Pinhome

Lifestyle

Cara Menjaga Ranjang Rumah Tetap Awet

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Seringkali ketika hendak tidur, kita mendapati kasur yang ditempati sudah tak nyaman lagi. Mungkin beberapa orang mengatakan kualitas jenis kasurnya yang jelek, namun sebenarnya kenyamanan sebuah tempat tidur juga bisa dipengaruhi oleh bingkai kasur atau ranjang kasur. Karena itu penting melakukan perawatan pada ranjang kasur, apalagi fungsi ranjang adalah sebagai penyangga kasur.

Jika ada kerusakan pada bingkai kasur, jelas saja tidur menjadi tidak nyaman meskipun kasur dibuat dari leteks sekalipun. Supaya kasur menjadi nyaman kembali, pemilik harus rajin merawatnya. Merawat bingkai kasur tidak harus selalu mahal, cukup dibersihkan dan diperhatikan penyangga-penyangganya agar tidak mudah rapuh. Ada  beberapa tips untuk menjaga bingkai kasur supaya tetap awet, berikut adalah penjelasannya:

Rutin Membersihkan Bingkai Kasur

Biasanya bingkai kasur mudah sekali berdebu. Bersihkan bingkai secara rutin minimal 3-5 hari sekali. Membersihkannya bisa dengan menggunakan lap kanebo atau lap kering. Bersihkan seluruh bagian bingkai yang terkena debu. Apabila bingkai terbuat dari kayu, sebaiknya jangan terlalu banyak memakai air karena dapat menyebabkan bahan dasar kayu melengkung.

Membersihkan Bagian Dalam

Jika membersihkan bingkai kasur jangan hanya yang terlihat oleh mata, namun juga bersihkan bagian dalam bingkai. Angkat kasur lalu bersihkan menggunakan lap, cukup bersihkan seluruh bagian dalam bingkai kasur. Saat ini sudah banyak bingkai kasur yang dilapisi oleh leather atau sintetis leather jadi lebih mudah dibersihkan. Jika bingkai kasur yang dimiliki masih tradisional, perhatikan kayu-kayu penyangganya untuk memastikan masih kuat untuk menyangga. Jangan lupa untuk membersihkan pula kayu-kayu penyangga karena rentan oleh debu yang berasal dari kolong tempat tidur.

Menggunakan Bahan Kayu

Ketika hendak membeli bahan dasar bingkai kasur, sebaiknya cari yang berbahan dasar kayu. Karena bingkai kasur berbaha logam lebih mudah berkarat, sedangkan kayu lebih kuat dan tidak mudah ‘mencicit’. Pilihlah kayu dengan kualitas terbaik supaya awet tahan lama sehingga bisa digunakan bertahun-tahun.

Perhatikan Posisi

Jika memiliki tempat tidur yang berada di sudut ruang sebaiknya hindari posisi menempel dengan dinding. Hal ini agar bingkai tidur tidak mudah terkena debu yang sewaktu-waktu bisa langsung menempel ke bingkai. Jarak antara bingkai dan dinding meminimalisir debu serta menghindari lembap yang berasal dari dinding yang menempel.

Jangan Melompat

Penyebab bingkai kasur cepat rusak salah satunya jika bingkai mendapat tekanan yang terlalu banyak. Mungkin ada beberapa pemilik kasur dengan tubuh besar sehingga bingkai sering mendapat tekanan. Pada dasarnya bingkai kasur dibuat untuk menahan tekanan secara merata. Namun terkadang ada beberapa orang yang suka sekali melompat ke atas kasur. Melompat ke atas kasur bisa menyebabkan terjadi lengkungan di bagian tengah kasur. Hal itulah yang menyebabkan kerusakan pada bingkai

Tags :

Bagikan Artikel