Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Cara Menghitung Kebutuhan Cat Per m2 Agar Tidak Kekurangan dan juga Mubazir

Tips Properti

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Per m2 Agar Tidak Kekurangan dan juga Mubazir

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 27 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Guna mempercantik tampilan rumah, tentu Pins perlu melakukan banyak hal, salah satunya adalah mengecat dinding. Dinding yang berwarna, tentu akan membuat tampilan rumah lebih menarik. Sayangnya mengecat dinding tidaklah semudah yang dikatakan. Pins tidak bisa memilih warna sembarangan karena bisa-bisa warna cat dinding tidak cocok dengan keseluruhan konsep rumah. Tidak hanya itu, teknik pengecatan juga harus dilakukan dengan tepat agar dinding dapat dilapisi cat secara merata. Nyatanya, masih banyak Pins yang bingung tentang cara menghitung kebutuhan cat.

Pinhome – Penentuan jumlah cat juga harus pas agar cat dinding tidak kekurangan maupun berlebihan. Dengan prediksi kebutuhan yang cepat tentu Anda dapat memastikan budget yang dibutuhkan dalam mengecat dinding ini. Bagi Pins yang ingin mengetahui jumlah kebutuhan cat agar bisa menentukan budget, yuk simak cara hitung kebutuhan cat per m2 lewat ulasan di bawah ini!

Hitung Luas Ruangan

(Pinterest)

Hal pertama yang perlu Pins lakukan dalam menghitung kebutuhan cat per meter persegi adalah dengan menghitung luas ruangan. Perhitungan luas ruangan ini digunakan untuk memastikan kebutuhan cat per m2. Pastikan Pins mengukur tinggi dinding serta luas ruangan dengan pasti menggunakan meteran. Cata di kertas selembar guna menghindari lupa pada saat perhitungan dilakukan.

Baca juga: Rekomendasi Daftar Merk Cat Tembok Terbaik untuk Dinding Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Per Meter Persegi

(Pinterest)

Jika Pins sudah mengetahui tinggi dinding dan luas ruangan, maka Pins bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu menghitung kebutuhan cat per meter persegi. Standar penggunaan cat umumnya adalah 10-12 m2 / liter. Berikut contoh cara menghitung kebutuhan cat dengan luas ruangan.

Sebagai contoh sebuah ruangan dengan dinding yang memiliki tinggi 3 m dan luas ruangan 4 x 4 m. Maka perhitungan kebutuhan cat adalah: (2 x (4 + 4)) x 3 m = 48 m. Kemudian luas ruangan dibagi dengan rata-rata penggunaan cat, yaitu 48 / (12 m2/liter) = 4 liter. 

Jadi untuk mengecat ruangan dengan luas 4 x 4 m dengan tinggi 3 m membutuhkan cat sebanyak 4 liter. Sedangkan jika Pins ingin melakukan pelapisan cat sebanyak dua kali, maka kebutuhan cat secara keseluruhan adalah 8 liter. Jenis berat cat umumnya adalah 1,5 kg / L. Sehingga jika dihitung per kaleng kebutuhan cat 8 L x 1,5 kg / L = 12 kaleng. Demi menghemat pengeluaran, Pins bisa menggunakan kemasan cat berukuran besar sehingga harganya lebih murah.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding untuk Ruangan Berjendela dan Berpintu

(Pinterest)

Jika sebelumnya kita membahas cara menghitung kebutuhan cat per meter persegi pada ruangan tanpa menghitung pintu dan jendela, kali ini kita akan menghitungnya agar perhitungan kamu lebih detail. 

Sebagai contoh terdapat ruangan dengan tinggi 3 m dan luas 4 x 5 m yang disertai satu pintu berukuran 1 x 2 m = 2 m2 dengan dua jendela berukuran 1 x 0,5 m = 0,5 m2. Maka perhitungannya adalah (2 x (4+4) x 3) = 52 m2. Lalu (52 m2 – (2 + 0,5)) = 49,5 m2. Lalu perhitungan kebutuhan cat adalah 49,5 m2 / 12 m2 = 4,125 liter. Jadi kebutuhan cat untuk ruangan ini adalah 4,125 liter.

Tips Mengecat Dinding Lebih Hemat

(Pinterest)

Selain dengan menghitung kebutuhan cat per meter persegi, terdapat beberapa tips lain dalam mengecat dinding supaya lebih hemat dan efisien. Bukan tanpa alasan, pengecatan dinding ini perlu dilakukan dengan sangat hati-hati agar cat tidak mubazir atau bahkan kurang. 

Hal ini tentu sangat berpengaruh dalam budget yang telah kamu siapkan dengan matang. Bisa-bisa kebutuhan pengeluaran untuk membeli cat bisa melebihi budget Pins. Ini dia beberapa tips mengecat dinding agar lebih hemat dan efisien.

Baca juga: 4 Jenis Cat Dinding Rumah dan Fungsinya

Teknik Mengecat Dinding

Dalam pengecatan dinding, jika tidak dilakukan dengan benar bisa-bisa kamu lebih boros dalam menggunakan cat lho! Masalah yang biasa terjadi adalah cat yang menggumpal, ketebalan lapisan cat yang berbeda-beda sehingga cat pada dinding menjadi tidak rata.

Dalam proses pengecatan, sebenarnya terdapat tiga cara pengecatan, yaitu roll, semprot dan menggunakan kuas. Umumnya roll adalah teknik pengecatan yang paling cepat dibandingkan dengan kuas. Sehingga menggunakan teknik roll ini cukup efektif dan efisien. Namun jika dinding terdapat motif atau permukaan yang kurang rata, Pins bisa mengecat bagian tersebut menggunakan kuas agar cat dapat diaplikasikan secara merata.

Jenis Cat

Siapa sangka ternyata jenis cat juga bisa mempengaruhi efisiensi proses pengecatan lho! Umumnya cat dengan kualitas yang baik hanya membutuhkan 2-3 lapisan hingga membuat dinding benar-benar terlapisi cat secara merata. 

Namun pada beberapa jenis cat bisa membutuhkan 4-5 kali untuk melapisi dinding hingga benar-benar merata. Umumnya harga cat ini lebih murah, namun jika menghitung kebutuhan secara detail, cat-cat jenis ini justru membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Itulah informasi mengenai cara menghitung kebutuhan cat yang mudah kamu lakukan agar budget cat pas dengan kebutuhan cat sebenarnya. Pinhome juga telah membagikan informasi mengenai tips mengecat yang hemat dan efisien agar proses pengecatan di rumah kamu lebih hemat dan efisien. Semoga dengan ulasan di atas Pins semakin memahami cara menghitung kebutuhan cat dan mengecat dinding yang baik.

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel