Cara Ngeprint dari HP Tanpa Maupun Dengan Kabel

Pada era yang serba digital ini, semua hal dituntut untuk bisa lebih cepat. Begitu pula, dengan men

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia