Cara Menjinakan Burung Trucukan Hasil Tangkapan Alam - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Menjinakan Burung Trucukan Hasil Tangkapan Alam

Cara Menjinakan Burung Trucukan Hasil Tangkapan Alam

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 16 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Memiiki burung Trucukan menjadi incaran para pencinta burung. Pasalnya burung dengan suara merdu bagaikan penyanyi dan body bagus mampu dijadikan sebagai hiburan, memikat penggemarnya.

Burung Trucukan di pasaran sering hasil dari tangkapan hutan. Burung itu masih menjadi burung liar, sehingga perlu dijinakan dahulu. Sebenarnya, Trucukan juga akan tetap ropel dan gacor meski tidak jinak, namun tidak bisa dibawa kemana-mana.

Lalu, bagaimana cara menjinakan burung Trucukan dewasa?

Cara Menjinakan Burung Trucukan

cara menjinakan burung trucukan

Trucukan disebut sebagai Merbah Cerukcuk atau Jog Jog menyukai tempat-tempat terbuka. Cenderung berkelompok untuk mencari makanan maupun bertengger dengan segala jenis burung. Suka tidur berkelompok dengan jenisnya, di ranting perdu. Makanannya buah-buahan yang lunak.

Burung ini sangat mudah untuk dipelihara, cukup diberi pisang akan bisa bertahan hidup dan gacor sehingga anda bisa menjinakkan dengan nyaman. Merbah cerukcuk setiap hari cukup diberi pisang separo.

Selain itu, Interaksi intensif terhadapnya akan membuat Jog Jog mengingat, keberadaan kita tidak membahayakannya.

Berikut ini, cara menjinakan burung Trucukan dewasa hasil tangkapan alam.

Pakaikan Krodong

Jinakkan terlebih dahulu Trucukan dengan krodong agar dapat jinak dan tidak lagi. Hal ini agar burung tidak stress.

Mandikan Burung 

Tangani burung giras dengan dimandikan untuk dikendalikan emosi gerakannya. Seringlah memandikan Trucukan pagi dan sore hari. Lalu, setelah mandi angin-anginkan atau dijemur. Pilih juga cara memandikannya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memandikan yaitu, memandikan dalam keramba, disemprot dan memandikan burung dengan cara dipegang. Cara memandikan burung dengan dipegang lebih efektif untuk menjinakkan burung Trucukan.

Beri Pakan Terbatas

Berilah pakan Trucukan terbatas setelah dimandikan dan sudah kering. Memandikan burung secara rutin setiap hari dan memberi pakan yang terbatas efektif menjinakkan burung yang giras.

Pemanfaatan Kandang Aviary

Memanfaatkan kandang aviary dapat digunakan untuk menjinakkan Jog Jog liar. Kandang aviary tidak harus terlalu luas, dan bisa diletakkan di dalam atau di luar ruangan.

Tinggi kandang diusahakan minimal 1 meter, agar burung lebih leluasa mencari posisi  tinggi. Saat dimasukkan dalam kandang aviary, burung akan terbang sambil bertengger saat melihat manusia mendekatinya.

Gunakan trik makanan juga untuk mempercepat penjinakan dalam kandang aviary. Caranya, setiap kali mendekati kandang aviary, lemparkan pakan berupa serangga ke dalam kandang.

Jika masih takut, biasanya akan mencari tempat aman, nangkrik di tenggeran tertinggi sambil melihat keberadaanmu. Ketika melihatmu sudah pergi, burung akan turun dari tenggeran dan menyantap pakan itu.

Kesimpulan

Mengasilkan burung jinak perlu memiliki taktik yang tepat. Hal ini termasuk susah-susah gampang, perlu ketekunan dan strategi tepat dalam mengusahakannya. Mengusahakan dengan ketulusan dan ketelatenan menjadi tendensi penting untuk menjinakkan burung Trucukan.

Demikian pembahasan tentang cara menjinakan burung Trucukan dewasa hasil tangkapan alam. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti rumah dijual di Pekanbaru di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel