Pinhome

Lifestyle

Cara Dropship di Shopee

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 26 May 2021 ∙ 16 menit membaca

Cara Dropship di ShopeeIngin jualan online, namun bingung dari mana? atau ingin memulai bisnis tapi tidak ada modal?

Tenang saja, dengan menjadi dropshiper Kamu bisa berjualan online tanpa modal loh. Caranya gampang banget, cukup kamu menjadi dropship di salah satu marketplace yakni shopee.

Jadi Kamu bisa berjualan tanpa menyetok barang, tanpa produksi, tanpa harus punya gudang, bahkan hingga packaging barang.

Orang jaman sekarang juga paling suka belanja sambil santai dirumah, sambil momong dan tanpa harus bermakeup.

Nah, bagi Kamu yang mau tahu cara droship di shopee dan tips jitu supaya jualan Kamu laris manis, simak pembahasan dibawah ini ya 🙂

Apa Itu Dropship Shopee?

Dropship shopee adalah pekerjaan yang mudah dan menjanjikan, tanpa harus menyetok barang. Anda bisa menjual produk apapun.

Anda cukup memilih barang di toko penyedia droship, lalu pasarkan produk tersebut secara online.

Nanti jika ada yang minat beli, Anda tinggal beli ke penyedia dropship. Kemudian si penyedia dropship akan mengirim produk ke pembeli. Jadi Anda tidak perlu lagi mempunyai toko untuk mengawali bisnis Anda.

Kenapa Harus Shopee?

Kenapa shopee

Karena, seperti yang kita ketahui bahwa shopee merupakan marketplace terbesar di Indonesia yang terus menerus mengalami peningkatan pengguna di setiap tahunnya.

Shopee juga hadir dengan berbagai promosi salah satunya dengan menghadirkan gratis ongkir disetiap harinya.

Selain itu, di sana ada banyak supllier di berbagai kota dan banyak produk yang dijual didalamnya. Jadi apapun yang ingin Anda jual ada semua di shopee.

Lantas, apa saja keuntungan jadi droship di shopee? Yuk, simak penjelasan dibawah ini.

Apa Keuntungan Jadi Dropship di Shopee?

Droship sebenarnya tidak melulu melalui shopee. Anda bisa droship melalui marketplace lainnya, seperti Facebook, Instragam dsb.

Jadi perlu Anda ketahui keuntungan jika droship menggunakan shopee. Simak penjelasan dibawah ini.

1. Banyak Pilihan Produk Sesuai Daerah

Di shopee menawarkan berbagai produk yang ingin dijual. Mulai dari elektronik, peralatan rumah tangga, kosmetik, peralatan mandi, pakaian, dan masih banyak lagi yang disediakan di toko shopee.

Jadi Anda bisa bebas memilih barang yang Anda inginkan. Usahakan memilih toko dari tangan pertama atau yang lebih murah dan dekat dengan lokasi Anda saat ini.

Barang yang Anda jual sebisa mungkin yang saling berkaitan dan dalam satu toko. Supaya kegiatan droship menjadi lebih efektif dan tidak kuwalahan dalam melayani pelanggan.

Misalnya, ingin menjual gamis. Anda bisa menyediakan jilbab, inner, bros dan sebagainnya.

2. Tersedia Layanan Gratis Ongkir

Dengan adanya gratis ongkir, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang dua kali. Ya, meskipun nanti setelahnya akan diganti oleh si pembeli.

dengan fitur ini, juka akan mempermudah penjualan Anda. Karena kebanyakan para pembeli akan semakin tergiur dengan gratis ongkir. Pasalnya ongkir termasuk masalah terbesar bagi para belanja online.

Bayangkan saja, jika ongkir melebihi harga barang yang dibeli atau jika di jumlahkan harganya akan menjadi lebih mahal. Orang akan berfikir dua kali untuk membeli barang tersebut.

3. Lebih Fleksibel

bagaimana tidak fleksibel. Bekerja tidak ada batasan waktu, tidak perlu berdandan untuk bertemu pembeli, cukup dirumah saja Anda bisa bekerja dengan baik.

Cukup hanya dengan internet dan hp android Anda bisa menjalankan bisnis ini. Bahkan bisa Anda kerjakan sambil mengurus rumah, anak, sambil menjaga toko bahkan sambil berlibur pun Anda bisa menjalankan usaha ini.

Karena sistem droship, Anda tidak perlu mengemas barang dan mengirim barang.

Cukup siapa yang pesan, Anda konfirmasi-kan ke toko droship yang Anda pilih. Dari pihak toko-nya akan mengemas dan mengirim dengan alamat yang Anda arahkan.

4. Nggk Perlu Modal

Paling tidak Anda hanya butuh koneksi internet. Selebihnya Anda tidak membutuhkan modal tambahan.

Tidak perlu menyewa gedung, tidak perlu restock barang, tidak perlu modal packing, bahkan ongkos kirim sekalipun.

Yang perlu anda persiapkan adalah mempelajari beberapa teknisi mulai dari scraping data sampai mempromosikan barang.

Selain itu Anda juga harus mempersiapkan diri dari segala pertanyaan calon pembeli yang sebagian diantara mereka menguji kesabaran kita.

Itu sebabnya, kita harus memperhatikan etika yang profesional, sabar dan cekatan.

Bagaimana Cara Menjadi Dropship di Shopee?

Cara Jualan di Shopee Lewat HP

Jika ingin menjadi dropship di shopee ada beberapa cara yang harus kamu lakukan. Berikut cara kerja seorang dropshipper di shopee:

  • Pertama, Kamu nanti akan menerima pesanan dari pelanggan ke toko Kamu.
  • Kemudian, baru memesan ke suplier Kamu dan membayar barang tersebut. Sesuai dengan pesanan.
  • Dari pihak supler Kamu, barang akan diproses dan dikirim ke pelanggan atas nama Kamu.

Supaya lebih mudah dipahami Kamu juga harus mencoba berbelanja di shopee secara pribadi. Hal ini, bertujuan supaya Kamu tahu jika ada buyer yang beli ke toko Kamu.

Maka Kamu tahu seperti apa bungkus dan rincian tulisannya (bisa dibuat contoh).

Yang pasti nanti tidak akan ada embel-embel toko shopee lagi. Jadi buyer tidak akan tahu bahwa barang itu dari shopee.

Shopee jua menyediakan fasilitas untuk para dropshiper, supaya jualan online dengan sistem dropship. Hal ini, diharapkan supaya dengan adanya dropship, penjualan dapat meningkat pesat.

Alhasil, memang benar dengan adanya sistem dropship di shopee. Penjualan dapat meningkat sangat pesat.

Bagaimana Cara Memesan Barang untuk Dropship di Shoppe?

Bagi kalian yang masih bingung dengan bagaimana cara memesan barang dari Shoppe untuk Dropship. Berikut langkah-langkah yang perlu kalian perhatikan.

  1. Buat Akun di Shopee

Yang pertama buat akun terlebih dahulu, guna untuk mendaftarkan akun kalian di lapak Shoppe, yang nantinya akan dipakai untuk pembelian barang sesuai yang ingin kita jual.

  1. Cari Barang dan Beli

Jiika kalian sudah membuat akun di lapak shoppe selanjutnya kalian pilih barang atau vendor yang ingin kalian jual.

Dalam hal ini usahakan kalian dapat memilih 1 vendor saja, agar nantinya kalian tidak rugi pada ongkirnya.

“Ingat beda vendor maka ongkir yang dibayar harus Double, oleh sebab itu usahakan untuk pembelian cukup 1 vendor”

  1. Checkout

Setelah barang yang kalian cari sudah ketemu maka selanjutkan kalian akan diarahkan ke halaman belanja, selanjutkan kalian cukup centang semua dan klik pada tombol “Checkout”.

  1. Isi Alamat Pembeli

Jika “Checkout” sudah kalian pilih. Maka selanjutnya kalian harus mengisikan Alamat pembeli atau pelanggan dengan baik dan benar pada form yang sudah disediakan.

“Ingat, untuk alamat jangan sampai salah ya”

Jika alamat yang kalian sudah benar lalu selanjutnya Pilih dan Klik “Oke” bahwa alamat sudah benar.

