Pinhome

Cara Mudah Menghilangkan Noise Video di PC & HP Android

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 22 May 2022 ∙ 11 menit membaca

Ketika mengambil sebuah video (shooting), pasti ada saja suara yang mengganggu masuk ke rekaman tersebut. Seperti adanya keramaian, suara kendaraan lalu lalang, suara orang lain bicara, desis nafas, hingga kondisi cuaca seperti suara hujan atau angin yang bisa masuk ke video rekaman.

Noise atau kebisingan tersebut terkadang memang tidak bisa kita hindarkan ketika proses pengambilan video. Sehingga hal tersebutlah yang membuat hasil rekaman kurang miliki kualitas yang bagus, terutama pada audionya yang cenderung memiliki latar belakang suara bising yang mengganggu.

Untuk mengatasi hal tersebut, singkatnya hanya dengan menghilangkan noise dari video tersebut supaya suaranya menjadi lebih berkualitas dan jernih. Untuk menghilangkan noise kamu bisa melakukannya melalui aplikasi editing khusus di PC dan HP Android.

Cara Menghilangkan Noise Video di PC

Untuk menghilangkan noise video di PC adalah dengan menggunakan aplikasi editing video seperti Adobe Premiere Pro, Filmora, Audacity dan lain sebagainya. Dengan aplikasi tersebut audio pada video akan dipisahkan dan selanjutnya akan dilakukan filtering untuk menghilangkan noise.

Nah, untuk lebih detailnya mengenai cara menghilangkan noise video menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, bisa disimak pada ulasan di bawah.

Menggunakan Filmora

Untuk menghilangkan kebisingan latar belakang atau noise video, kami pertama menyarankan kamu untuk mencoba menggunakan editor video Windershare Filmora. Nah, pada software filmora terdapat fitur denoise yang berfungsi untuk menghilangkan kebisingan (noise).

Langsung saja, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu download dan instal terlebih dahulu aplikasi Filmora jika belum punya.
  2. Setelah itu silakan buka aplikasinya.
  3. Selanjutnya, pada halaman editing, silakan Impor video dari perangkat kamu dengan cara klik Files > Import Media > Import Media Files.
  4. Masukkan video ke timeline Wondershare Filmora. Pratinjau, kemudian lakukan editing seperti pangkas video, menambahkan effect dan lain sebagainya bila diperlukan.
  5. Jika sudah, silakan masuk ke menu Detach Audio dengan cara menekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + D. Atau bisa juga dengan klik kanan video kemudian pilih menu Detach Audio.
  6. Setelah itu, silakan klik dua kali pada track audio, kemudian pada bagian Panel Edit Denoise silakan centang opsi Remove background noise untuk menghilangkan kebisingan latar belakang secara langsung.
  7. Silakan sempurnakan suara pada video dengan mengatur Equalizer untuk membuat audio terdengar lebih alami.
  8. Sesudah itu, silakan simpan video hasil editang tersebut yang noise-nya sudah dihilangkan dengan cara klik Export lalu pilih lokasi penyimpanan video.
  9. Done.

[adinserter block=”4″]

Melalui Adobe Premiere Pro

Software Adobe Premiere Pro ini memang menjadi salah satu software editing professional yang sudah banyak digunakan oleh creator video, creator film, vlogger dan content creator professional lainnya.

Fitur pada Adobe Premiere Pro ini sangatlah banyak, salah satunya adalah fitur untuk menghilangkan noise pada video. Nah, untuk menghilangkan noise video melalui Adobe Premiere Pro, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama, silakan kamu buka software Adobe Premiere Pro terlebih dahulu.
  2. Jika belum punya, silakan download dan instal terlebih dahulu software Adobe Premiere Pro di internet.
  3. Setelah softwarenya dibuka, silakan kamu masukkan video yang akan dihilangkan noise-nya dengan caar klik  Import media to start pada menu Project > kemudian cari video dari direktori penyimpanan di laptop atau PC kamu.
  4. Sesudah itu, sekarang silakan klik menu Effect kemudian pilih audio effect lalu klik opsi Noise Reduction/Restoration.
  5. Selanjutnya, silakan drag & drop efek Denoise tersebut ke timeline video di project Adobe Premiere Pro kamu.
  6. Jika sudah, silakan klik Effect Control kemudian carilah fx DeNoise dan buka fx tersebut lalu pilih Edit.
  7. Setelah itu, silakan kamu atur Amount dan Gain sesuai kebutuhan. Misalnya saja seperti di bawah ini, saya menaikkan gain ke 11 dB agar noise dapat teredam. Silakan atur dan sesuaikan sendiri.
  8. Sebelum disimpan, coba deh cek hasilnya. Jika masih terdengar noise, silakan naikkan gain-nya sampai noise benar-benar hilang.
  9. Jika sudah selesai, silakan simpan dengan cara klik Export.

Menggunakan Adobe Audition

Pilihan software Adobe lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noise pada video adalah Adobe Audition. Software Adobe Audition ini memiliki fitur yang lebih lengkap dalam hal mengedit suara atau audio seperti merekam, mixing, mastering, dan mengedit audio.

Untuk menghilangkan noise menggunakan software audition ini caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka software Adobe Audition terlebih dahulu.
  2. Jika belum punya, silakan download dan instal terlebih dahulu software Adobe Audition di internet.
  3. Setelah softwarenya dibuka, silakan masukkan file kamu.
  4. Sesudah itu, silakan klik menu Effects kemudian pilih Noise Reduction / Restoration.
  5. Selanjutnya, klik opsi Noise Reduction.
  6. Kemudian pada file kamu, silakan klik Capture Noise Print lalu sesuaikan pengaturan Noise Reduction dan Reduce By sesuai kebutuhan.
  7. Coba play terlebih dahulu untuk mengecek hasilnya, jika belum sesuai silakan ubah lagi Noise Reduction dan Reduce By.
  8. Jika suadah, silakan Export hasilnya ke laptop atau PC kamu.

Memakai Software Audacity

Aplikasi PC yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noise video adalah Audacity. Aplikasi ini mudah digunakan, karena memiliki tampilan yang mudah dipahami, selain untuk mengilangkan noise, aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat effect, compressing, mengatur equalization, dan mengatur limiter audio.

Nah, untuk menghilangkan noise memakai software Audacitiy, caranya adalah seperti di bawah ini:

  1. Pertama, silakan download dan instal terlebih dahulu software Audacity.
  2. Setelah itu, siapkan file audio yang akan dihilangkan noise-nya. Jika kamu belum memiliki audionya, silakan compress video menjadi audio terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, silakan buka aplikasi Audacity, lalu setelah masuk ke aplikasinya, silakan tekan Ctrl + O kamudian buka file yang akan diedit. Kamu bisa klik kanan, pilih File > Open > File jika tidak menggunakan tombol kombinasi tersebut.
  4. Untuk menghilangkan noise pada audio, silakan ambil sampel noise dari manapun di area kosong saat rekaman.
  5. Setelah itu, klik Efect kemudian pilih Noise Reduction lalu klik Get Noise Profil.
  6. Selanjutnya, pilih keseluruhan audio pada halaman editing dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + A.
  7. Berikutnya, klik Effect kemudian pilih Noise Reduction lalu silakan kamu ubah settingannya sesuai kebutuhan. Misalnya saja kamu ubah Noise Reduction menjadi 12db.
  8. Atur juga frekuensi dan sensitiyvy sesuai kebutuhan, lalu setelah selesai tinggal klik OK.
  9. Silakan play untuk mengecek hasilnya.
  10. Jika dirasa sudah sesuai, silakan export audionya dengan cara klik File kemudian pilih Save other lalu pilih format dan lokasi untuk menyimpan file.
  11. Selesai.

[adinserter block=”5″]

Cara Menghilangkan Noise Video di Android

Selain menggunakan software di PC, kamu juga bisa menghilangkan noise video dengan memakai aplikasi di Android. Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noise video ini, tapi yang kami rekomendasikan hanya beberapa yang menurut kami terbaik dan mudah digunakan.

Untuk lebih detailnya, silakan simak ulasan di bawah ini!

Memakai Aplikasi Noise Reducer

Untuk menghilangkan noise video kamu bisa melakukannya di HP Android, dengan menggunakan aplikasi khusus. Nah, aplikasi di Android menurut saya lebih simpel, dan mudah digunakan dibanding aplikasi PC, karena kita bisa menghilangkan noise secara otomatis hanya dengan beberapa langkah saja.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silakan instal terlebih dahulu aplikasi Noise Reducer melalui Google Play Store.
  2. Setelah terinstal, sekarang buka aplikasi Noise Reducer tersebut.
  3. Kemudian, pada halaman utama aplikasi, silakan kamu ambil video yang ingin dihilangkan noise-nya dengan cara tap pada menu menu Import File kemudian pilih videonya.
  4. Setelah itu, aplikasi akan secara otomatis menjalankan proses denoising. Jadi, silakan tunggu sampai selesai.
  5. Selanjutnya video kamu akan tampil dihalaman editing, dan bisa di play dulu untuk mengecek hasilnya. Caranya dengan klik opsi Play Noiseless.
  6. Kamu bisa juga bandingkan dengan video yang belum dilakukan denoising, dengan memilih opsi Play Original.
  7. Jika sudah sesuai, kamu bisa langsung menyimpan videonya dengan tap Save As.
  8. Terakhir, tinggal pilih format video yang diinginkan.

Mudah bukan? Aplikasi ini melakukan denoising secara otomatis untuk menghilangkan noise pada video, jadi kamu tidak bisa mengatur value-nya sendiri.

Menggunakan Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor adalah salah satu aplikasi Android yang mempunya dua fungsi, yaitu sebagai perekam dan mengedit audio. Nah, untuk editing audio, kamu bisa menghilangkan noise dan membuat suara pada audio lebih jernih dan bagus.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Instal terlebih dahulu aplikasi Lexis Audio Editor.
  2. Setelah itu, buka aplikasinya.
  3. Pada halaman utama aplikasi, silakan ketuk opsi Open kemudian carilah file video yang ingin dihilangkan noise-nya, lalu klik Open lagi.
  4. Pada halaman berikutnya, silakan tap tombol Play (berwarna hijau) dan kemudian tekan tombol Stop (berwarna abu-abu) untuk menghilangkan noise.
  5. Jika sudah, lanjut ketuk tombol titik tiga di pojok kanan atas, kemudian pilih Effect.
  6. Pada bagian Effect, silakan kamu pilih Noise reduction, kemudian setting pengaturan noise reduction.
  7. Kamu bisa menggunakan settingan default aplikasi, karena menurut saya sudah cukup bagus untuk menghilangkan noise. Jika sudah, tinggal tap Apply.
  8. Untuk mengecek hasilnya, silakan tap tombol Play.
  9. Setelah noise berhasil dihilangkan, selanjtunya kamu perlu meningkatkan suara hasil noise reduction yang mengecil. Caranya adalah dengan menggunakan fitur Equalizer/Amplifier lalu atur Pre amplifier dan jika sudah tinggal ketuk Apply.
  10. Setelah selesai, silakan simpan hasil editannya.

Melalui Aplikasi Noise Reduction

Aplikasi Android lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noise video adalah Noise Reduction. Aplikasi ini dikembangkan oleh High Tech Social Leb dan bisa digunakan secara gratis tanpa harus berlangganan, dan untuk menghilangkan noise video caranya juga mudah dan cepat.

Caranya sendiri sebenarnya hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, yakni dengan memasukkan file audio video ke aplikasi ini kemudian dengan sekali klik proses penghilangan noise akan secara otomatis dimulai.

Selain untuk menghilangkan noise, aplikasi ini bisa digunakan untuk convert video/audio, mengubah format, merekam audio secara langsung di aplikasinya, mengatur batch audio, cut audio dan sebagainya.

[adinserter block=”5″]

Gunakan Amplifier Suara

Aplikasi Andorid terakhir yang kami rekomendasikan untuk menghilangkan noise video adalah Amplifier Suara. Aplikasi ini merupakan garapan Google LLC yang didesain untuk menyempurnakan kualitas audio agar lebih enak untuk didengar, salah satunya adalah dengan cara meredam suara noise menganggu.

Aplikasi garapan Google LLC tidak usah diragukan lagi ya, karena kualitasnya bisa dijamin. Penggunanya saja sudah lebih dari 100.000.000 orang kalau dilihat dari data instal di Google Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi Amplifier Suara, kamu bisa menyesuaikan sebesar apa noise yang ingin dihilangkan, mulai dari Low, Medium dan High. Nah, dengan begitu audio akan tetap terjaga tanpa takut kalau akan adda bagian yang hilang.

Setelah menghilangkan noise, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk meningkatkan level volume audio, custom kualitas, setting tune sound, menambahkan effect, dan mengubah suara asli menjadi seperti robot, dan sebagainya.

Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Audio Video

Pembahasan selanjutnya, bukan tentang menghilangkan noise pada video, melainkan kami akan memberikan tips untuk meningkatkan kualitas audio pada video agar kualitasnya menjadi lebih bagus, dan minim noise serta suara jernih.

Nah, untuk tips-tipsnya akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Dekatkan Vokal dengan Microphone

Kalau kamu menggunakan microphone eksternal ketika merekam video, maka sangat kami sarankan agar kamu bisa mendekatkan sumber suara dengan mic, karena jika sumber suara lebih dekat maka audio yang dihasilkan juga akan lebih bagus.

  • Menggunakan Microphone yang Berkualitas

Kualitas microphone yang digunakan untuk merekam suara pada sebuah video juga harus diperhatikan. Pasalnya, mic yang kurang bagus cenderung memiliki sensor dan sensitivitas suara yang kurang, sehingga bisa memicu banyak munculnya noise.

Jadi, pastikan kalau kamu menggunakan mic yang berkualitas bagus, agar hasil rekamannya juga bagus.

  • Pilih Lokasi yang Tepat

Selain karena faktor penggunaan mic, lokasi yang digunakan untuk merekam video juga harus diperhatikan. Terutama untuk kamu yang merekam diluar ruangan, pastikan kalau lokasi tidak sedang ramai orang dan banyak kendaraan lalu-lalang.

Apabila diruangan, pastikan tidak ada suara berisik yang mengganggu, seperti suara kipas angin, suara mesin, suara AC, dan sebagainya.

  • Pilih Suasana yang Pas

Suasana ketika kamu merekam video juga perlu diperhatikan, apabila suasananya sangat ramai dan berisik, maka akan berpengaruh buruk pada hasil rekamanmu. Contohnya ketika hujan atau angin, sehingga menimbulkan suara berisik yang tidak enak didengar.

Jadi, kami sarankan ketika merekam, pilihlah lokasi yang sunyi, tidak hujan, dan tidak banyak angin besar bertiup.

  • Gunakan Background Music Pada Video

Tips yang ampuh dan banyak digunakan untuk menutupi noise pada sebuah video adalah dengan menambahkan background music (backsound) pada video. Seperti kamu menambahkan music, audio track, lagu, dan sebagainya.

Dengan begini kemudian dapat menutupi kebisingan latar belakang tanpa mengalihkan perhatian dari suara utama pada video. Pastikan juga penggunaan backsound tidak mengganggu dan suaranya tidak usah terlalu besar, sehingga menutupi suara utama pada video.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai cara mudah menghilangkan noise video di PC dan HP Android, sekaligus tips-tips agar audio pada video kamu menjadi lebih berkualitas.

Nah, dengan menghilangkan suara mengganggu (noise) pada sebuah video, maka hal tersebut akan berdampak baik pada videonya dan akan membuat video menjadi berkualitas dan bagus. Semoga dengan cara-cara yang kami tuliskan di atas, bisa membantu kamu mengatasi masalah noise video yang mengganggu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia