Cara Menghilangkan Kaki Pecah Pecah Secara Alami

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 31 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Bagian yang sering terlupakan oleh kita adalah bagian kaki, tiba-tiba tanpa kita sadari terdapat bagian yang pecah-pecah pada kaki. Sama seperti yang lainnya, kulit kaki yang kering dan pecah-pecah tentu akan membuat diri kita tidak nyaman.

Pecah-pecah pada kaki akan menimbulkan rasa perih dan tidak percaya diri saat kita sedang menggunakan alas kaki yang terbuka. Sehingga kamu perlu tau cara menghilangkan kaki pecah pecah secara alami.

Kulit kering dan pecah-pecah terjadi karena kurangnya perawatan pada kaki. Selain itu, kaki pecah-pecah juga disebabkan karena kurangnya asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh.

Paparan sinar matahari juga bisa menjadi faktor penyebab lain kaki berubah menjadi pecah-pecah. Jadi, bagaimana cara menghilangkan kaki pecah pecah secara alami dan aman?. Berikut penjelasannya.

Cuka Putih

Cara menghilangkan kaki pecah pecah secara alami salah satunya dengan cuka putih. Asam asetatnya mampu membantu kaki untuk melakukan pengelupasan sel kulit mati dengan lebih mudah. Kamu akan mendapatkan kembali kaki yang halus dan mulus tanpa pecah-pecah.

Caranya sederhana, rendamlah kaki dengan campuran cuka putih yang telah ditakar sebanyak 1 gelas dan air sebanyak 2 gelas. Lakukan selama 10-15 menit sampai sel-sel kulit mati terasa mudah untuk dikelupas.

Gosok-gosok pada bagian pinggiran kaki yang pecah-pecah dengan menggunakan batu apung. Setelahnya cuci serta keringkan kaki. Jangan lupa untuk memberikan pelembab pada kaki supaya kelembabannya terjadi dan kulit menjadi halus.

Baca juga : 16 Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Secara Cepat dan Alami

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang terkenal sebagai formula yang tepat untuk melembabkan kulit. Sehingga sangat cocok sebagai cara menghilangkan kaki pecah pecah secara alami.

Gunakan minyak zaitun secara teratur saat malam, karena pada saat itu kulit akan melakukan regenerasi. Oleskan minyak zaitun pada bagian kaki yang pecah-pecah. Biasanya terletak pada area tumit. Ia akan membantu melembabkan kulit yang kering dan kasar serta mengembalikan kulit yang pecah-pecah menjadi halus dan lembut.

Garam

Bahan lain yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan kaki pecah pecah secara alami adalah dengan menggunakan garam. Kamu bisa menjaga kelembaban kaki dengan bumbu dapur satu ini. Selain itu, garam juga dapat melancarkan peredaran darah di kaki secara alami.

Caranya mudah, cukup rendam kaki ke dalam baskom berisi campuran garam dan air hangat. Lakukan selama 10 menit. Sambil menunggu, gunakan batu apung untuk menggosok-gosok kaki.

Baca juga : Cara Memutihkan Ketiak dan Mencerahkannya

Pisang

Buah pisang memiliki sifat pelembab yang mampu menjadi cara menghilangkan kaki pecah pecah secara alami.

Caranya cukup ambil buah pisang kemudian tekan-tekan hingga menjadi lembek. Sesudah itu, oleskan pada bagian kaki yang pecah-pecah, tunggu selama beberapa menit agar kulit kaki dapat menyerapnya. Kemudia bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini selama beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan kaki yang mulus tanpa pecah-pecah.

Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga mampu mengatasi masalah pecah-pecah pada kaki. Ia juga dipercaya dapat merawat kulit serta rambut. Cara ini sangat aman dan efektif untuk dapat melembapkan kulit atau rambut yang kering sehingga menjadi lembap dan lembut.

Caranya oleskan merata pada kaki yang kering dan pecah-pecah sebelum tidur. Kamu akan menemukan kaki yang menjadi lebih lembut dan halus. Lakukan perawatan ini secara teratur.

Alpukat

Dari segi tekstur saja alpukat sudah sangat lembut dan lembab. Ternyata daging alpukat juga baik untuk diaplikasikan pada kulit. Alpukat memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu menjaga kesehatan kulit baik wajah atau pun kaki.

Vitamin E yang ada di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meregenerasi sel-sel kulit mati, sehingga segala penyebab kaku kusam, kering dan pecah-pecah akan terangkat dan hilang.

Caranya tumbuk halus daging alpukat, kemudian balurkan pada kaki secara merata. Tunggu selama beberapa menit kemudian bilas kaki dengan air hangat sampai bersih.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal berguna sebagai obat batuk. Akan tetapi bukan hanya itu saja, jeruk nipis ternyata mampu mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah. Ia mampu menghaluskan kulit kaki yang kering dan kasar. Namun bagi kamu yang memiliki kaki sensitif penggunaan jeruk nipis akan memberikan efek perih.

Sediakan 2 potong jeruk nipis yang sudah di belah. Kemudian gosok-gosok bagian dalam jeruk nipis pada kaki yang pecah-pecah. Lakukan selama beberapa menit lalu bilas kaki sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Berkumur

Minum Air

Dari sejumlah cara alami untuk mengatasi kaki yang pecah-pecah di atas, yang terpenting adalah perbanyak minum air putih. Sekilas hal yang kamu sepelekan ini justru berdampak banyak bagi tubuhmu. Banyak orang yang lupa melakukan hal ini setiap harinya. Minum air putih dapat mencegah dehidrasi pada kulit, sehingga tidak menimbulkan pecah-pecah.

Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari untuk menghidrasi tubuh. sebab tanpa kita sadari penyebab kulit kering dan pecah-pecah adalah karena kekurangan asupan air putih. Padahal air putih merupakan salah satu cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kelembaban kulit.

Dengan perbanyak minum air putih dapat mengembalikan cairan yang hilang. Sederet cara mengatasi kaki pecah secara alami bisa kamu terapkan di rumah. cara yang begitu mudah dan tentunya kamu bisa mengambil bahan-bahan di atas sebagai referensi untuk mendapatkan kulit yang sehat dan mulus.

Share juga pemikiran kamu di kolom komentar tentang cara menghilangkan kaki pecah pecah secara alami. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui cara menghilangkan kaki pecah pecah secara alami.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Lifestyle
Lifestyle 7 Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Sesuai Brand

Series laptop keluaran baru sudah banyak yang mengusung fitur yang canggih. Salah satunya adalah ba

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Inspirasi Keramik Abu-Abu Muda Cocok untuk Segala Ruangan

Keramik abu-abu sering dianggap terlalu biasa, suram dan pucat. Padahal warna keramik tersebut bisa

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ini Dia Standar Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai

Tidak hanya ukuran jendela kamar mandi, tapi ternyata banyak aspek yang wajib diperhatikan untuk pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia