Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Cepat

Lifestyle

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Cepat

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 31 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Kegiatan begadang atau kurang istirahat sering menimbulkan warna hitam di bawah mata atau yang biasa kita kenal dengan mata panda. Hal ini tentu dapat mengganggu penampilan, mengingat mata menjadi daya tarik seseorang. Sehingga kamu perlu cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat agar dapat tampil percaya diri.

Kondisi mata sering kali menggambarkan bagaimana kondisi seseorang. Munculnya mata panda berarti menandakan orang itu lelah dan tidak segar. Kamu perlu mengatasinya dengan segera, berikut di bawah ini penyebab dan cara mengatasi mata panda secara alami dan cepat.

Mata panda muncul tentu karena ada sebabnya. Tak banyak yang mengetahui apa saja penyebab munculnya mata panda selain kurang tidur.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kaki Pecah Pecah Secara Alami

Penyebab

Keturunan

Faktor genetik bisa menjadi munculnya mata panda. Ada beberapa kondisi di mana mata panda bisa hilang seiring berjalannya waktu. Namun ada juga yang tetap terlihat bahkan semakin jelas. Untuk penyebab yang satu ini, mungkin mata panda akan sulit hilang.

Kondisi Tertentu

Mata panda dapat muncul pada kondisi tertentu, seperti saat dehidrasi atau menderita gangguan tiroid. Hal ini juga dapat menyebabkan bawah menjadi hitam.

Mata yang Tegang

Ketegangan yang terjadi pada mata juga bisa menyebabkan munculnya mata panda. Mata yang tegang bisa terjadi karena terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop.

Karena terus fokus dengan layar, mata menjadi tegang dan pembuluh darah yang ada di sekitar mata ikut membesar. Memicu lingkaran hitam di bawah mata.

Paparan Sinar Matahari

Mata panda juga bisa disebabkan karena sinar matahari yang menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit dengan meningkatkan produksi melanin pada kulit sehingga kulit menjadi lebih gelap termasuk bagian bawah mata.

Baca juga : 16 Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Secara Cepat dan Alami

Membersihkan Wajah yang Salah

Menggosok wajah terlalu keras juga dapat memicu munculnya mata panda. Bagian mata merupakan bagian yang sensitif sehingga harus dibersihkan dengan lembut. Penyebab membersihkan wajah yang salah akan membuat mata menghitam dan lebih cepat keriput.

Penuaan Pada Mata

Munculnya warna hitam pada mata juga bisa mengindikasikan tanda-tanda penuaan. Saat usia lanjut, produksi kolagen dan elastisitas kulit semakin berkurang. Kulit menjadi lebih tipis dari sebelumnya sehingga bisa membentuk mata panda.

Pola Tidur yang Salah

Mata panda bukan hanya terbentuk karena seseorang kurang tidur, namun terlalu banyak tidur juga dapat membuat kantung mata membesar. Hal ini terjadi, karena mata panda terbentuk akibat penumpukan cairan.

Dalam posisi terbaring akan memudahkan cairan bergerak menuju jaringan yang mengendur lalu menumpuk di tempat tersebut. Artinya, semakin banyak tidur maka kantong mata semakin mudah terbentuk jika memang jaringan di sekitar mata telah mengalami penuaan.

Baca juga : Cara Memutihkan Ketiak dan Mencerahkannya

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Cepat

Untuk menghilangkan mata panda kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Mata panda yang dibiarkan terus menerus tentu dapat mengganggu penampilanmu.

Oleh karena itu, ada beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat antara lain:

Mentimun

Mentimun memiliki efek dingin yang dapat menyegarkan mata. Ia memiliki kandungan astringen alami yang dapat mengecilkan pembuluh darah serta membantu mengatasi peradangan. Tak heran jika mentimun juga dapat menghilangkan mata panda.

Selain itu, mentimun juga dapat melembabkan kulit sehingga kulit menjadi lebih lembut. Caranya mudah, gunakan irisan mentimun yang telah didinginkan, kemudian tempatkan pada kedua mata dan biarkan selama beberapa menit.

Sendok Dingin

Sendok dingin sama saja dengan kompres dingin, setelah mentimun cara ini juga sangat praktis dan terbilang dapat menjadi cara menghilangkan mata panda dengan cepat. Ia mampu menyegarkan mata, menyempitkan pembuluh darah serta menghilangkan bengkak di sekitar mata.

Caranya letakkan sendok dingin pada kedua mata dan biarkan selama 10 atau 15 menit sampai rasa dingin pada sendok menghilang.

Teh Celup

Ternyata ampas dari teh celup juga mampu menjadi cara menghilangkan mata panda dengan cepat secara alami. Kandungan antioksidan di dalam teh hijau sangat tinggi sehingga mampu menyegarkan mata.

Caranya gunakan 2 kantung teh, rendam selama beberapa menit kemudian letakkan pada lemari es selama 15 menit dan setelah dingin letakkan di bawah kantong mata.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Berkumur

Tomat

Tomat merupakan bahan alami yang baik untuk cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat. Kandungan antioksidan vitamin A, C, dan E mampu mencerahkan warna kulit sehingga sangat cocok untuk menghilangkan warna hitam pada bagian bawah mata.

Caranya mudah, gunakan irisan tomat dingin sama seperti pada mentimun, letakkan di bawah mata selama 15 menit. Kamu bisa melakukannya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Air Mawar

Air mawar memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit wajah termasuk mata panda. Ia mampu meremajakan kulit, sehingga lebih segar, lebih lembab dan lembut. Cairan air mawar mampu menenangkan mata yang lelah sehingga mengurangi mata panda dan dapat menjadi cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat.

Caranya rendam kapas ke dalam tempat berisi air mawar kemudian simpan beberapa menit di dalam lemari es untuk mendapatkan sensasi dingin. Setelah dingin letakkan di bagian bawah mata dan biarkan selama beberapa menit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari selama beberapa minggu dan rasakan perbedaanya.

Selain cara-cara alami di atas, hal penting yang perlu digaris bawahi adalah mengubah pola tidur kamu menjadi lebih teratur dari sebelumnya. Cara apapun tidak akan efektif jika kamu masih saja begadang. Karena penyebab sering munculnya mata panda adalah karena masalah tidur.

Kamu juga harus konsisten dalam upaya menghilangkan mata panda sehingga mendapatkan hasil yang masksimal. Jika tidak berhasil juga, silahkan hubungi dokter untuk dapat mengetahui lebih jelas penyebab mata panda yang kamu alami.

Baca juga : Apa Itu Impostor Sindrom? Berikut Penjelasannya

Share juga pemikiran kamu di kolom komentar tentang cara menghilangkan mata panda secara alami. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui cara menghilangkan mata panda secara alami.

Tags :

Bagikan Artikel