Pinhome

4 Panduan Cara Mengawinkan Lovebird yang Beda Warna

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 7 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Lovebird terkenal dengan harganya yang mahal karena warna-warna bulunya yang cantik. Wajar bila, tak sedikit penggemar burung yang tertarik mengembangbiakkannya. Cara mengawinkan lovebird juga tidak begitu sulit, maka peminat usaha ini cukup banyak.

Harga lovebird pun bervariasi tergantung dari jenisnya. Pins juga dapat merawat lovebird anakan dan menjualnya ketika dewasa dengan harga yang lebih tinggi. Terlebih jika lovebird Pins memiliki warna yang cantik.

Persiapan Sebelum Mengawinkan Lovebird

Cara mengawinkan Lovebird
(Pixabay)

Sebelum mengawinkan, ketahui jenis kelamin lovebird yang akan dipasangkan. Pastikan Pins mengawinkan seekor lovebird jantan dengan betina.

Cara merawat lovebird sebelum dikawinkan tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Hanya saja, perlu diberikan vitamin kepada lovebird kira-kira satu minggu sebelum perkawinan sebagai pemancing berahi.

Setelah dua minggu perkawinan, berikan vitamin lagi untuk meningkatkan stamina. Pins juga perlu memberikan makanan tambahan yang bisa memancing berahi seperti kecambah dan kangkung.

Pastikan lovebird yang akan dikawinkan adalah lovebird usia dewasa dari indukan yang berkualitas. Siapkan beberapa pasang indukan jantan dan betina agar nantinya berimbang ketika perkawinan.

Untuk tempat mengawinkan, siapkan kandang khusus dengan ukuran yang lebih besar dari kandang biasa. Siapkan juga kandang pengawinan berupa glodok di dalam sangkar sesuai jumlah lovebird yang akan dikawinkan.

Glodok merupakan kandang kecil yang salah satu sisinya memiliki lubang, tempat lovebird bersarang. Di alam liar, lovebird membuat lubang pada pohon dan membuat sarang untuk bertelur. Glodok akan berfungsi untuk menggantikan lubang pohon sebagai tempat bersarang.

Baca Juga : Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Cara Mengawinkan Lovebird yang Cepat Berhasil

Pins dapat mengawinkan sepasang lovebird ketika usia mereka mencapai dewasa dan siap dikawinkan. Selain mengawinkan sepasang demi sepasang, Anda pun dapat mengawinkan lovebird dengan cara poligami ataupun berkelompok.

Mengawinkan secara poligami diyakini merupakan cara yang bisa menghasilkan dengan cepat. Perkawinan poligami dapat dilakukan dengan 1 jantan 2 betina, atau 2 jantan dengan 4 betina. Cara ini agak jarang dilakukan, karena umumnya lovebird hanya mau dengan satu pasangan saja.

Di samping cara poligami, dapat juga dilakukan perkawinan secara berkelompok dalam koloni yang berjumlah banyak. Cara ini cukup efektif jika Anda ingin mendongkrak produksi telur lovebird ternakan.

Secara umum, semua jenis lovebird dapat dikawinkan mulai usia kira-kira 8 bulan ke atas. Akan tetapi, direkomendasikan usia 1 tahun, baik jantan maupun betina.

Setelah mendapatkan lovebird yang akan dikawinkan, lakukan langkah teknis mengawinkan lovebird yaitu:

  1. Dekatkan lovebird yang sudah siap dikawinkan.
  2. Jika masih muda, dapat disatukan dalam satu kandang agar saling mengenal. Jika dewasa, dapat dipisah ke dalam kandang berbeda. Lalu diperkenalkan dengan cara menempelkan kandang dan biarkan melihat dulu. Setelah itu disatukan dalam satu kandang.
  3. Jika lovebird sudah terlihat bercumbu, beradu paruh, atau menyisir bulu di kepala, artinya mereka sudah berjodoh.

Quote: Burung lovebird dikenal pemilih. Oleh sebab itu, peternak biasanya lebih memilih mengaiwnkan ketika masih remaja.

Baca Juga: 11 Ide Membuat Kolam Ikan dari Barang Bekas

Mengawinkan Lovebird dalam Kelompok

cara mengawinkan lovebird
(Pixabay(

Cara mengawinkan berkelompok cukup efektif karena secara alami mereka hidup secara berkoloni dalam kelompok. Siapkan di dalamnya kandang besar, beberapa glodok, dan beberapa pasang lovebird.

  1. Siapkan beberapa ekor lovebird jantan dan betina. Usahakan jumlahnya seimbang, jangan sampai jantan lebih banyak atau sebaliknya. Untuk umur, lebih baik memilih yang sudah siap dikawinkan dan tidak dengan paksa.
  2. Jumlah glodok harus pas atau lebih banyak daripada pasangan lovebird.
  3. Masukkan lovebird dan tunggu hingga saling berpasangan satu sama lain.

Setelah itu, kawinkan lovebird. Untuk tahap ini, cukup ditunggu saja. Setelah menemukan pasangan, mereka akan kawin dengan sendirinya dan betina akan mulai bertelur.

Baca Juga: Cara Ternak Cucak Ijo

Cara Mengawinkan Lovebird Beda Warna

Lovebird dengan beragam warna yang ada saat ini merupakan hasil perkawinan silang antara dua lovebird yang warnanya berbeda. Misalnya lovebird lutino yang berwarna kuning dikawinkan dengan lovebird pastel ijo, kemungkinan dapat menghasilkan lovebird blorok.

Tahap-tahap mengawinkan lovebird beda warna yaitu:

1. Memilih Lovebird Berusia Matang

Pastikan lovebird yang akan dikawinkan sudah dewasa. Lovebird dapat dikatakan dewasa ketika menginjak usia 9 bulan. Namun, usia ideal untuk dikawinkan yaitu usia 10 bulan hingga 12 bulan.

Baca Juga: Apa Itu ventilasi

2. Memilih Warna Lovebird

Pilih lovebird jantan dan betina yang warnanya berbeda dari anakan berkualitas. Contohnya lovebird mangsi jantan dan lutino, atau lovebird dakocan dengan pastel putih, dan sebagainya. Biasanya dari beberapa telur yang dihasilkan, anakannya akan memiliki warna bulu berbeda.

Baca Juga: 15 Desain Ruang Keluarga Lesehan

3. Membuat Lovebird Birahi

Lovebird yang belum berahi akan sulit dikawinkan, sehingga peternak harus membuatnya berahi terlebih dulu. Pins dapat memancing berahi dengan memberikan makanan tambahan berupa kangkung yang dicacah, kecambah, atau biji bunga matahari selama 3 hari sebelum dikawinkan.

Baca Juga: 11 Tanaman Rambat untuk Kanopi

4. Mengawinkan Lovebird

Setelah ketiga langkah tersebut dijalankan, lakukan perkawinan dengan cara:

  • Mengawinkan Lovebird Beda Warna Secara Berkelompok

Masukkan lovebird ke dalam kandang berisi kelompok lovebird yang lain. Kemudian, lovebird akan mencari pasangannya masing-masing. Cara ini cukup mudah karena Pins tidak perlu memilihkan pasangan dan membuat lovebird berahi.

  • Mengawinkan Satu Lawan Satu

Cara kedua, kawinkan satu lovebird jantan dan betina. Langkah pertama, kenalkan dahulu dengan cara mendekatkan kandang satu sama selama satu atau setengah hari, lovebird akan saling mendekat. Sesudah itu barulah jadikan satu kandang agar kawin.

Itulah ulasan tentang cara mengawinkan lovebird yang dapat Pins ikuti. Lakukan cara yang menurut Pins paling mudah atau paling sesuai dengan jenis lovebird yang dimiliki.

Baca Juga: 15 Desain Kamar Tidur Unik dan Kreatif

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

 

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia