Pinhome

  • Blog
  • Kecantikan
  • Ketahuilah Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami

Kecantikan

Ketahuilah Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 9 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Cara menghilangkan komedo hitam kini jadi salah satu hal yang wajib Pins ketahui. Pasalnya, setiap orang bisa berisiko memiliki komedo. Komedo umumnya muncul di permukaan area kulit wajah. Tentu, kondisi tersebut akan mengganggu penampilan. Selain itu, Pins juga akan merasa tidak nyaman karena ada bintik hitam di area hidung.

Pinhome – Siapa sangka ternyata komedo tidak hanya membandel di area kulit wajah saja Pins, komedo pun bisa berpeluang besar muncul di beberapa area kulit tubuh lainnya. Seperti punggung, leher, lengan, dada, hingga bahu.

Apa itu komedo?

(Freepik)

Mungkin bagi sebagian Pins menganggap bahwa komedo adalah masalah besar. Tenang Pins, hal tersebut sangat umum terjadi. American Academy of Dermatology menjelaskan kalau komedo merupakan gangguan kulit yang paling umum dan dapat diatasi serta dicegah sejak dini. Tapi, apakah Pins sudah tahu apa sebenarnya itu komedo?

Komedo juga sering dikenal dengan istilah blackheads atau komedo hitam. Komedo terjadi lantaran adanya penyumbatan pada folikel rambut yang memproduksi sebum atau kelenjar minyak. Sebenarnya, sebum sangat membantu melembutkan kulit sehingga tidak terlalu kering.

Baca Juga: 6 Garnier Untuk Kulit Berminyak Dan Berkomedo

Namun, apabila produksi kelenjar minyak berlebihan dan tersumbat sangat bisa memicu munculnya komedo putih atau whiteheads. Lantas, setelah terkena paparan sinar matahari dan benjolan komedo putih tersebut terbuka maka akan membentuk komedo hitam yang kasat mata.

Penyebab munculnya komedo

Selain kelenjar minyak yang tersumbat, ada segudang faktor yang menyebabkan komedo muncul di permukaan kulit, Pins. Berikut beberapa di antaranya:

  • Pins mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid hingga androgen rogen.
  • Perubahan hormone karena sedang datang bulan, mengonsumsi pil KB, hingga baru saja memasuki masa-masa pubertas.
  • Iritasi pada folikel yang membuat sel kulit mati
  • Adanya paparan bakteri pada kulit sehingga memicu komedo muncul
  • Produksi minyak yang berlebihan

Cara menghilangkan komedo

Apabila blackheads terlanjur muncul di permukaan kulit yang bisa Pins lakukan sekarang yaitu mencari tahu cara menghilangkan komedo. Banyak cara terbaik yang bisa Pins aplikasikan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

  • Jalan keluar yang pertama cara menghilangkan komedo yaitu dengan memilih produk perawatan kulit yang memiliki klaim bisa membasmi dan mencegah blackheads datang lagi.
  • Usahakan selalu rutin menggunakan masker jenis clay mask karena tergolong ampuh mengangkat sel kulit mati.
  • Pilih sabun muka yang mengandung tea tree karena formula tersebut dipercaya bisa membuat kulit lebih bersih dan terhindar dari tanda penuaan dini.
  • Melakukan scrub juga tidak ada salahnya, scrub wajah bisa membantu eksfoliasi kulit sehingga terhindar dari komedo.
  • Oleskan krim retinoid guna menghindari komedo muncul lagi di area permukaan kulit.
  • Jangan absen mengoleskan pelembab secukupnya, Pins!
  • Perawatan chemical peeling pun sangat dianjurkan untuk menghilangkan komedo membandel.
  • Usahakan rajin menggunakan tabir surya saat di dalam maupun di luar ruangan.

Cara menghilangkan komedo hitam tidak berhenti di situ saja. Pins bahkan bisa mengandalkan cara menghilangkan komedo dengan bahan alami. Bahan-bahan rumahan yang sering ditemukan nyatanya menyimpan sejuta manfaat untuk membantu Pins merawat kulit sehingga terhindar dari blackheads.

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

Berikut GudangMama rangkum cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang bisa Pins jajal di rumah dan tak kalah ampuh dibandingkan dengan produk kecantikan berbahan kimia:

Baking soda

cara menghilangkan komedo hitam

(Freepik)

Cara menghilangkan komedo di hidung yaitu dengan mengandalkan baking soda. Soda kue yang biasanya digunakan untuk kebutuhan dapur nyatanya terbukti ampuh mengatasi blackheads. Bahan yang Pins butuhkan hanya satu sendok baking soda dan dua sendok air.

Campur dua komponen tersebut ke dalam wadah, aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pasta baking soda di area yang banyak komedonya, tunggu hingga 15 sampai 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Putih telur dan madu

cara menghilangkan komedo hitam
(Freepik)

Putih telur memang sudah sering digunakan sebagai bahan alami perawatan kulit. Pasalnya, putih telur bisa membantu mengurangi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi komedo. Terlebih lagi jika putih telur dipadukan dengan madu. Madu sangat membantu kulit wajah bisa terjaga kelembutannya.

Pins bisa menjadikan putih telur dan madu sebagai masker, lho. Cara mudah, cukup campur satu sendok putih telur dan madu di dalam mangkuk kemudian aduk dan oles pada wajah, tunggu hingga 15 sampai 20 menit.

Kunyit dan minyak kelapa

cara menghilangkan komedo hitam
(Freepik)

Untuk Pins ketahui, kunyit mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan terhindar dari paparan radikal bebas. Sedangkan minyak kelapa terbukti ampuh menghidrasi kulit. Pins juga bisa menjadikan perpaduan kunyit dan minyak kelapa sebagai masker.

Baca Juga: Beragam Tanaman Obat Keluarga Dan Manfaatnya

Pertama yang harus dilakukan yaitu mencampur satu sendok minyak kelapa dan satu sendok kunyit, aduk hingga membentuk pasta, oles pada bagian yang banyak komedonya, Pins. Tunggu kurang lebih 15 sampai 20 menit, ya!

Kayu manis dan perasan lemon

(Freepik)

Kayu manis memang dikenal sebagai rempah yang bisa membantu mencegah bakteri dan memperlancar peredaran darah, jika dikombinasikan dengan perasan lemon tentu bisa membuat komedo enyah dari kulit.

Cara membuat masker dari kayu manis dan perasan lemon semudah membalikkan telapak tangan, Pins.

Pins cukup mencampur dua sendok kayu manis dengan dua sendok perasan lemon, aduk sampai rata hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan pada wajah dan tunggu kurang lebih 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat, dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Untuk hasil maksimalnya, Pins wajib melakukan ritual cara menghilangkan komedo di hidung ini secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu, ya! Apabila terjadi indikasi iritasi atau komedo tetap membandel sebaiknya segera konsultasikan pada ahli kulit, Pins.

Tips mencegah komedo

Seperti istilah yang sudah akrab di telinga, lebih baik mencegah daripada mengobati. Supaya Pins tidak dihantui komedo yang membandel ada baiknya segera melakukan langkah-langkah mencegah blackheads yang muncul di area hidung seperti tips di bawah ini:

  • Rajin mencuci wajah saat bangun tidur, sebelum tidur, dan setelah Pins melakukan aktivitas yang membuat berkeringat.
  • Pijat lembut saat mencuci wajah, sebaiknya menggunakan sabun wajah yang non-abrasif, Pins
  • Pastikan menggunakan produk bebas alkohol.
  • Jangan terlalu sering menyentuh area wajah dengan tangan yang bisa jadi perantara bakteri.
  • Ganti sarung bantal secara berkala.
  • Hindari paparan sinar matahari UV A, UV B, serta blue light secara langsung dan dalam rentang waktu terlalu lama.

Cara menghilangkan komedo di atas tentu bisa Pins coba kapan saja ketika sudah mulai terganggu karena benjolan hitam yang membuat Pins kurang percaya diri. Ingat Pins, yang terpenting adalah mencegah supaya komedo tidak datang lagi dengan mengenali pemicu blackheads datang lagi. Selamat mencoba, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Yosa

Editor: Annisa

Bagikan Artikel