  1. Kirim Sebagai Dropship

Jika semua sudah benar, selanjutnya kalian akan di arahkan ke pilihan bagian “Dropship” yakni kalian cukup pilih atau centang pada pilihan “Kirim Sebagai Dropshipper” jika sudah lalu isikan “Nama & Nomor HP” Kalian.

Jika tahap diatas sudah kalian terselesaikan selanjutnya silahkan pilih “Metode Pembayaran” dan lakukan pembelian seperti biasa.

Baca → Cara Membuat Toko di Shopee

Cara Dropship dari Shopee ke Shopee

Kamu termasuk orang yang ingin dropship dari shopee ke shopee? Caranya mudah banget, namun disarankan dan terbilang wajib ya heheheJangan menggunakan RESI otomatis karena nanti akan terjadi double entry di shopee.

Baiknya tanya sendiri kepada supplier Kamu, kemudian lakukan transaksi manual. Jika Kamu ingin RESI otomatis, itu dari Kamu sendiri, bukan dari supplier.

Hal ini terjadi karena semua supplier menggunakan RESI otomatis, jadi Kamu tidak bisa mengupdate RESI, karena RESI hanya bisa di update satu toko saja.

Beda cerita jika Kamu menjual produknya di beda toko atau platfrom lain seperti bukalapak. tokoprdia dan lainnya. Maksudnya Kamu dropship di shopee kemudian Kamu jual di tokopedia.

Ribet ya? Namanya juga bisnis, jadi ya ada sulitnya juga. Namun hasilnya akan sangat memuaskan, yang penting jangan mengeluh.

Namun jika Kamu ingin RESI otomatis dari seller shopee langsung, caranya lebih mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Memilih Produk

Pertama, pilihlah produk yang ingin Kamu jual kembali di supplier shopee. Misalnya memilih jam tangan (pilihlah yang bagus dan harga terjangkau, kata lain barangnya langsung dari tangan pertama).

Jika dari produk tersebut ada banyak varian warna dan ukuran. Maka pilih varian produk yang ingin kamu ambil.

2, Memesan Barang

Setelah memilih varian produk, selanjutnya Kamu klik tombol checkout. Kemudian, masukkan alamat dengan lengkap dan tepat sesuai lokasi si pembeli, lalu pilih menu dropshiping.

Bila diperlukan tambahkan catatan pesanan.

Langkah-langkah Berjualan di Shopee dengan Sistem Dropship

Nah, supaya barang Kamu bisa dipasarkan di shopee, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan. Berikut langkah-langkah atau cara berjualan di shopee dengan sistem dropship yang harus kamu perhatikan:

1. Membuat Akun Shopee

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah membuat akun shopee, jika tidak mempunyai akun, maka Kamu tidak akan bisa melakukan jual beli di shopee.

Jadi, sangat wajib banget bagi Kamu yang ingin jualan di shopee, membuat akun terlebih dahulu.

Bagi Kamu yang sudah mempunyai akun, tinggal login di akun shopee yang sudah kamu buat, kemudian mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

2. Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir

Selanjutnya saya sarankan untuk mengaktifkan fitur gratis ongkir. Hal ini bertujuan untuk lebih menarik pelanggan.

Pasalnya para pelanggan akan mempertimbangkan harga ongkir pada barang yang mereka beli dan melihat perbandingan harga barang ditambah dengan ongkir, apakah akan semakin mahal atau seimbang.

Selain dapat menarik pelanggan untuk beli, fitur gratis ongkir juga akan membuat para pelanggan membeli barang lebih banyak. Karena mereka tidak ingin menyia-nyiakan gratis ongkir.

Yang awalnya berniat membeli 1 dengan harga 70.000 dengan adanya gratis ongkir dengan minimal belanja 201.000 senilai 3 barang. Maka si pembeli akan lebih memilih beli 3 gratis ongkir, karena akan lebih hemat belanja.

3. Masukkan Data Bank

Jadi kalau mau uangnya cair, setelah barang sampai kepada si pembeli, kamu harus memasukkan data bank secara lengkap.

Bank yang digunakan bebas bisa bank BRI, BNI, BCA dan sebagainya.

4. Mengisi Alamat Sesuai dengan Alamat Suplier

Untuk alamat, silahkan menggunakan alamat suplier Kamu, supaya tidak mengalami perselisihan harga ongkir.

Dengan adanya perselisihan harga ongkir, maka kamu harus menanggung biaya ongkir yang kurang. Jadi dapat merugikan diri sendiri kan?

Namun, jika tetap ingin menggunakan alamat sendiri tidak akan menjadi masalah. Selama kamu mau menanggung biaya ongkirnya hehehe.

5. Unggah Foto dan Deskripsi Produk

Cara mengunggah foto produk dan deskrpsi sebagai dropshipper cukup mudah. Kamu tinggal gunakan deskripsi dan foto suplier Kamu. Hal ini tidak akan menjadi masalah.

Selain dapat memudahkan Kamu dalam berjualan, ada beberapa alasan lainnya yaitu:

  • Barang yang kita jual orang lain juga menjualnya, dengan bahan dan harga yang berbeda.
  • Supaya tidak sama dengan kompetitor yang lain
  • Antara barang asli dan yang digambar sama, jadi rielpic.

Tips Unggah Foto Jualan

Ini hanya tips saja, mungkin dapat kalian gunakan. Jika kalian bingung dengan cara mengunggah foto dan diskripsinya.

Maka saran saya kalian cukup samakan saja baik foto maupun Diskripsinya sesuai apa yang di unggah oleh suppliermu.

Hal yang Perlu Dicatat Jika Ingin Dropship dari Shopee ke Shopee

Tips Berjualan System Dropship

Dalam melakukan usaha dropship, ada beberapa hal yang perlu Kamu catat, supaya usahamu berjalan dengan baik, tanpa merugikan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Permasalahan Nomer Resi Otomatis

Jadi di shopee pada fitur gratis ongkir ada namanya “Resi Otomatis” yang berfungsi untuk memudahkan para pelapak, namun hasilnya juga dapat mempersulit para dropshipper.

Tenang, semua pasti ada jalannya. Jadi Kamu harus bekerjasama dengan pelapak. Caranya gampang banget tinggal hubungi suplier yang sudah Kamu pilih dan bilang seperti ini:

“Kak, saya ingin menaruh produk kakak di shopee dengan fitur gratis ongkir. Jika saya sudah mendapatkan orderan, saya akan memberikan nomer resi ke kakak. terimakasih :)”.

Kamu bisa bilang dengan suplier seperti yang sudah di contohkan diatas, setelah itu Kamu bisa langsung menghubungi suplier supaya lekas diurus.

Setelah melakukan cara diatas, Kamu jangan order di shopee nya, supaya tidak terjadi nomer resi dobel.

2. Resi Tidak Dapat di Input Dua kali

Tidak hanya yang otomatis saja yang bermasalah. Yang manual pun, bisa membuat bingung. Marketplace saat ini sistemnya tidak bisa untuk menginput resi duakai pada akun yang sama.

Jadi misal mau dropship caranya, dari tempat seperti bukalapa, tokopedia dan sebagainya, kemudian Kamu order dengan fitur dropshipper. Kamu langsung input resi yang sudah diberikan ke pelapak lain.

Baca → Cara Mencari Supplier di Shopee

Tips Berjualan dengan Sistem Dropship

Tips Berjualan dengan Sistem Dropship

Supaya kerja keras Anda membuahkan hasil dengan cepat dan pesat, perlu diketahui juga tips berjualan dengan sistem dropship. Berikut upaya yang harus Anda perhatikan:

1. Mencari Supllier dengan Produk yang Berkaitan

Carilah supplier yang mempunyai banyak produk namun saling berkaitan, supaya apa? Produk Anda berkualitas. Para pembeli pun akan semakin mudah saat membeli barang yang diminati.

Misalnya nih, Anda ingin menjual berbagai macam produk aksesoris hp. Maka Anda cari supller aksesoris hp yang lengkap seperti headset, cas hp, casing hp, tg hp dan masih banyak lagi.

Hal ini dilakukan supaya lebih mudah dalam proses dropship dan Andapun tidak akan kerepotan.

Dalam hal ini upayakan cukup mencari satu suplier, agar kalian memiliki keuntungan tersendiri. Lantas apa keuntunganya?

Keuntungan Memiliki Satu Supllier

  1. Lebih mudah dalam melakukan perjualan
  2. Memudahkan kita dalam mengambil barang karena satu ada semua
  3. Biaya ongkir jadi ringan
  4. Membuat usaha kita lebih dipercaya oleh pelanggan
  5. Serta dapat meningkatkan reputasi penjualan kita.

Itulah salah satu keuntungan memilih satu supplier yang memiliki prodak yang lengkap, oleh sebab itu buat kalian lakukan pencari seperti yang sudah di rekomendasikan.

2. Lakukan Survei Ke Pasar

Setelah memilih produk yang saling berkaitan. Selanjutnya, lakukanlah survai ke pasar, untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Yang perlu Kamu perhatikan saat survai, sebagai berikut:

  • Produk yang ingin Kamu jual, apakah banyak peminatnya atau tidak.
  • Lakukan pengecekan pesaing dalam penjualan dengan produk yang sama.
  • Cek juga, harga produk yang dijual kompetitormu.

Biasanya nih, produk yang banyak pencairannya adalah barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Misalnya popok kain (clodi), makanan instan dan masih banyak lagi.

3. Cek Persaingan Kompetitor

Melakukan pengecekan persaingan competitor ini juga merupakan hal yang sangat penting. Karena dari sini selain kalian tahau kebutuhan apa saja yang butuhkan oleh masyarakat, kalian juga akan tahu persaingan yang ada.

“Ingat, apapun usahanya itu pasti akan memiliki persaingan tersendiri. Biasanya semakin tingginya persaingan maka disitu ada suatu prodak jual yang memiliki nilai besar pada masyarakat”.

Disinilah kalian harus bisa menentukan berani atau tidaknya dalam bersaing.

Tambahan dan Saran Dalam Berbisnis

Kalo saran saya, mending carilah prodak yang belum terkenal namun memiliki banyak pencarian.

Salah satunya kalian dapat melakukan analisa melalui “Google Trends” Insya Allah dari Tolls tersebut kalian akan dapat bisa mengetahui pasaran dalam berbisnis.

4. Menjual Produk Original

Biasanya orang itu akan lebih senang berbelanja dengan barang yang asli. Supaya pelanggan lebih puas berbelanja dan biasanya potensi untuk kembali lagi.

Secara, produk yang original itu terkenal dengan kualitasnya yang bagus, jadi mahalan sedikit pembeli akan mau membeli dibanding dengan yang non original.

Kebanyakan dari mereka beralasan bahwa, produk yang non original akan mudah rusak dan kurang memuaskan jika digunakan.

Jadi, mencari barang original juga direkomendasikan ya, jangan takut gak laku. Karena harga juga membawa kualitas barang.

5. Memilih Vendor Terpercaya

Karena Kamu akan menjalin sebuah tim dalam berbisnis, maka haruslah memilih vendor yang terpercaya dan amanah. Caranya Kamu bisa melihat dari record dan ulasan penjual, ketika ingin memutuskan menjadi suplier vendor.

Meskipun tidak perlu memberitahu vendor Kamu jika ingin menjadi suplier, akan lebih baik jika diberitahu, supaya mereka dapat menyetok barang yang Kamu butuhkan.

6. Memanfaatkan Fitur Promosi

Setiap online shop pasti memiliki banyak promosi, termasuk di shopee. gunakan fitur-fitur promosi tersebut untuk penjualan Kamu supaya lebih menarik pelanggan.

Kamu bisa memilih best seller dan melihat-lihat barang pasa saja yang bagus untuk dijual. Karena, biasanya para pembeli, melihat di kategori hot list atau best seller.

Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan fitur gratis ongkir untuk memancing para pelanggan yang sudah disediakan di shopee.

7. Promosikan di Media Sosial

Ada banyak orang yang berkeliaran di facebook, instragam, grup watsapp dll. Nah, jika Kamu mempunyai akun tersebut, manfaatkan untuk promosi toko shopee Kamu.

Atau kamu dapat melakukan beberapa cara seperti yang akan rekomendasikan seperti dibawah ini.

  1. Melalui postingan Instagram
  2. Melalui postingan facebook
  3. Melalui promosi Whatsapp
  4. Melalui toko online Shoppe
  5. Melalui toko online Tokopedia
  6. Melalui toko online Lazada
  7. Melalui toko online Bli-bli
  8. Melalui toko online buka lapak
  9. Dan masih banyak lagi

Dengan cara ini, toko kamu akan semakin cepat dikenal oleh banyak orang dan penjualan Kamu akan semakin menikat, karena banyak yang mengenal.

Di zaman yang serba modern ini, banyak orang berkeliarannya di medsos. Bukan begitu? Jadi tunggu apalagi, segera promosikan di media sosial.

Selanjutnya kalian dapat melakukan promosi sesuai keinginan.

Cara Mengatasi Masalah Resi Otomatis

Jika kalian bingung dalam mengatasi masalah resi, apalagi posisi kalian hanya Dropship saja, maka berikut akan saya berikan solusi dan pilihan terbaik.

  1. Lakukan Kerja Sama dengan Supplier

Cara yang pertama lakukanlah kerja sama dengan pemilik barang atau Supplier kalian. Caranya kalian cukup bilang saja, apa yang menjadi masalah kalian.

  1. Menyampaikan No Resi ke Supplier Kamu

Dalam hal ini kalian dapat bilang ke supplier kalian contohnya gini:

Maaf kak/bapak/ibu, saya akan menaruh barang di lapak shoppi dengan barang saya ambil dari kakak/bapak/ibu. Jadi misalkan saya dapat orderan nanti saya akan mengasihkan No. resi melalui kakak ya.

Gitu kira-kiranya.

  1. Hubungi Supllier Kamu

Nah, perlu kalian fahami. Jika kalian dapat orderan dari pelanggan, maka sebaiknya kalian cukup menghubungi Supplier kalian dan jangan order di shoppe. Soalnya takutnya nanti malah yang pesen Doble.

Satu dari kalian sendiri, satunya dari pelenggan kalian. Gitu kira-kiranya.

  1. Cara Menghubungi Supplier di Shoppe

Jika kalian bingung gimana caranya menghubungi suppliernya, maka saya akan memberitahukan caranya yakni sangat mudah dan simple.

“Kalian cukup pilih Hubungi “Costumer Service” melalui pusat bantuan yang ada pada shoppee”.

Kekurang dan Kelebihan Shopee

Sebagai nama situs usaha online jual beli atau e-commerce ternama di Indonesia, tentu setiap usaha memiliki kekurangan dan kelebihan. Adapun kekurangan dan kelebihnya adalah sebagai berikut ini:

1. Kekurang Bisnis Dropship Shoppe

  • Harga yang bersaing
  • Biasanya akun lama akan menjadi pemenag dalam persaingan lapak
  • Promo gratis ongkir agak ribet
  • Pencairan hasil usaha atau dana terbilang agak lama

2. Kelebihan Bisnis Dropship Shoppe

  • Pengguna yang berlimpah
  • Memiliki potensi keuntungan besar
  • Banyak pilihan dan layanan
  • Semua banyak yang ingin di jual semua ada

Nah, kira-kira kurang lebihnya begitu cara menjadi “Dropship” di “Shoppee” beserta cara menjualnya.

Insya Allah mudah sekalai ya, intinya kalau kamu pengen bisa. Cukup siapkan mental dan keberanian dalam menjalankan suatu usaha. Salah satunya dengan menjadi “Dropship” di “Shoppee”.

Insya Allah dengan keberanian kalian, pasti kamu akan bisa, Selamat Mencoba.

Kesimpulan

Jualan di shopee memang sangatlah mudah, bahkan jika Kamu menjadi dropshiper di shopee, akan menjadi peluang bisnis yang besar dan menjanjikan untuk sukses didalamnya dengan cara yang benar dan ditekuni dengan serius.

Pasalnya dengan sistem dropship di shopee, Kamu tidak memerlukan modal yang besar apalagi menstok barang. Semuanya akan diurus oleh suplier, Kamu tinggal mempromosikan barang yang Kamu jual.

Jadi jangan khawatir lagi, kalau mau membangun usaha, namun tidak ada modal. Solusinya sudah ada tinggal Kamu jalankan. Karena bisnis itu butuh praktik, tidak hanya membaca dan di angan-angan.

Selamat mencoba, semoga berhasil. Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini, ikuti artikel kami selanjutnya. tentunya ada banyak ilmu yang perlu Kamu pelajari 🙂

Tags :

Bagikan Artikel