Cara Menghilangkan Komedo Membandel di Wajah

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ February 9, 2022 ∙ 4 menit membaca

Komedo atau biasa disebut jerawat ringan merupakan papula kecil yang muncul di permukaan kulit wajah. Biasanya komedo sering timbul di daerah dekat hidung, area hidung, bawah dagu, bahkan leher sekalipun.

Penyebabnya utamanya sih karena tumpukan sel kulit mati dan minyak memenuhi ujung folikel rambut, sehingga kalau kamu amati dengan cermat, ada sejenis jerawat berlemak dan kecil-kecil memenuhi pori-pori kulitmu.

Dari jenisnya, ada dua warna komedo yang biasa terjadi pada kulit wajah, yakni hitam dan putih. Walaupun berbeda warna, tetapi kedunya memerlukan perawatan yang sama agar hilang sampai ke akar-akarnya.

Penampakan komedo yang tidak setransparan jerawat membuat masalah ini kerap diabaikan oleh sebagian besar orang. Padahal kadang-kadang komedo juga bisa berubah menjadi jerawat besar apabila sering terpapar udara kotor, bakteri, dan debu.

Cara menghilangkan komedo hitam

Komedo hitam merupakan papula yang cukup terbuka dan begitu tampak di permukaan wajah. Hanya dengan mendekat atau melihat sepintas, komedo hitam bisa terlihat jelas.

Untuk mengatasinya juga tidak begitu mudah, apalagi kalau sudah lama tidak dibersihkan. Namun bahan-bahan di bawah ini punya khasiat untuk menghilangkan komedo hitam lho!

1. Jeruk nipis


Estrak jeruk nipis yang punya banyak kandungan vitamin C serta kaya akan anti-oksidan, membuat orang mulai memanfaatkan buah satu ini. Untuk kamu yang ingin membasmi komedo hitam, coba tetesken air perasan jeruk nipis ke permukaan wajah lalu gosok perlahan seolah sedang melakukan scrub.

Setelah wajah digosok, diamkan selama 10 menit dulu lalu basuh muka menggunakan air dingin. Ingat ya, saat menggunakan jeruk nipis setidaknya kulit tidak sedang luka maupun lecet.

Baca Juga: Skincare dan Makeup Lokal yang Halal

2. Kayu manis dan putih telur

Putih telur bisa dijadikan sebagai dasar untuk masker, sementara kayu manis sendiri dapat memicu pembentukan kolagen, sehingga komedo dapat hilang dalam waktu singkat. Cara menggunakannya juga terbilang mudah, yakni siapkan putih telur lalu taburi dengan satu sendok teh kayu manis dan oleskan pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bersihkan dengan air.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Bedak Wardah Tabur Sesuai Jenis Kulit

3. Bubuk kopi

Bahan scrub memang dipilih yang bertekstur kasar serta bergerindil. Nah, bubuk kopi yang kasar mampu digunakan untuk menghilangkan komedo hitam. Untuk menggunakannya, kamu cukup menyiapkan satu sendok makan bubuk kopi lalu tambahkan sedikit air dan balurkan ke wajah.

Diamkan selama 15 menit kemudian setelah itu gosok perlahan bagian wajah yang sering ditumbui oleh komedo. Setelah proses itu selesai, maka basuh muka menggunakan air dingin supaya pori-pori makin kecil.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Bedak Wardah untuk Kulit Berminyak

Cara menghilangkan komedo putih


Komedo putih memang tidak berbeda jauh dengan komedo hitam, hanya saja tidak begitu terlihat dan tampak secara kasat mata. Komedo ini hanya akan terlihat kalau bagian wajah seperti area hidung dan bawah dagu ditekan menggunakan tangan.

Namun, cara ini juga tidaklah baik karena bisa memicu bakteri melalui tangan dan membuat kulit iritasi. Oleh karena itu gunakan bahan sebagai berikut untuk mengangkat komedo putih yang membandel:

1. Masker hitam khusus komedo

Untuk mengangkat komedo hingga ke akarnya, kamu bisa membeli masker khusus penghilang komedo di drugstore terdekat maupun mini market. Biasanya satu bungkus bisa dihargai mulai dari Rp12 ribu sampai Rp50 ribu rupiah.

Tempelkan masker sesuai dengan petunjuk penggunaan dan jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah itu.

Baca Juga: Pilihan Sabun Cuci Piring untuk Kulit Sensitif

2. Buah strawberry

Strawberry merupakan salah satu buah yang mampu menghilangkan komedo putih karena kandungan asam salisilatnya. Buat kamu yang hendak menuntaskan komedo dengan bahan alami ini bisa mengoleskan masker strawberry dan membilas wajah sampai bersih.

Untuk scrubbing pada komedo tidak boleh sembarangan, melainkan harus menggunakan jari saja agar kondisi komedo di wajah tidak semakin parah. Nah, kamu bisa menggunakan jari tangan saja untuk menggosok masker alami secara perlahan.

Baca Juga: 10 Warna Lipstik Revlon Matte untuk Bibir Hitam

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Finansial
Finansial Apa itu Bored Ape? Lihat Gambar NFT "Monyet" di Cryptocurrency

NFT monyet atau Bored Ape NFT sangat populer dalam dunia cryptocurrency beberapa waktu belakangan i

Finansial
Finansial Apa Itu NFT Art? Contoh dan Cara Menjualnya

Pernahkah kamu mendengar apa itu NFT art? Istilah yang memiliki kepanjangan Non-Fungible Token ini

Gadget
Gadget Ketahui Perbedaan MacBook Pro dan Air, Mana Yang Cocok Untuk Kamu?

Seperti yang Pins ketahui, perusahaan Apple selalu merilis dua varian laptop terbaru yaitu MacBook

Finansial
Finansial Apa itu FUD? Serta Moment Terbesar FUD?

Crypto adalah instrumen investasi yang mempunyai risiko sangat tinggi. Investasi crypto sebaiknya m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia