BlogLifestyleGadget13 Cara Menghilangkan Iklan di HP dengan Mudah
0
0

13 Cara Menghilangkan Iklan di HP dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghilangkan iklan di HPtop-right-banner

Iklan sering menjadi gangguan yang muncul ketika Pins sedang asyik membaca sesuatu di browser ponsel. Untungnya, ada beragam cara mudah yang bisa Pins terapkan untuk menghilangkan iklan di HP, kok.

Iklan yang muncul memang tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, terutama ketika memasuki situs untuk menghindari paywalls atau langganan. Jadi, kamu bisa beberapa cara di bawah ini untuk menghapus iklan di HP agar tidak mengganggu pengalaman membaca kamu!

Melakukan Scanning dengan Dr. Web Security Space

Source : ApkGK

Salah satu cara menghilangkan iklan di HP yang paling mudah adalah menginstal aplikasi Dr. Web Security Space. Aplikasi ini bertujuan melakukan scanning pada ponsel guna memantau dan membersihkan smartphone dari virus atau malware.

Pins bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Playstore dengan dua versi, yaitu berbayar dan gratis. Namun, kamu sudah bisa menikmati fitur memblokir iklan dari aplikasi Dr. Web Security Space versi gratis, nih.

Baca juga:

Mengaktifkan Fitur Google Play Protect

Source : Android

Jika tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan, Pins bisa mencoba cara menonaktifkan iklan di HP dengan mengaktifkan fitur Google Play Protect. Fitur ini berfungsi memindai seluruh aplikasi dari bahaya virus sebelum kamu instal.

Walau mirip dengan aplikasi antivirus, Google Play Protect bisa bekerja di dalam Play Store. Jadi, Pins bisa menonaktifkan pop up iklan di HP, terutama HP Android, dengan menyalakan fitur Google Play Protect. Ini langkahnya!.

  1. Buka Google Playstore
  2. Ketuk menu garis tiga pada bagian pojok kiri atas.
  3. Pilih menu Play Protect.
  4. Klik ikon Gear atau pengaturan pada bagian pojok kanan atas.
  5. Ceklis semua yang ada pada 2 pilihan menu.

Mematikan Notifikasi dan Pop up di Google Chrome

cara menghilangkan iklan di HP
Source : How to Geek

Pins juga bisa mulai mematikan notifikasi dan pop up di Google Chrome sebagai cara menghilangkan iklan di HP Android dan iPhone yang tiba-tiba muncul. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi banyak pengguna yang mungkin kurang paham apa fungsi dari fitur ini. Simak langkah-langkahnya di sini

  1. Buka aplikasi Chrome.
  2. Masuk ke menu Settings
  3. Pilih menu Site Settings
  4. Cari Notifikasi dan Pop up
  5. Matikan kedua fitur tadi.

Menghapus Riwayat Pencarian

Source : Mobigyaan

Siapa sangka menghapus riwayat pencarian bisa jadi alternatif cara mematikan iklan di HP? Nyatanya, Pins bisa mendapatkan iklan-iklan dari Google Chrome setelah mengakses situs-situs tertentu.

Jadi, kamu bisa memblokir iklan tersebut dengan menghapus history atau riwayat pencarian di Google Chrome. Dengan begitu, iklan yang muncul akan menghilang untuk sementara waktu. Berikut cara menghapus riwayat pencarian di Google Chrome.

  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Klik menu titik tiga pada pojok kanan atas.
  3. Geser ke bawah sampai menjumpai menu history.
  4. Klik history dan hapus riwayat pencarian.

Baca juga: 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Mengembalikan ke Pengaturan Setelan Pabrik

cara reset hp samsung
Source : Pexels

Jika iklan-iklan sudah benar-benar mengganggu, Pins bisa mengatasi persoalan ini dengan mengembalikan ke pengaturan setelan pabrik. Melakukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik menjadi salah satu solusi ampuh karena mengembalikan kondisi smartphone ketika baru dibeli.

Walau begitu, Pins harus berhati-hati ketika melakukan factory reset. Pasalnya, factory reset yang gagal bisa menyebabkan bootlop dan stuck pada logo Android atau iPhone.

Cara Melakukan Reset ke Setelan Pabrik pada HP iPhone

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan.
  2. Pilih menu Umum atau General Settings.
  3. Ketuk Transfer atau Atur Ulang iPhone
  4. Pilih Atur Ulang.

Cara Melakukan Reset ke Setelan Pabrik pada HP Android

  1. Masuk ke menu Setelan.
  2. Pilih Setelan Tambahan.
  3. Klik Buat Cadangan & Setelan Ulang.
  4. Ketuk Kembali ke Setelan Pabrik.

Memanfaatkan Security Settings

Source : Gear Patrol

Seperti yang Pins tahu, beberapa iklan terkadang mengandung virus atau malware yang tentu berbahaya untuk smartphone. Ini karena ketika seseorang tidak sengaja mengklik iklan tersebut akan diarahkan untuk menginstal aplikasi yang berbahaya. Bahkan, beberapa aplikasi ini memiliki rating rendah dan sebenarnya tidak kamu perlukan.

Maka dari itu, Pins bisa memanfaatkan fitur yang ada di Security Settings untuk mencegah ponsel menginstal aplikasi yang tidak jelas. Begini caranya.

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  2. Pilih menu Security.
  3. Ketuk Privacy.
  4. Klik Jangan Izinkan HP untuk instal aplikasi dari sumber yang tidak diketahui (Unknown source).

Baca juga: 25 Rekomendasi HP RAM 4GB Harga Rp 2 Jutaan

Membayar Biaya Langganan Aplikasi

cara menghilangkan iklan di hp
Source : Popular Science

Umumnya, aplikasi di Android mengandung iklan-iklan yang terkadang mengganggu untuk memperoleh pemasukan. Cara ini memang yang paling mudah untuk developer mendapatkan uang. Pemasukan tersebut biasanya dipakai untuk biaya operasional, pengembangan aplikasi, dan mencari keuntungan.

Untungnya, beberapa developer aplikasi memberikan varian aplikasi berbayar. Aplikasi versi berbayar dari mereka bertujuan agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan meski iklan di HP dihilangkan. Beberapa developer menawarkan skema langganan maupun beli putus.

Artinya, Pins harus membayar aplikasi tersebut terlebih dulu sebelum digunakan. Namun, jenis aplikasi seperti ini jarang mendapat pembaharuan konten sehingga terasa membosankan saat dipakai dalam waktu lama.

Menghapus Aplikasi yang Memunculkan Iklan

Cara lain menghilangkan iklan di HP yang paling mudah adalah menghapus aplikasi yang menyebabkan kemunculan iklan. Umumnya, aplikasi yang terinstal dari luar Google Playstore lebih berisiko memunculkan pop up iklan atau malware karena tidak terdeteksi oleh sistem.

Jikan menjumpai aplikasi yang berpotensi memunculkan pop up iklan, sebaiknya langsung uninstal aplikasi agar masalah pop up iklan segera teratasi.

Menonaktifkan Jaringan WiFi atau Paket Data

cara menghilangkan iklan di hp
Source : ICT Frame

Menonaktifkan jaringan WiFi atau jaringan seluler bisa jadi solusi cara menghapus iklan di HP. Jika menampilkan iklan, aplikasi biasanya akan mengunduh materi iklan dengan internet.

Bila jaringan internet mati, aplikasi tentu tidak bisa memuat materi iklan. Sementara itu, aplikasi atau game offline masih bisa berjalan tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet. Cara ini pun cukup efektif untuk menghadang malware atau sembarangan instal aplikasi dari sumber yang tidak jelas.

Baca juga: 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Cara Mematikan Jaringan Internet

Pins juga bisa memanfaatkan cara ini untuk menonaktifkan iklan di HP pada saat main game. Pasalnya, hampir semua iklan di HP diambil secara dinamis dari internet sehingga smartphone harus dalam kondisi online agar iklan bisa tetap ada.

Bila game yang dimainkan masih bisa berjalan tanpa internet, Pins cukup mematikan jaringan internet untuk memblokir kemunculan iklan di HP. Berikut caranya.

  1. Atur ponsel ke mode pesawat ketika mulai bermain game.
  2. Lihat apakah iklan banner atau iklan video hilang atau tidak.
  3. Matikan koneksi internet untuk menghilangkan iklan di HP

Cara-cara ini memang tidak bisa menghilangkan iklan sepenuhnya. Pins mungkin masih bisa melihat placeholder tempat iklan ditayangkan. Namun, tempat tersebut biasanya hanya berupa space kecil yang mungkin tidak begitu mengganggu.

Menginstal Aplikasi Adguard

Source : Google Playstore

Bagi Pins yang menginginkan perlindungan tambahan setelah mencoba beragam cara menghilangkan iklan di HP di atas, coba instal aplikasi Adguard.

Adguard adalah aplikasi yang berfungsi melindungi HP dari iklan dengan memindai aplikasi yang terinstal dan berpotensi memiliki bahaya. Hadir dengan interface modern dan desain yang simpel, kamu bisa memanfaatkan Adguard dengan mudah berkat langkah di bawah ini.

  1. Unduh dan instal Adguard.
  2. Pilih ikon Power untuk memulai fitur blokir iklan.
  3. Ceklis semua konfigurasi pada aplikasi untuk menonaktifkan iklan.

Jika ingin aplikasi Adguard versi premium, Pins perlu mengunjungi situs Adguard langsung. Versi premium ini menawarkan fitur yang lebih lengkap, mulai dari memblokir iklan, melihat sejauh mana aplikasi menghilangkan iklan, hingga mengatur filter adblocking pada ponsel.

Memakai Adclear

Source : Google Playstore

Sesuai namannya, Adclear merupakan aplikasi untuk ‘membersihkan’ iklan-iklan yang muncul saat menjelajah internet. Aplikasi ini menawarkan fitur blokir iklan saat browsing atau memakai aplikasi yang berisiko diserang oleh iklan atau malware.

  1. Unduh dan buka aplikasi Adclear.
  2. Sinkronisasikan Adclear dengan browser yang digunakan.
  3. Lihat apakah semua iklan sudah terblokir atau belum dengan membuka browser.

Baca juga:

Mengunduh Aplikasi Adblock

Source : Google Playstore

Aplikasi lainnya yang bisa menjadi alternatif cara menghilangkan iklan di HP adalah Adblock. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Adblock merupakan ekstensi dari Google Chrome yang sangat berguna memblokir iklan ketika menjelajah dengan broswer Chrome. Ini caranya.

  1. Buka browser Chrome.
  2. Akses situs adblock di getadblock.com.
  3. Pilih Get Adblock Now pada tombol biru.
  4. Tunggu sampai halaman instalasi ekstensi muncul.
  5. Pilih Add to Chrome untuk menambahkan ekstensi Adblcok ke Chrome.
  6. Ketuk tanda berhenti (stop) berwarna merah dan ceklis opsi dan pengaturan sesuai kebutuhan.
  7. Simpan pengaturan.

Pins juga bisa memanfaatkan AdBlock Plus for Samsung yang bisa diunduh melalui Google Playstore. Aplikasi ini akan membawa kamu langsung ke pengaturan perangkat yang mengharuskan Pins mengaktifkan blokir iklan.

Memanfaatkan Aplikasi UC Browser

cara menghilangkan iklan di hp
Source : Google Playstore

Tidak selamanya Pins harus menggunakan Chrome sebagai browser utama, kok. Kamu bisa menggunakan aplikasi UC Browser untuk menjelajah dunia internet.

UC Browser merupakan salah satu browser yang tergolong aman karena sudah dibekali Engine U4 agar pengalaman browsing lebih lancar dan mengunduh file lebih cepat. Bahkan, browser ini sudah memiliki fitur Ad Block untuk menghilangkan berbagai iklan yang mengganggu.

  1. Buka aplikasi Chrome.
  2. Pilih menu titik tiga pada pojok kanan atas.
  3. Klik Site Settings, lalu pilih Pop ups and redirects. Klik Toggle.
  4. Bila tampilan UC Browser berubah menjadi abu-abu, artinya iklan atau pop up sudah terblokir.

Nah, itu tadi sederet cara menghilangkan iklan di HP yang bisa Pins coba. Dengan begitu, kamu bisa merasakan pengalaman browsing yang bebas dari gangguan iklan-iklan yang mungkin berbahaya bagi ponsel kamu!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download