Cara Mudah Menghilangkan Suara Video di PC dan Android

Diperbarui oleh Andre Gunawan ∙ August 2, 2022 ∙ 5 menit membaca

Mungkin memang ada alasan tertentu yang membuat seseorang ingin menghapus sebagian atau bahkan keseluruhan suara audio di video mereka. Mungkin alasannya karena, ada audio yang tidak diinginkan, ada suara yang mengganggu, untuk mengganti soundtrack dengan yang baru, dan lain sebagainya.

Sebenarnya kalau sekedar menghilangkan suara video caranya tidak sulit, baik itu melalui PC ataupun HP Android. Misalnya saja di PC, kamu tidak perlu aplikasi tambahan, karena memang Windows sudah menyediakan fiturnya melalui program bernama Movie Maker (sekarang menjadi Editor Video)

Kalau untuk Android, kamu tentu perlu menginstal aplikasi khusus untuk edit video. Terkait lebih lengkapnya, akan kami bahas tuntas pada ulasan di bawah ini. Jadi pastikan, kalau kamu membacanya sampai selesai, agar kamu bisa menghilangkan suara video di PC dan Android.

Cara Menghilangkan Suara Video di PC

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, kalau hanya sekadar menghilangkan suara video di PC, kamu bisa loh dengan memanfaatkan aplikasi bawaan Windows yang bernama Editor Video. Aplikasi tersebut merupakan program bawaan Microsoft, sebagai ganti dari Movie Maker yang sudah dihentikan produksinya.

Editor Video sebenarnya merupakan fitur yang terpasang di dalam aplikasi Photos, yang memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai perubahan pada video termasuk menghilangkan suara. Selain Editor Video, kamu bisa juga menggunakan software edit video pihak ketiga seperti Adobe Premiere Pro, Filmora, dan sejenisnya.

Namun pada kesempatan ini, kami hanya akan membahas cara menghilangkan suara video melalui Editor Video Windows. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu ketik Editor Video pada kolom search Windows, kemudian buka hasil pencariannya.
  2. Jika Editor Video sudah terbuka, silakan kamu klik opsi New Video Project.
  3. Kemudian berilah nama project yang akan kamu buat kali ini.
  4. Jika sudah, silakan klik opsi Add dengan ikon plus, kemudian pilih From this PC lalu silakan cari video yang ingin dihilangkan suaranya.
  5. Setelah itu, silakan kamu klik video yang sudah dimasukkan ke dalam timeline dengan memilih opsi Place in the storyboard.
  6. Selanjutnya kamu bisa langsung menghilangkan suara video dengan cara klik ikon speaker pada video di storyboard, kemudian silakan atur volumenya menjadi 0.
  7. Sesudah itu, kamu bisa mengecek videonya dengan cara klik ikon play di bawah videonya.
  8. Jika sudah selesai, silakan kamu simpan video yang suaranya sudah dihilangkan dengan cara klik opsi Finish video yang berada di kanan atas halaman.
  9. Pada halaman selanjutnya yang muncul, kamu bisa memilih kualitas ekspor video seperti 1080p, 740p, dan 540p. Kalau sudah tinggal klik opsi Export.
  10. Terakhir, silakan pilih lokasi penyimpanan video kamu.
  11. Selesai.

Pada halaman Editor Video kamu bisa berekspolorasi lebih jauh lagi, mulai dari memotong video, menambahkan background music, menambahkan effect, menambahkan text dan masih banyak lagi. Silakan kamu coba-coba fitur editing tersebut sendiri ya, karena pada artikel ini kami hanya memberikan tutorial menghilangkan suara video saja.

[adinserter block=”4″]

Cara Menghilangkan Suara Video di Android

Rasanya kurang lengkap, jika tidak sekalian kami berikan tutorial menghilangkan suara video di HP Android. Mengingat juga banyaknya pengguna Android, yang membutuhkan tutorial kali ini. Namun sebelum lanjut, perlu kamu ketahui kalau aplikasi editor video di Android itu banyak sekali jumlahnya.

Dan semuanya tentu memiliki fitur untuk menghilangkan suara video. Jadi kamu boleh kok menggunakan aplikasi apapun di Android, karena untuk menghilangkan suara video, kamu hanya perlu menghilangkan volumenya atau mute video.

Untuk tutorial disini saya menggunakan aplikasi gratisan bernama Video Sound Editor. Aplikasi ini bisa kamu unduh dari Google Play Store, dan aplikasi ini sangat simpel dan mudah sekali digunakan untuk menghilangkan suara video di HP Android.

Buat kamu yang tidak mau ribet, kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi ini. Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan kamu cari aplikasi Video Sound Editor di Google Playstore.
  2. Setelah ketemu, silakan Install aplikasinya.
  3. Setelah terinstal, silakan lanjut buka aplikasinya. Pada halaman utama Video Sound Editor kamu akan menemui banyak menu yang bisa kamu pilih.
  4. Untuk menghilangkan suara video, silakan pilih Mute Video.
  5. Pada bagian berikutnya, kamu akan dibawa ke galeri atau penyimpanan ponsel untuk memilih video yang diinginkan.
  6. Jika sudah memilih video, di halaman berikutnya akan muncul pengaturan durasi video, dan kamu bisa mengubah durasi video apabila diperlukan.
  7. Jika sudah, kamu bisa langsung tap tanda centang di bagian kanan atas untuk melanjutkan.
  8. Pada halaman berikutnya akan muncul jendela konfirmasi. Silakan kamu pilih opsi mute yang diinginkan dari dua pilihan disana.
  9. Untuk opsi Mute With Trim Video akan menghilangkan suara video dengan memotong durasi.
  10. Kalau untuk Mute Without Trim Video akan menghilangkan suara video tanpa potong durasi.
  11. Terakhir, tinggal tungu proses rendering video tersebut sampai selesai.

Setelah selesai di-render kamu bisa melihat hasil videonya pada Galeri atau penyimpanan internal HP Android. Biasanya terletak pada folder bernama MuteVidos.

Selain bisa kamu gunakan untuk menghilangkan suara video, aplikasi tersebut juga memiliki berbagai fitur yang bisa dieksplor lebih jauh seperti menambah lagi, mengatur audio, memotong video dan sebagainya. Silakan kamu coba-coba sendiri ya.

Selain menggunakan aplikasi Video Sound Editor, kamu bisa menggunakan aplikasi serupa yang populer seperti Power Director, Kinemaster, Capcut, Filmora for Android, dan sejenisnya. Namun semuanya tidak kami jelaskan pada artikel ini, karena akan panjang.

Dan kami rasa jika sekadar menghilangkan suara video di HP Android, dengan aplikasi Video Sound Editor sudah sangat cukup.

Akhir Kata

Demikianlah tadi pembahasan kita mengenai cara menghilangkan suara video di PC Windows dan HP Android. Kedua metode di atas sangatlah mudah, bahkan untuk pemula sekalipun yang notabenenya bukan seorang editor video.

Terlebih jika kamu memang editor video, tentu akan mudah menggunakan aplikasi apapun itu untuk berbagai keperluan edit video baik di PC maupun HP. Proses menghilangkan suara video dengan cara-cara di atas juga sangat cepat, paling hanya 5 menit saja.

Mungkin sekian dulu tutorial mengenai cara menghilangkan suara video di PC dan Android yang bisa kamu contoh. Semoga bermanfaat dan membantu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia