Pinhome

Uncategorized

Cara Menjinakan Burung Cucak Ijo

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Biasanya cucak ijo yang baru didapatkan, entah baru membeli ataupun didapat langsung dari hutan itu tingkah lakunya sangat frontal dan liar seperti lompat kesana ke mari sambil berkicau seperti ketakutan. Maka diperlukan cara menjinakan burung cucak ijo untuk para pecinta burung kicau ini agar lebih jinak dan nurut.

Hal yang sangat membahagiakan bagi para pecinta cucak ijo bila memiliki cucak ijo yang jinak. Pasti semuanya menginginkan piaraan cucak ijonya jinak bukan? Nah berikut di bawah ini akan dijelaskan tentang cara menjinakan burung cucak ijo.

Cara Menjinakan Burung Cucak Ijo dengan Mudah

Berikut ini adalah beberapa cara menjinakan burung cucak ijo dengan mudah sebagai solusi untuk anda yang masih dipusingkan dengan burung peliharaan yang giras di rumah:

Memandikan Burung

Pertama kali memandingan cucak ijo memang akan membuatnya kelabakan, untuk menjinakan cucak ijo maka dengan memandikannya sampai basah kuyup, dan biarkan bulunya mengering. Setelah mandi, pasti burung merasa lapar, dan saat inilah pemberian makan berupa jangkrik maupun kroto pada burung. Lakukan hal tersebut setiap hari sampai burung terlihat lebih jinak dari sebelumnya.

Biarkan Burung Beradaptasi

Saat baru membeli burung, maka gantungkan sangkar burung di tempat yang sepi terlebih dahulu selama beberapa hari. Hal ini bertujuan agar burung terbiasa dengan kondisi sangkar dan aksesorir dalam sangkar. Hal ini bisa mencegah burung stress.

Simpan burung di tempat yan tenang, jika  lokasi tidak memungkinkan maka kerodong saja burung selama beberapa hari. Dan buka kerodong saat akan mengganti pakan atau membersihkan sangkar.

Berikan Pelajaran pada Burung

Saat mencoba menjinakan burung cucak ijo dalam keadaan burung tersebut kenyang dengan banyak pakan tentunya akan lebih sulit untuk menjinakannya. Dan salah satu cara yang efektif adalah dengan memberi pelajaran pada burung bahawa kita bukan musuhnya, tetapi kawan dan pelayan yang akan mengurus dan memberi makanan lezat untuknya.

Saat cucak ijo tidur, kita bisa memberinya pelajaran dengan mencabut tempat pakan, minum, dan buah-buahan setiap kali burung di bawa masuk ke rumah untuk beristirahat.

Dengan begitu saat bangun di pagi harinya, cucak ijo tidak akan mendapat pakan. Nah saat itulah kita bisa mulai memberikan latihan menjinakan saat burung dalam keadaan lapar. Saat itulah kita sodorkan buah pisang dengan tangan kita di luar sangkarnya.

Jika burung sudah berani mendekat dan mematuk pakannya selanjutnya sodorkan pakan dengan posisi tangan kita ke dalam sangkar melalui pintu. Untuk selanjutnya kita coba sodorkan tangan kosong ke arah burung, jika cucak ijo mematuknya berarti ia sudah menganggap kita sebagai kawan, teruskan hal tersebut secara rutin.

Biasakan Dalam Keramaian

Setelah burung cucak ijo berani mengambil pakan secara langsung dari tangan kita maka selanjutnya untuk mengenalkan burung pada lingkungan manusia. Seperti biasa dilakukan banyak orang yaitu dengan menggantung burung di tempat ramai.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya adaptasi untuk mengenal lingkungan sekitar sehingga biasa menghadapi lalu lalang manusia. Dengan begitu karakter serta mentalnya mulai terbentuk sehingga cepat untuk bisa rajin berbunyi.

Demikianlah beberapa tips singkat tentang cara menjinakan burung Cucak Ijo yang giras dan sulit dijinakan dengan mudah, yang berdasarkan pengalaman para penangkar cucak ijo adalah ampuh, sekian dan semoga bermanfaat

Tags :

Bagikan Artikel